5 aturan yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil yang bekerja

Ketika hamil sebaiknya menjaga kesehatan dan tidak bekerja berat. Namun apa yang harus Anda lakukan ketika Anda sedang hamil dan masih memiliki tanggung jawab untuk bekerja?

529 views   |   0 shares
  • Kehamilan tentunya adalah salah satu anugerah terbesar yang selalu dinantikan setiap pasangan suami istri. Proses kehamilan adalah pengalaman yang paling menyenangkan bagi setiap wanita yang merasakannya. Bermacam reaksi ditunjukkan wanita ketika sedang hamil. Ada yang berubah menjadi manja, sensitif, periang, pemurung, menjadi tidak nafsu makan, dan ada juga yang menjadi sangat suka makan. Dalam setiap kehamilan, selalu ada aturan dan larangan tertentu. Salah satunya adalah aturan bagi ibu hamil yang masih harus bekerja.

  • 1. Sediakan perlengkapan kehamilan di laci meja kerja Anda

  • Ketika Anda bekerja dalam keadaan hamil, sebagian besar waktu Anda dihabiskan di kantor. Untuk itu, aturan utama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan perlengkapan kehamilan di laci meja atau loker Anda. Misalnya susu untuk ibu hamil, vitamin yang cukup, camilan (biasanya nafsu makan ibu hamil dua kali lipat atau lebih), permen asam atau obat pereda mual, dan air minum yang cukup.

  • 2. Jangan memforsir pekerjaan Anda

  • Saat hamil, tubuh wanita menjadi lebih mudah lelah karena berat badan semakin bertambah dan juga rentan terkena penyakit. Jangan memforsir diri meskipun mungkin Anda memiliki tanggung jawab yang besar di tempat kerja. Mintalah pengertian pada atasan Anda untuk mengurangi pekerjaan Anda agar pikiran Anda tidak terbebani.

  • 3. Minta dukungan dan perhatian dari rekan-rekan kerja

  • Janganlah malu untuk meminta dukungan dan perhatian dari rekan-rekan kerja. Perhatian dan dukungan dari mereka dapat membantu Anda untuk menikmati proses kehamilan ini.

  • 4. Jangan gunakan kehamilan Anda sebagai alasan untuk tidak bekerja

  • Selama Anda masih mampu untuk bekerja, teruslah bekerja. Jangan menjadikan kehamilan menjadi sebuah alasan untuk bermalas-malasan di rumah dan tidak menjadi produktif.

  • 5. Jika prediksi bulan melahirkan akan tiba, sebaiknya Anda mengambil cuti untuk mulai mempersiapkan diri

  • Dokter kandungan Anda akan memberi tahu prediksi tanggal Anda melahirkan. Ketika menjelang tanggal itu, seminggu atau dua minggu sebelumnya, mulailah untuk mengambil cuti, agar Anda dapat mempersiapkan diri, sehingga Anda akan lebih rileks dan tenang menghadapi proses melahirkan nanti.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 aturan yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil yang bekerja

Ketika hamil sebaiknya menjaga kesehatan dan tidak bekerja berat. Namun apa yang harus Anda lakukan ketika Anda sedang hamil dan masih memiliki tanggung jawab untuk bekerja?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr