Si kecil terus- menerus merengek meminta mainan? Coba lakukan cara ini.

Si kecil terus- menerus merengek meminta mainan? Ada baiknya anak-anak dilibatkan saat mengatur anggaran belanja supaya mereka mengerti bahwa segala sesuatu ada batasnya.

2,270 views   |   1 shares
  • Sejak kecil, anak-anak perlu diajarkan mengenai anggaran belanja agar mengerti bahwa segala sesuatu ada batasnya. Dengan demikian mereka tidak akan merongrong dan merengek meminta sesuatu setiap kali mereka melihat sesuatu yang mereka inginkan. Nah, bagaimana kita dapat mengajarkan prinsip yang penting ini dan apa saja yang harus diajarkan?

  • Rapat keluarga

  • Secara berkala, adakan rapat keluarga untuk membahas hal penting yang terjadi dalam keluarga, salah satunya ialah menyusun anggaran belanja. Anda dapat menggunakan papan putih dengan spidol berwarna-warni supaya jelas. Setiap anak secara bergilir boleh memberikan pendapatnya dan mengajukan pertanyaan. Keputusan terakhir tentunya berada di tangan orang tua.

  • Prioritas

  • Ajarkan kepada anak-anak pentingnya prioritas. Walaupun makanan dapat menduduki tempat paling atas, tetapi masih ada hal yang sama pentingnya, seperti listrik, rumah, air dan sebagainya. Sesudah itu baru memikirkan yang lainnya, seperti tunjangan buat kakek-nenek.

  • Biaya yang relatif

  • Hal-hal seperti makanan, pakaian, keperluan sekolah dapat dibilang relatif. Tergantung berapa banyak kita mampu menyisihkan anggaran untuk semua itu dan berapa tabungan yang sudah kita sediakan untuk keperluan sekolah anak-anak. Tentu saja untuk makanan, walaupun kita dapat mengatur anggaran yang fleksibel, harus ada jumlah minimum yang sudah ditentukan. Kita tidak mungkin meringkas anggaran makanan sekecil mungkin sehingga tiap hari yang dapat dihidangkan hanyalah nasi goreng. Sedapat mungkin peganglah menu 4 sehat 5 sempurna yang penting bagi pertumbuhan anak-anak. Ajarkan kepada anak-anak bahwa gizi membantu perkembangan fisik, mental dan intelektual. Mereka tidak boleh mengorbankan anggaran makanan untuk membeli video game,misalnya.

  • Biaya pakaian dan hiburan

  • Untuk pakaian dan hiburan mungkin bisa dianggarkan dua bulan sekali. Hiburan untuk keluarga juga harus lebih dipentingkan daripada hiburan untuk pribadi. Perlu dianggarkan biaya untuk setahun sekali berlibur bersama.

  • Biaya tidak terduga

  • Banyak hal-hal tidak terduga yang memerlukan pengeluaran kecil maupun besar. Misalnya anggota keluarga sakit, atau mobil tiba-tiba mogok sehingga perlu dibawa ke bengkel. Semua itu memerlukan biaya, karena itu perlu dianggarkan. Anggaran ini bila tidak dipakai dapat dimasukkan ke dalam tabungan sementara. Ajarkan kepada anak-anak bahwa dalam hidup ini banyak kejadian tidak terduga. Yang penting kita harus selalu siap menghadapinya, sedia payung sebelum hujan.

  • Advertisement
  • Tabungan

  • Tidak ada yang lebih penting daripada mengajarkan anak-anak menabung. Harus ada sekian persen dari pendapatan yang masuk ke dalam tabungan. Tabungan dapat dibagi menjadi dua. Tabungan sementara yang dapat dikeluarkan untuk keperluan-keperluan mendadak. Tabungan jangka panjang untuk anak-anak masuk ke perguruan tinggi dan sebagainya. Supaya tidak terganggu tabungan, ini harus dimasukkan ke bank sehingga tidak mudah dipakai.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Si kecil terus- menerus merengek meminta mainan? Coba lakukan cara ini.

Si kecil terus- menerus merengek meminta mainan? Ada baiknya anak-anak dilibatkan saat mengatur anggaran belanja supaya mereka mengerti bahwa segala sesuatu ada batasnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr