Syarat kamar mandi sehat

Salah satu ruangan yang sudah pasti Anda gunakan setiap hari adalah kamar mandi. Ruangan ini begitu penting dimiliki setiap rumah. Kamar mandi yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap penghuni rumah.

6,522 views   |   8 shares
  • Salah satu ruangan yang sudah pasti Anda gunakan setiap harinya adalah kamar mandi. Kamar mandi yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap penghuni rumah. Rumah yang sehat juga dapat tercermin dari kondisi kamar mandinya. Umumnya kamar mandi yang sehat adalah kamar mandi yang tidak berbau dan tidak lembab. Namun, tidak cukup itu, kamar mandi yang sehat juga harus bersih dan nyaman saat digunakan. Ada baiknya sebelum membangun kamar mandi, Anda mendesain kamar mandi Anda menjadi dua zona yaitu zona basah dan zona kering. Kedua zona tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Zona basah meliputi area di mana di dalamnya terdapat showeratau bak mandi dan juga tempat perlengkapan mandi seperti sabun, sampo dan sebagainya. Sedangkan zona kering meliputi wastafel, di mana di situ dapat Anda manfaatkan untuk menyikat gigi, mengeringkan rambut atau bahkan untukmake-updan juga tentunya ada kloset. Pembagian zona tersebut dapat menunjang terciptanya kamar mandi yang sehat. Beberapa langkah berikut ini Anda dapat terapkan guna membantu Anda menciptakkan kamar mandi yang sehat:

  • 1. Ukuran

  • Menciptakan kamar mandi yang sehat tidak perlu harus memiliki ukuran dan luas yang besar. Besar kecilnya kamar mandi dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan luas bangunan yang tersedia. Tidak perlu memaksakan untuk memasukkan elemen seperti wastafel, bathtub, rak handuk atau bak air jika luas lahan kamar mandi Anda tidak memungkinkan.

  • 2. Perangkat

  • Sama halnya dengan ruangan-ruangan yang Anda miliki di dalam rumah, kamar mandi tentunya membutuhkan "perabot" atau "perangkat" yang mendukung dan melengkapi fungsi dari kamar mandi itu sendiri, seperti:

  • - Kloset

  • : Sebaiknya Anda memiilih kloset duduk. Pilih yang dudukan klosetnya berlapis fiberglass, karena bahan tersebut dapat mencegah tumbuhnya kuman atau bakteri. -_Shower: Pemakaian shower lebih dianjurkan ketimbang bak air. Selain menghemat tempat, shower_ lebih hemat dalam penggunaan air. - Wastafel : Wastafel yang sehat harus berwarna terang, usahakan selalu dalam kondisi kering dan bersih. Sediakan cermin, sabun cuci tangan dan handuk bersih di dekat wastafel Anda. - Tempat sampah: Pilih tempat sampah yang tertutup dan mudah dibuka. Bersihkan tempat sampah Anda setiap hari agar kamar mandi Anda tetap bersih dan higienis.

  • 3. Bahan atau material

  • Sebaiknya yang berbahan keramik karena keramik lebih mudah dibersihkan. Untuk lantai kamar mandi sebaiknya terbuat dari keramik yang agak bertekstur supaya tidak licin dan tidak mengkilap. Jangan lupa untuk membangun lantai sedikit miring agar air yang turun lebih mudah mengalir ke lubang pembuangan air. Untuk penggunaan dinding kamar mandi sebaiknya terbuat dari keramik yang mengkilap, karena selain mudah dibersihkan juga cepat kering.

  • Advertisement
  • 4. Sirkulasi

  • Adanya jendela atau exhaust fan dapat membantu terjadi sirkulasi udara di dalam kamar mandi Anda. Apabila sirkulasi udara baik maka kamar mandi Anda tidak mudah berbau karena pertumbuhan bakteri atau kuman.

  • 5. Pencahayaan

  • Diperlukan pencahayaan yang cukup untuk sebuah kamar mandi yang sehat. Pencahayaan bisa berasal dari sinar matahari atau dari lampu. Pencahayaan diperlukan untuk menjaga kesehatan Anda dan untuk membuat kotoran yang ada jadi mudah terlihat. Pemilihan warna cat, keramik dan perangkat mandi yang terang dapat menunjang suasana kamar mandi menjadi lebih bercahaya dan bersih.

  • Sudah sehatkah kamar mandi Anda?

Baca, hidupkan, bagikan!

Syarat kamar mandi sehat

Salah satu ruangan yang sudah pasti Anda gunakan setiap hari adalah kamar mandi. Ruangan ini begitu penting dimiliki setiap rumah. Kamar mandi yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap penghuni rumah.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr