Inilah kunci kebahagiaan hidup!

Menanam kebaikan akan menuai kebaikan, menanam keburukan akan menuai keburukan. Semua tergantung Anda sendiri.

4,718 views   |   12 shares
  • Penting bagi orang tua untuk memberikan pemahaman sejak dini kepada anak-anak bahwa setiap perbuatan pasti ada konsekuensinya. Bahwa apa yang dia lakukan akan ada akibatnya. Jika perbuatan itu baik tentu akan mendapatkan hadiah. Sebaliknya, jika melakukan kesalahan akan mendapat hukuman.

  • Hidup memang perlu perjuangan dan tantangan, seperti pepatah yang mengatakan "berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian" yang artinya bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Makna dari kalimat tersebut seharusnya ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari di dalam keluarga. Dengan demikian setelah dewasa, anak mempunyai kekuatan mental dalam menghadapi segala cobaan dan rintangan.

  • Hidup memang sulit diprediksi, ada kalanya senang dan bahagia. Tetapi bagaimana jika sedang dirundung kesedihan? Saat itulah seseorang baru menyadari bahwa dalam kehidupan ini tidak ada yang sempurna. Lalu langkah apa yang seharusnya dilakukan agar hidup ini bisa berjalan seirama? Berikut ini adalah tipsnya.

  • 1. Memberikan perhatian terhadap kedua orang tua

  • Setiap orang tua mendambakan perhatian serta kasih sayang dari anak-anaknya begitu pula sebaliknya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberi perhatian. Tidak harus dengan membeli barang-barang yang mewah atau tamasya ke tempat yang jauh dan mahal. Kasih sayang bisa dicerminkan dengan memberikan pelukan atau tutur kata yang sopan dan lemah lembut.

  • 2. Tabah menghadapi sebuah cobaan

  • Hidup adalah tantangan. Itulah sebabnya setiap orang harus tergerak hatinya untuk maju demi terwujudnya impian yang mulia. Seperti pepatah yang mengatakan, "tuntutlah ilmu setinggi langit." Namun ingatlah bahwa kehidupan adalah ilusi. Semakin Anda berlari semakin sulit untuk meraihnya. Memang tidak ada yang salah bercita-cita yang tinggi. Tetapi sebaiknya harus disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang Anda miliki. Jangan sampai Anda memaksakan kehendak dalam mengambil sebuah keputusan secara sepihak.

  • 3. Orang tua adalah guru yang terbaik

  • Hampir semua orang tua mengatakan bahwa membina, mendidik dan merawat anak-anak harus selalu dilandasi dengan ketulusan hati. Lalu apakah Anda sudah bisa menanamkan nilai luhur tersebut dalam pribadi Anda? Nilai-nilai berbakti terhadap orang tua harus ditanamkan sejak seseorang tersebut dilahirkan. Modal dasar yang sangat berharga dalam kehidupan manusia adalah selalu menanamkam nilai luhur dalam berbakti kepada orang tua. Hal tersebut juga dimaknai untuk memupuk rasa cinta dan kasih terhadap orang lain selama hidupnya.

  • Advertisement
  • 4. Mendoakan dan menyantuni kedua orang tua

  • Selain wajib berbakti kepada orang tua, seorang anak juga wajib mendoakan orang tua. Setiap amal perbuatan yang baik tentu akan mendatangkan kebaikan. Dan doa adalah salah satu dasar utama dalam berbakti kepada orang tua. Doa juga sebagai pancaran hati yang menggambarkan cinta dan kasih sayang. Selain itu jika orang tua sudah tidak mampu bekerja dan tidak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya, seorang anak hendaknya menyantuni kebutuhan orang tuanya.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Inilah kunci kebahagiaan hidup!

Menanam kebaikan akan menuai kebaikan, menanam keburukan akan menuai keburukan. Semua tergantung Anda sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr