Kesehatan dalam Melepaskan Ketegangan Hidup

Hari presentasi Bob untuk dewan direksi perusahaannya semakin dekat. Dia menyukai bagian untuk menjadi kreatif dalam pekerjaannya. Hal itu selalu mudah untuknya dan menjadi tempat atau bagian di mana dia dapat bersinar.

1,802 views   |   shares
  • Hari presentasi Bob untuk dewan direksi perusahaannya semakin dekat. Dia menyukai bagian untuk menjadi kreatif dalam pekerjaannya. Hal itu selalu mudah untuknya dan menjadi tempat atau bagian di mana dia dapat bersinar. Sehingga Bob sudah lebih siap untuk melakukan presentasinya – dia bersemangat akan hal tersebut. Ketika istrinya bertanya mengenai presentasinya, Bob menjawab dengan sedikit senyuman “saya sangat sibuk, hal ini sangat membuat saya stres!” Dia memiliki daftar panjang tugas dan banyak item pada daftar di mana dia sangat ahli akan hal tersebut dan dia memiliki perencanaan yang efisien bagaimana untuk dapat menyelesaikan semua tugas tersebut dengan baik.

  • Bob menjelaskan mengenai “eustress” atau “ stress yang positif. Eustress adalah menarik dan menantang. Ini adalah menyenangkan dan membuat kita merasa penting dan lebih hidup atau bersemangat, seperti sedang menaiki wahana rollercoaster (halilintar). Anda mungkin akan berteriak-teriak “tidak! Hentikan ini! Ketika Anda sebenarnya sedang bersenang-senang. Kita semua memiliki eustress pada titik-titik tertentu dalam kehidupan kita meskipun hal tersebut dapat menjadi melelahkan, biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan.

  • Stress akut

  • atau apa pun yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari ketika kita terjebak dalam kemacetan atau terburu-buru dalam memenuhi tugas sulit yang sudah jatuh tempo untuk dilaporkan, yang akhirnya dapat menimbulkan stress baik negatif atau positif. Hal ini tidak berlangsung lama dan biasanya kita melihat diri kita akan kewalahan pada akhirnya. Hanya dengan mengetahui bagian akhir yang terlihat oleh kita dapat mencegah kita dari menjadi benar-benar tidak dapat berkonsentrasi ketika stress akut sudah tidak terkendali dan tidak dapat dicegah.

  • Jenis stres yang mengakibatkan sebagian besar kerusakan tubuh adalah “stres kronis”. Merasa terjebak dalam pekerjaan yang tidak Anda sukai tanpa ada jalan ke luar, terjebak dalam hubungan pernikahan yang buruk atau dalam situasi yang berlangsung terus menerus membuat Anda berada di tepi jalan yang dapat membawa Anda dalam suatu bentuk stres yang mengakibatkan penuaan dan kelelahan pikiran. Perhatikan gejala pada tubuh Anda yang mengingatkan Anda untuk membuat suatu perubahan, seperti ketika pikiran Anda sedang berpacu, “ubahlah bingkai kehidupan “Anda secara terus menerus di dalam pikiran Anda atau ketika Anda merasa detak jantung Anda berdetak cepat.

  • Tanda-tanda gejala-gejala lain dari stres kronis ini adalah perasaan gugup, tegang dan kurang menyenangkan, kenaikan berat badan, gangguan pada perut, tangan gemetaran, libido atau nafsu yang rendah, merasa lelah karena tidak mampu untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

  • Advertisement
  • Anda bertanggung jawab

  • Terlepas dari apa jenis stres yang Anda alami pada setiap hari tertentu – ingatlah, Anda bertanggung jawab atas kesehatan Anda jika Anda memiliki kemampuan. Anda akan mampu untuk menghilangkan atau mencegah kerusakan yang mungkin terjadi di dalam tubuh.

  • Kita tidak dapat mencegah semua situasi yang akan membuat kita stres di dalam pekerjaan kita. Namun, tujuan kita adalah untuk mengalihkan stress dari pikiran kita seperti “air yang tenang.” Ketika kita menyadari perubahan fisik kita yang terjadi karena gugup, tegang, atau gelisah, kita memiliki kesempatan untuk membuat penyusaian yang tetap menjaga sistem keseimbangan kita. Jadi, adalah penting untuk mengetahui bagaimana tubuh Anda akan bereaksi terhadap situasi yang menegangkan.

  • Bagaimana stres dapat diatasi secara fisik

  • Stres diterjemahkan pertama sebagai ketegangan – kekakuan pada leher dan bahu, kekencangan atau sesak di perut dan pencernaan yang tidak teratur, atau mungkin sakit pada bagian punggung bawah – dan itu dapat terjadi di mana saja dari kepala sampai ujung kaki. Jika Anda peka dengan tubuh Anda dan mendengarkannya, Anda mungkin akan lebih dapat mencari tahu di mana letak ketegangan Anda tersebut.

  • Berikut ini adalah 5 olah raga cepat dan sederhana yang dapat Anda lakukan di mana pun dan secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda dalam berbagai cara:

    • Pertama, lemahkan kekuatan Anda atau menjauh dari “kebisingan” untuk beberapa saat. Berpalinglah dari meja Anda dan menutup pintu kantor Anda.

    • Kosongkan pikiran, rasakan keheningan dan tariklah napas panjang yang dalam, “rasakan” atau masuk ke dalam tubuh Anda, mulailah perjalanan di sekitar tubuh mulai dari bagian bawah kaki Anda bergerak dengan cara Anda sampai ke atas kepala Anda, rasakan dan lihat bagaimana perasaan Anda sepanjang proses tersebut.

    • Lihat jika Anda dapat menemukan titik ketegangan, ketidaknyamanan, atau beberapa gejala yang kelihatannya mencurigakan, ada atau rasa kebingungan. Ketika Anda telah menemukan titik yang bermasalah, tinggallah atau berdiamlah pada titik tersebut, cobalah untuk melunakkan atau menghaluskan daerah tersebut, lepaskan – apa pun ketegangan Anda.

    • Bernapaslah pada titik tersebut dan hembuskan napas Anda, lepaskan ketegangan tersebut seperti Anda “mengirimnya ke luar dari tubuh atau pikiran Anda bersama dengan hembusan napas Anda.” diamlah pada titik tersebut sampai Anda merasa santai lalu periksa kembali sekitar tubuh Anda untuk memastikan wajah Anda dan bagian leher Anda sudah lemas dan tidak tegang, pundak Anda sudah rendah, perut Anda merasa baik, punggung belakang, lutut dan kaki Anda semua telah sembuh dan baik.

    • Lalu, bawalah kesadaran Anda untuk apa yang dapat memberi Anda sukacita –hadiah terbesar Anda, atau berkat paling berharga bagi Anda, dan sewaktu Anda merasa bersyukur untuk hadiah ini, tariklah napas panjang yang melegakan Anda, dan hembuskan perlahan.

  • Advertisement
  • Latihan ini mungkin akan memakan waktu 4 atau 5 menit, dan setelah 3 atau 4 kali, Anda akan melihat hal ini menjadi lebih mudah dan lebih efektif dengan cepat. Segera Anda akan menemukan bahwa hanya diperlukan beberapa menit untuk mengumpulkan kembali semangat Anda. Dengan latihan ini, tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih tenang dan berpikir jernih dengan segera, namun juga dapat mengelola rencana kapasitas Anda di mana tubuh Anda akan merasa lebih muda dan membuat investasi cerdas untuk jangka panjang kesehatan Anda. Kehidupan dalam pekerjaan Anda akan lebih produktif dan memuaskan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "All health's breaking loose" karya Loa Blasucci.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Author of the award winning book All Health's Breaking Loose, reach Loa for questions or comments at gotoloa.com

Kesehatan dalam Melepaskan Ketegangan Hidup

Hari presentasi Bob untuk dewan direksi perusahaannya semakin dekat. Dia menyukai bagian untuk menjadi kreatif dalam pekerjaannya. Hal itu selalu mudah untuknya dan menjadi tempat atau bagian di mana dia dapat bersinar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr