Ternyata wanita lebih rentan

Bahaya yang tersembunyi di balik roller coaster mood perlu Anda ketahui agar bisa memahami dan tahu bagaimana menyikapinya bila terjadi pada anggota keluarga Anda.

1,479 views   |   3 shares
  • Pernahkah Anda mendengar kata bipolar disorder? Ini adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan mood seseorang. Dalam hal ini wanita adalah yang paling banyak mengalaminya. Situasi yang berubah-ubah terjadi pada wanita, hari ini senang besok sedih, besoknya lagi senang, dan besoknya sedih lagi. Ini bukan gejala Pre-Menstrual Syndrome(PMS) yang tiap bulan dialami para wanita. Para ahli medis setuju wanita dua kali lebih beresiko terkena bipolar. Bahaya yang tersembunyi di balik roller coaster mood perlu Anda ketahui agar bisa memahami dan tahu bagaimana menyikapinya bila terjadi pada anggota keluarga Anda. 90% penderita bipolar sudah menunjukkan gejalanya sejak usia 20 tahun. (National Institute of Mental Health 2014)

  • 1. Wanita lebih rentah

  • Kebanyakan orang pada umumnya pernah mengalami perubahan suasana hati tapi pada penderita bipolar memiliki ayunan perasaan yang ekstrim dengan perilaku yang mudah berubah secara drastis. Hormon wanita memiliki sistem kerja yang rumit seperti melatonin hormon yang mengatur perilaku tidur, pikiran; Serotonin memberikan rasa nyaman dan senang; Estrogen mengatur dalam perkembangan organ serta sistem reproduksi. Hormon estrogen ini yang membuat naik turunnya mood saat mau datang bulan (PMS) yang membuat wanita ini lebih mudah depresi namun setelah selesai masa PMS kondisinya akan normal. Kalau penderita bipolar akan tiba-tiba bersemangat tidak lama kemudian suasana hatinya bisa menjadi sedih dan putus asa.

  • 2. Bantuan dari keluarga

  • Kenali gejala-gejala perilaku bipolar dalam keluarga Anda dan tangani secara benar. Orang terdekatlah yang paling tahu riwayat kesehatan keluarga, apakah ada dari anggota keluarga Anda sebelumnya memiliki gejala yang sama. Selain itu keluarga Anda tahu bagaimana keseharian orang tersebut sehingga mengenali perubahan yang mencurigakan. Tentunya perubahan sikap ini hanya keluarga Anda yang bisa kenal. Karena itu bantuan informasi dari keluarga penderita dibutuhkan.

  • 3. Tidak memandang usia

  • Kemudahan dalam hidup membuat kondisi jiwa seseorang lebih rentan. Semakin muda seseorang menderita bipolar semakin panjang juga perjalanan penyakitnya. Di usia muda dengan kondisi jiwa yang belum matang dan kuat membuatnya lebih sulit melawan dan bertahan dengan kondisi bipolar dibandingkan orang-orang dengan usia lebih matang.

  • Advertisement
  • 4. Pemicu bipolar

  • Penderita penyakit ini cenderung mengalami faktor pemicu munculnya penyakit yang melibatkan hubungan antar perseorangan atau peristiwa-peristiwa pencapaian tujuan dalam hidup. Contohnya seperti jatuh cinta, putus cinta, kematian sahabat, kegagalan untuk lulus sekolah dan dipecat dari pekerjaan. Para ahli menyebutkan bahwa tidak semua pemicu bipolar diketahui, setidaknya hal-hal di atas merupakan pemicu yang sering terjadi.

  • 5. Sepanjang hidupnya

  • Sama seperti penyakit diabetes, bipolar tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol. Anda perlu menangani si penderita sepanjang hidupnya. Berikanlah rasa nyaman dan kehangatan dan tidak perlu dijauhi. Menurut para ahli kesehatan jiwa dengan psikoterapi penderita bipolar pelan-pelan akan diubah persepsinya dalam memandang hidup.

  • Masalah kehidupan yang beragam harus disikapi dengan cara yang bijak dan seksama agar dapat terhindar dari stres yang dapat menjadi beban hidup Anda. Namun, adakalanya seseorang tidak lagi dapat mengendalikan emosi dan perilakunya, di saat inilah perlu segera berkonsultasi dengan ahlinya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

My motto in life is to "Never give up, and life must go on".

Ternyata wanita lebih rentan

Bahaya yang tersembunyi di balik roller coaster mood perlu Anda ketahui agar bisa memahami dan tahu bagaimana menyikapinya bila terjadi pada anggota keluarga Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr