Perlukah rasa cemburu dalam pernikahan?

Bisa jadi salah satu kerikil pernikahan Anda adalah rasa cemburu atas perbuatan pasangan Anda. Bagaimana solusinya bila rasa cemburu terhadap pasangan begitu menghantui jiwa?

6,391 views   |   11 shares
  • Bila seseorang menjadi cemburu, ini sesuatu yang alami dimiliki setiap manusia, tapi bila berlebihan akan menjadi bencana dalam hubungan asmara dan pernikahan. Bila saja salah satu kerikil pernikahan Anda adalah rasa cemburu karena perbuatan pasangan Anda, bagaimana solusinya bila rasa cemburu itu begitu menghantui jiwa?

  • Cemburu dan cinta

  • Cinta tanpa cemburu mirip-mirip sayur yang kurang garam. Kadang tidak enak untuk dibicarakan, mungkin juga tidak enak untuk didengar. Betapa tidak, bagaimana mungkin cinta bisa tumbuh tanpa adanya cemburu? Bukankah cemburu yang menjadi pertanda cinta? Boleh dibilang, cinta dan cemburu itu seiring sejalan. Tanpa cinta tidak mungkin ada cemburu. Tanpa cemburu keberadaan cinta itu perlu diragukan. Tetapi, jangan salah tafsir dulu. Cemburu yang dialami setiap orang itu berbeda-beda. Ada orang yang pandai menutupi rasa cemburunya ada pula yang tidak. Ada orang yang mampu menekan emosi cemburunya, ada pula yang tidak. Begitulah manusia, berbeda-beda sesuai sifat dan karakter yang dimilikinya.

  • Cemburu yang berbeda

  • Sering terjadi karena cinta seseorang meskipun sebenarnya dia tidak memiliki perasaan cemburu, tapi ketika kekasihnya pindah ke lain hati ia akan kecewa dan marah. Bila ini terjadi pada masa pacaran tidak terlalu parah, tetapi bagaimana kalau terjadi setelah menjadi pasangam suami istri? Seorang suami atau istri mana yang tidak naik pitam melihat pasangan selingkuh dengan orang lain. Bila kebetulan Anda melihat seorang suami yang tidak marah melihat istrinya jalan dengan pria lain, jangan lantas menuduhnya tidak cinta karena tidak cemburu. Mungkin saja ia memiliki pertimbangan lain atas apa yang telah dilihatnya itu. Berapapun kecilnya cemburu yang dimiliki seseorang mustahil bila ia tidak akan marah melihat pasangannya berselingkuh dengan pria atau wanita lain.

  • Cemburu buta yang berlebihan

  • Adakalanya pula seorang suami merasa cemburu melihat istrinya selalu ramah dan sopan pada setiap orang, kemudian berpikir bahwa sang istri sedang mencari perhatian untuk dicintai pria lain. Padahal, belum tentu si istri berpikir demikian. Atau seorang istri yang selalu merasa was-was bila suaminya pulang kerja malam hari kalau-kalau si suami tengah mencari kesenangan lain di luar rumah, padahal jelas-jelas ia tahu kalau suaminya sedang mendapat piket kerja lembur.

  • Cemburu yang wajar

  • Cemburu, memang harus dipisahkan antara yang wajar dan yang berlebihan alias cemburu buta. Kalau memang cemburu yang ada adalah wajar dan beralasan, tidak perlu malu untuk mengungkapkannya. Jelaskan secara detail apa yang sekiranya telah membuat perasaan Anda tidak nyaman kepada pasangan. Sebagai pasangan hidup yang baik, tentu ia akan mendengarkan dan memaklumi apa yang Anda rasakan. Akan tetapi bila cemburu yang ada tidak memiliki alasan yang kuat dan hanya sekadar rasa ketakutan yang tidak jelas akan kehilangan pasangan buanglah perasaan itu jauh-jauh.

  • Advertisement
  • Cemburu dengan pasangan, cari solusinya

  • Cinta yang terbina dengan baik bukan hanya akan memberikan kebahagiaan dan kepuasaan bagi orang yang mengalaminya, tetapi juga akan memberikan rasa nyaman dan aman. Kalau memang cemburu buta itu masih bisa diatasi dan dicari jalan keluarnya, jangan buru-buru mengambil keputusan untuk bercerai atau berpisah rumah. Bicarakan baik-baik dengan pasangan agar masalah bisa segera terselesaikan tanpa harus mengganjal perasaan. Bukankah bersikap terbuka dan mau menerima pasangan dalam keadaan susah maupun senang sudah menjadi komitmen Anda berdua?

Bantu kami menyebarkan

My motto in life is to "Never give up, and life must go on".

Perlukah rasa cemburu dalam pernikahan?

Bisa jadi salah satu kerikil pernikahan Anda adalah rasa cemburu atas perbuatan pasangan Anda. Bagaimana solusinya bila rasa cemburu terhadap pasangan begitu menghantui jiwa?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr