Si kecil flu? Tak perlu panik! Inilah cara mengatasinya

Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak adalah deman batuk dan pilek,serta sakit kepala yang serangannya bersama-sama atau juga bisa munculnya secara sendiri-sendiri.

3,289 views   |   2 shares
  • Influenza atau flu menyerang sistem pernapasan bagian atas. Penyebarannya tergantung pada tipe virus serta sistem kekebalan manusia itu sendiri. Biasanya virus bisa menyebar melalui udara, kemudian masuk terhirup ke dalam tubuh manusia dan dalam waktu singkat akan muncul gangguan kesehatan. Iklim tropis, kelembaban udara dan cuaca yang cenderung hujan di Indonesia dapat membuat antibodi tubuh kurang bekerja optimal. Selain itu, aktivitas berlebihan, dan makan yang tidak teratur dengan kualitas menu dan gizi yang kurang sempurna juga menjadi salah satu pemicu lebih mudah virus flu menyerang tubuh.

  • Flu bisa menyerang siapa pun, baik baik dewasa maupun anak-anak. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan mana kala virus ini menyerang si kecil.

  • 1. Hati-hati dalam menentukan jenis obat

  • Berbagai macam obat flu kini tersebar luas di masyarakat, serta mudah dijangkau. Obat-obatan seperti ini bisa Anda dapatkan di apotik, toko obat, atau di kios. Namun Anda harus cermat dan hati-hati dalam menentukan obat. Bila salah minum obat bukan sakitnya yang reda tetapi nyawa bisa melayang.

  • 2. Istirahat yang cukup

  • Anak-anak sangat mudah dan rentan terkena penyakit flu, sebab aktivitas anak biasanya sulit dikontrol apalagi kalau sudah bermain bersama teman-temannya. Dan jika sudah terkena penyakit flu, dia akan tetap bermain meskipun merasa kurang enak badan. Padahal serangan flu mudah dihindari bila penderita cukup istirahat dan makan yang teratur. Untuk itu bila anak terserang flu biarkan istirahat di rumah. Hal ini juga untuk menghindari teman-temannya dari tertular flu.

  • 3. Memantau suhu tubuh secara berkala

  • Istirahat yang cukup dan pola makan yang baik dapat mengurang rasa sakit, namun sebaiknya Anda selalu mengontrol suhu tubuh secara berkala. Gunakan termometer, dan berikan obat penurun panas sesuai dengan petunjuk dokter. Bila suhu tubuhnya tinggi, secepatnya Anda kompres dengan menggunakan alkohol atau air es. Siapkan handuk kecil yang sudah dibasahi air es atau alkohol lalu letakkan pada bagian kepala serta ketiak anak. Namun bila menggunakan alkohol, hendaknya Anda hati-hati sebab ada individu yang peka dengan cairan tersebut. Cobalah diencerkan terlebih dahulu dengan air. Jika panas demamnya tidak segera turun segera Anda pergi ke dokter.

  • Flu (influenza) hampir selalu disertai dengan pilek, demam dan juga sesak napas. Agar sumbatan hidung menjadi longgar, coba baringkan anak Anda dengan posisi kepala agak tinggi dari tubuh lalu gosokkan balsem atau minyak kayu putih pada dada, leher dan punggungnya. Selain melegakan pernapasan, cara ini juga dapat menghangatkan tubuhnya.

  • Advertisement
  • Istrahat yang cukup sangat mutlak bagi yang terkena serangan flu. Dengan istirahat yang cukup, maka sebagian besar zat gizi yang masuk dalam tubuh dipergunakan sebagai proses pemulihan. Hati-hati dengan penyakit influenza sebab bisa juga menyebabkan komplikasi lain yang cukup berbahaya jika tidak segera di tangani. Pada keadaan tertentu serangan flu bisa menjalar ke otak dan menyebabkan meningitis

  • (radang pada membran otak). Masalah ini dapat terjadi saat kondisi tubuh sangat lemah, gizi penderita kurang baik, dan tidak ditangani dengan cepat atau dibiarkan berlarut-larut.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Si kecil flu? Tak perlu panik! Inilah cara mengatasinya

Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak adalah deman batuk dan pilek,serta sakit kepala yang serangannya bersama-sama atau juga bisa munculnya secara sendiri-sendiri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr