Cara ampuh menghentikan kebiasaan merengek anak

Bagaimana jika, ketika Anda tidak memenuhi keinginannya, si kecil malah menjadi merengek-rengek memaksa Anda untuk mengikuti keinginannya? Banyak anak kecil memiliki kebiasaan suka merengek ketika menginginkan sesuatu.

15,929 views   |   20 shares
  • Setiap orang tua akan berjuang untuk memberikan apapun keinginan buah hatinya yang dapat memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang dan keberhasilannya kelak. Namun, bagaimana jika sang anak memiliki banyak keinginan yang menurut Anda tidak wajib untuk dipenuhi? Jika tidak memenuhi keinginannya, si kecil malah menjadi merengek-rengek memaksa Anda untuk mengikuti keinginannya. Sebagai orang tua, Anda harus bisa menghentikan kebiasaan ini karena kebiasaan ini hanya akan berdampak negatif bagi pertumbuhan buah hati Anda. Jika si kecil sering merengek, lalu membuat Anda lengah dan akhirnya menyerah pada prinsip Anda serta menuruti keinginannya, jika sekali dua kali ini terus terjadi maka akan menjadi kebiasaan yang tidak baik. Hal ini akan membuat si kecil menjadi manja dan terbiasa hidup enak. Sehingga dia akan bertumbuh menjadi anak yang tidak dapat mandiri dan selalu bergantung pada Anda, sebagai orang tuanya. Untuk itu hentikan kebiasaan merengek si kecil sejak dini. Berikut tipsnya:

  • Jelaskan dari awal bahwa kebiasaan itu tidak baik

  • Bagi Anda yang sering marah dan kesal ketika menghadapi si kecil yang suka merengek, sebaiknya Anda tidak perlu begitu. Berikan ajaran atau penjelasan padanya dengan kasih sayang, dan pelan-pelan tanpa perlu marah, bahwa kebiasaan itu bukanlah kebiasaan baik. Jelaskan padanya kebiasaan merengek hanya dilakukan oleh anak kecil, sehingga dia akan merasa bahwa Anda sebagai orangtuanya telah menganggapnya sebagai anak yang besar dan sedikit dewasa. Dengan begitu anak akan merasa malu untuk melakukan kebiasaan ini. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengajarkan si kecil, jika menginginkan sesuatu harus menggunakan magic wordmisalnya menggunakan kata "tolong" atau "bolehkah".

  • Berikan dia tantangan jika ingin sesuatu agar dia tidak merengek namun berusaha

  • Sebaiknya tidak memberikan begitu saja keinginannya. Cobalah dengan cara membiasakan si kecil melakukan tantangan terlebih dahulu untuk mendapatkan keinginannya. Dengan begitu si kecil akan terbiasa belajar berjuang demi mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

  • Lebih tegas mengahadapi si kecil ketika sedang merengek

  • Ketika Anda menasehati si kecil, di saat dia sedang merengek-rengek, biasanya dia tidak akan mau mendengarkan Anda dan terus merengek sebagai bentuk pertahanan dirinya yang bertujuan agar Anda luluh. Jika si kecil melakukan ini, jangan luluh untuk mengalah, tetapi Anda harus menjadi lebih tegas terhadapnya. Jangan lakukan ini dengan cara membentak karena itu hanya akan menyakitinya. Jika dia tidak mendengarkan Anda, cobalah untuk mengulangi kata-kata Anda berkali-kali hingga dia dapat fokus mendengarkan Anda dan menjadi diam.

  • Advertisement
  • Ajarkan si kecil untuk menjadi mandiri

  • Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan agar si kecil dapat belajar mandiri. Misalnya dengan memberinya tanggung jawab untuk membersihkan kamarnya sendiri, atau tanggung jawab untuk merapikan mainannya sendiri. Atau jika dia mempunyai adik, berilah tanggung jawab untuk membantu Anda merawat adiknya. Dengan begitu si kecil akan semakin mandiri dan dengan sendirinya akan mengurangi kebiasaan merengeknya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Cara ampuh menghentikan kebiasaan merengek anak

Bagaimana jika, ketika Anda tidak memenuhi keinginannya, si kecil malah menjadi merengek-rengek memaksa Anda untuk mengikuti keinginannya? Banyak anak kecil memiliki kebiasaan suka merengek ketika menginginkan sesuatu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr