4 makanan pemicu penyakit ini ternyata kita santap tiap hari!

Beberapa menu makanan favorit ternyata merupakan pilihan makanan yang tidak sehat atau bahkan bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya. Karena itu, jangan tertipu oleh rasanya yang begitu lezat.

78,896 views   |   79 shares
  • Anda mungkin masih belum tahu bahwa beberapa menu makanan favorit kita ternyata merupakan makanan yang tidak sehat atau bahkan bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya. Jangan tertipu oleh rasanya yang begitu lezat sehingga Anda sulit untuk menolaknya. Berikut ini, merupakan beberapa makanan yang perlu Anda hindari bagi kesehatan Anda:

  • 1. Nasi

  • Bagi masyarakat kita, Nasi merupakan makanan pokok. Bahkan ada anggapan kalau belum makan nasi, berarti belum makan besar. Pola makan nasi dari kecil memang sangat sulit dihilangkan. Tapi tahukah Anda, bahwa nasi mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memicu obesitas dan dibetes? Nah, Anda bisa mulai mengganti nasi dengan kentang atau ubi-ubian sebagai karbohidrat. Cukup satu sumber karbohidrat dalam satu kali makan, itu sudah memberikan energi bagi tubuh Anda.

  • 2. Kerupuk

  • Makanan ringan ini biasanya menjadi pendamping makanan pokok. Teksturnya yang renyah dan garing membuat Anda semakin lahap menyantapnya. Tapi di balik kelezatannya, ada beberapa kerupuk yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Bahaya itu disebabkan karena beberapa jenis kerupuk memiliki kandungan lemak, kalori, dan natrium yang berlebih. Kandungan-kandungan ini biasanya dapat menybabkan kegemukan dan memicu tekanan darah tinggi.

  • 3. Cokelat

  • Makanan manis yang satu ini memang menjadi kesukaan bagi banyak orang, tak mengenal usia. Tetapi Anda harus hati-hati dalam mengkomsumsinya. Sebenarnya setiap potongan coklat dapat mengurangi tekanan darah dan melindungi diri dari serangan jantung. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, cokelat dapat memicu kenaikan berat badan dikarenakan kandungan kadar gula dan lemak yang tinggi.

  • 4. Saos tomat, saos sambal dan kecap

  • . Berbagai jenis saos tomat, saos sambal dan kecap yang dijual di pasar diduga mengandung natrium dan bahan pengawet yang tinggi. Karena itu, ketiga kombinasi tersebut juga berbahaya bagi kesehatan Anda, karena bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, alergi, asma, ginjal dan gangguan sistem saraf. Mengerikan bukan? Untuk itu, alangkah baiknya Anda membuat saos tomat dan saos sambal sendiri di rumah tanpa menggunakan bahan pengawet atau pilihlah saos dan kecap yang kandungan natriumnya rendah.

  • Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk mengonsumsi makanan secara berlebihan, tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Bukan berarti Anda lantas tidak boleh sama sekali menyantap makanan-makanan tersebut, Anda hanya perlu mengonsumsinya secara wajar. Siapkah Anda untuk hidup sehat?

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

4 makanan pemicu penyakit ini ternyata kita santap tiap hari!

Beberapa menu makanan favorit ternyata merupakan pilihan makanan yang tidak sehat atau bahkan bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya. Karena itu, jangan tertipu oleh rasanya yang begitu lezat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr