Kenali ciri anak yang kecanduan gadget

Tidak sedikit anak-anak satu kompleks perumahan lebih memilih bermain di rumah mereka sendiri ketimbang bermain di luar bersama teman-teman sebayanya. Alhasil, banyak anak melupakan pentingnya bersosialisasi.

1,360 views   |   5 shares
  • Dahulu, bermain bersama teman sebaya, sambil melakukan beberapa permainan fisik serta mengasah kreativitas secara nyata banyak digemari. Banyak permainan unik di zaman dahulu yang sangat terkenal, misalnya, bermain petak umpet, gasing, congklak, taplak gunung, kelereng, layangan, ular naga, dan masih banyak lagi. Semua permainan ini memiliki manfaat bagi tumbuh kembang seorang anak. Namun di zaman sekarang, permainan seperti itu mulai jarang dimainkan bahkan mulai terlupakan. Kemajuan teknologi di era modern ini, membuat anak-anak kecil mulai teralih dari permaian nyata atau fisik ke permainan fiksi atau tidak nyata.

  • Dengan kemajuan teknologi, anak-anak dapat dengan mudah menemukan beraneka ragam pilihan permainan yang seru melalui gadget atau komputer. Tidak sedikit anak-anak satu kompleks perumahan lebih memilih bermain di rumah mereka sendiri ketimbang bermain di luar bersama teman-teman sebayanya. Alhasil, banyak anak melupakan pentingnya bersosialisasi karena kemajuan teknologi ini.

  • Anak-anak yang tidak diajarkan bersosialisasi akan sulit menghadapi dunia nyata. Untuk itu, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari, hanya karena diperdaya oleh teknologi. Memahami dan memanfaatkan teknologi juga perlu, tetapi, didiklah anak Anda untuk dapat bijaksana dalam menggunakannya. Berikut adalah beberapa ciri anak kecanduan gadget:

  • Enggan bermain di luar rumah

  • Pernahkah Anda mendapatkan anak Anda, sering kali hanya berdiam diri di rumah? Setelah pulang dari sekolah, dia akan langsung masuk kamar dan memainkan gadget-nya sehingga dia sangat jarang, bahkan tidak lagi bermain bersama teman-temannya di luar rumah. Pada umumnya, anak-anak usia dini sangat suka bermain dengan teman sebayanya, sangat suka berlibur di akhir pekan bersama keluarganya, dan sebagainya. Tetapi, jika anak Anda bukan tipe seperti ini sudah saatnya Anda merasa khawatir.

  • Hanya berbicara tentang game dan gadget

  • Ciri lain yang dapat menunjukkan, apakah anak Anda telah kecanduan gadget adalah anak hanya berbicara tentang game dan gedget sepanjang hari tanpa bosan. Dia akan berbicara misalnya, "Permainan ini sangatlah bagus", "Wah ada permainan baru, saya harus men-download-nya", dan sebagainya. Ketika anak Anda menunjukkan gejala ini, segeralah bantu mereka untuk mengalihkannya agar mereka tidak hanya mengenal dunia fiksi belaka, namun juga dapat mengenal dunia nyata.

  • Sering membantah dan membela diri

  • Advertisement
  • Anak akan mencoba sebisa mungkin untuk membela diri bahkan melawan Anda agar dia dapat terus melanjutkan kecanduannya akan gadget tersebut. Jika Anda berdiam diri saja sebagai orang tua, dan tidak tegas mengatasi masalah anak Anda tersebut, ini hanya akan memberikan pengaruh buruk bagi dirinya sendiri. Anda tentu tidak mau anak Anda menjadi melawan Anda hanya karena sebuah gadget, bukan? Untuk itu, cobalah tegas, dengan cara memberi aturan dalam penggunaan gadget tersebut.

  • Jangan pernah menyerah untuk mengarahkan dan membimbing anak menjadi lebih baik dengan kasih sayang, agar mereka dapat menyadari ketulusan dan pengorbanan orangtuanya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Kenali ciri anak yang kecanduan gadget

Tidak sedikit anak-anak satu kompleks perumahan lebih memilih bermain di rumah mereka sendiri ketimbang bermain di luar bersama teman-teman sebayanya. Alhasil, banyak anak melupakan pentingnya bersosialisasi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr