Berkah melimpah karena senantiasa menghormati orangtua

Orang tua harus mendapat perlindungan, perhatian dan doa dari anak-anaknya. Jangan sampai kita merasa menyesal setelah mereka telah tiada, karena merasa belum pernah membuat orang tua tersenyum.

18,917 views   |   179 shares
  • Seorang anak wajib menghormati dan berbakti terhadap kedua orang tua, dan tidak menyakiti perasaan apalagi sampai menjadi durhaka kepada orang tua. Anak juga tentu tidak boleh berpangku tangan alias bermalas-malasan. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti membantu pekerjaan rumah sesuai usia dan kemampuannya, seperti menyapu, mengepel lantai ataupun mencuci piring.

  • Berbuat baik tentu bermacam-macam bentuknya, tidak hanya membantu pekerjaan sehari-hari di rumah. Tutur kata yang santun, mengunjungi orang tua yang sudah tidak serumah dengan kita, serta memenuhi kebutuhannya juga dapat membahagiakan orang tua. Hal lain apa saja yang harus dilakukan terhadap keluarga dan orang tua agar Anda mendapat kekuatan lahir dan batin dalam menjalani hidup? Cobalah ikuti tips-tips berikut ini.

  • 1. Senantiasa mencintai keluarga

  • Keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak mendapatkan pelajaran dan bimbingan. Keluarga juga sebagai tempat berlabuh, tempat berlindung dan tempat mendapat kasih sayang juga perhatian. Keluarga adalah tempat kita belajar nilai luhur, dan menjadi kekuatan batin yang sangat besar.

  • 2. Berbagi kebahagiaan dengan keluarga

  • Kebahagiaan Anda adalah kebahagian keluarga juga. Jika saat ini Anda sedang bahagia, jangan bersikap acuh dengan anggota keluarga yang lain karena mungkin anggota keluarga yang lain belum bernasib baik seperti Anda. Ingatlah, materi atau harta yang melimpah bukanlah segalanya. Manusia tidak hanya membutuhkan materi, tetapi manusia memiliki jiwa, hati dan akal pikiran. Manusia juga membutuhkan perhatian yang tulus, sentuhan kasih sayang dan motivasi yang utamanya dapat diperoleh dari keluarga atau orang tua.

  • 3. Menciptakan kedamaian walau berbeda pendapat

  • Perbedaan itu wajar. Yang penting adalah menyikapi suatu permasalahan dengan kepala dingin. Kondisi seperti ini hanya akan mengakibatkan keadaan keluarga tidak tentram. Perbedaan bukan suatu alasan untuk memicu keretakan dan pertengkaran, tetapi sejatinya sebagai pelengkap dan ujian bagi satu dengan yang lainya.

  • 4. Melindungi dan berbuat baik terhadap orang tua dan keluarga

  • Keluarga harus saling melindungi. Begitu juga orang tua harus mendapat perlindungan dari anak-anaknya, juga mendapat perhatian serta doa yang baik. Jangan sampai kita merasa menyesal setelah mereka telah tiada, karena merasa belum pernah membuat orang tua tersenyum.

  • 5. Bangga terhadap orang tua dan keluarga

  • Sifat lain yang harus dipupuk dalam hati seseorang adalah merasa bangga terhadap keberhasilan orang tua dan keluarga sendiri, daripada keberhasilan orang lain. Karena pada hakekatnya kepercayaan seseorang itu akan hidup dan tumbuh subur dari lingkungan keluarga sendiri. Jadi jangan sampai Anda mengagumi keberhasilan orang lain, tetapi memandang sebelah mata keberhasilan orang tua dan keluarga.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Berkah melimpah karena senantiasa menghormati orangtua

Orang tua harus mendapat perlindungan, perhatian dan doa dari anak-anaknya. Jangan sampai kita merasa menyesal setelah mereka telah tiada, karena merasa belum pernah membuat orang tua tersenyum.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr