Seberapa penting IQ tinggi mempengaruhi kecerdasan dan kesuksesan anak?

Mengamati orang-orang yang ber-IQ tinggi, dapat dikatakan bahwa mereka memiliki orang tua yang tingkat kecerdasannya sama. Jadi apakah kecerdasan hanya diturunkan atau dapat dipupuk?

1,168 views   |   1 shares
  • Mengamati orang-orang yang ber-IQ tinggi, dapat dikatakan bahwa mereka memiliki orang tua yang tingkat kecerdasannya sama. Jadi apakah kecerdasan hanya diturunkan atau dapat dipupuk?

  • Albert Einstein (1879 - 1955)

  • Ayahnya seorang insinyur yang mendirikan pabrik barang-barang elektronik. Ketika Jerman mencopot semua dosen keturunan Yahudi dari perguruan-perguruan tinggi, Einstein meminta bantuan Winston Churchill untuk membawa keluar semua ilmuwan dan memberinya pekerjaan mengajar di Inggris. Dia menyadari bahaya untuk tetap tinggal di Jerman pada masa Hitler berkuasa.

  • Einstein juga mencintai musik. Suatu pagi ketika duduk di meja makan bersama istrinya, dia tidak menyentuh sarapan. Sebaliknya dia duduk di depan piano dan memainkan serta menulis musik selama setengah jam. Sesudah itu dia naik ke kamar studi di tingkat atas dan tidak keluar selama dua minggu. Keluar dari kamar studi, Einstein membawa dua lembar kertas yang berisi teori-teori. Dia memberi kuliah di banyak universitas terkenal di seluruh dunia dan memberikan nasehat penting tentang bahaya perang nuklir.

  • William Sidis (1898 - 1944)

  • Sidis memiliki kemampuan matematika dan bahasa yang luar biasa. Pada usia 18 bulan, dia sudah mampu membaca koran New York Times. Pada usia 4 tahun, dia mengarang dalam bahasa Perancis. Di usia 7 tahun, dia sudah lulus sekolah menengah. Usia 8 tahun, dia merancang rumus baru logaritma berdasarkan angka 12, belajar sendiri delapan bahasa dan menciptakan Vendergood, sebuah bahasa baru.

  • Dia masuk universitas Harvard pada usia 11 tahun, lulus di usia 16 dan menguasai 40 bahasa. Ayahnya seorang imigran Yahudi bergelar PhD. dari Ukraina yang pindah ke New York karena tekanan politik, dan ibunya lulusan sekolah dokter dari Universitas Boston. Melihat asal-usul dan otak cemerlang orang tuanya, tidak heran William Sidis mewarisi kelebihan ini. Konon dia memiliki IQ paling tinggi di dunia, walau banyak orang menyanggah hal ini.

  • Harold Ekeh

  • Seorang pemuda masa kini yang masih duduk di SMA memiliki kesulitan dalam memilih perguruan tinggi. Dia diterima di semua perguruan tinggi yang dilamarnya, termasuk delapan perguruan tinggi paling terkenal di Amerika Serikat. Dia memilih Yale dan bercita-cita menjadi ahli bedah syaraf, berharap dapat menyembuhkan penyakit Alzheimer yang diderita neneknya. Bersama orang tua, dia pindah dari Nigeria ke Amerika Serikat ketika berusia 8 tahun.

  • Dia melihat orang tuanya selalu bekerja keras dan tidak pernah putus asa, sesuatu yang diteladani oleh Harold. Selain kegigihan, Harold juga beruntung pindah ke negara makmur sehingga memperoleh masupan gizi yang menunjang perkembangan otak dan kecerdasannya.

  • Advertisement
  • Dari contoh-contoh di atas kita lihat bahwa selain keturunan, lingkungan dan peran orang tua dapat membantu anak-anak menjadi orang yang cerdas. Orang tua Einstein memberi anaknya kebebasan untuk memilih. Sebaliknya, William Sidis dikemudikan oleh ayahnya untuk mencapai prestasi, tapi tidak ada hal besar yang dicapainya. Satu-satunya hal yang diingat dunia adalah kejeniusannya. Sebaliknya Harold Ekeh, yang kedua orang tuanya tidak menonjol prestasinya, menjadi orang yang berhasil di sekolah karena dipupuk oleh teladan orang tuanya dan lingkungan yang menunjang.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Seberapa penting IQ tinggi mempengaruhi kecerdasan dan kesuksesan anak?

Mengamati orang-orang yang ber-IQ tinggi, dapat dikatakan bahwa mereka memiliki orang tua yang tingkat kecerdasannya sama. Jadi apakah kecerdasan hanya diturunkan atau dapat dipupuk?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr