Bagaimana caranya melarikan diri darinya?

Kehidupan sosialita saat ini penuh dengan intrik-intrik yang menjerumuskan karena gaya hidup seseorang yang melebihi kemampuannya. Lakukan pola hidup sederhana yang sesuai dengan kemampuan Anda.

4,161 views   |   4 shares
  • Kehidupan sosialita saat ini penuh dengan intrik yang menjerumuskan karena gaya hidup yang melebihi kemampuan. Mereka senang untuk makan minum atau berbelanja kebutuhan hidup di mal atau berbagai pusat perbelanjaan yang terkenal. Hal ini seringkali membuat mereka terjebak dalam hutang. Istilah membiayai hidup dengan hutang dan dibayar kembali dengan hutang menjadi tren hidup 'gali lobang tutup lobang'. Cara ini tidak dapat dihindari karena mendapatkan kenikmatan sesaat. Berikut ini ide-ide sederhana untuk hidup bebas dari berhutang.

  • 1. Daftar belanja

  • Jika Anda taat dengan daftar belanja yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya sesuai dengan kebutuhan keluarga akan sangat membantu menghindari masalah berhutang karena pengeluaran belanja keluarga terkendali.

  • 2. Anggarkan pengeluaran belanja

  • Sebelum Anda pergi berbelanja terlebih dahulu anggarkan berapa jumlah dana yang akan Anda pakai. Saat Anda sedang berbelanja pilihlah prioritas utama yang ada di daftar belanja, kemudian dapat Anda tambahkan barang yang lain. Ketika Anda membayar di kasir, berikan barang-barang Anda mulai dari daftar prioritas dan perhatikan penjumlahan belanja Anda. Hentikan kasir menghitung belanjaan Anda sewaktu uang Anda sudah habis. Anda tidak perlu merasa malu melakukan hal tersebut.

  • 3. Menghindari belanja 'lapar mata'

  • Keinginan yang besar untuk memiliki suatu barang seringkali membuat orang tidak dapat berpikir jernih. Yang ada di kepala hanya bagaimana saya dapat memiliki barang tersebut meskipun duit Anda tidak cukup untuk membelinya. Akhirnya terjadilah pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang kelihatannya hal tersebut hanya sepele. Ini berlawanan dengan asas membebaskan diri dari hutang. Hindarilah kegemaran untuk berbelanja hanya karena nafsu, hal ini akan membuat Anda bangkrut suatu hari nanti.

  • 4. Kerja sama dengan pasangan untuk saling mengingatkan

  • Kebanyakan wanita memang senang untuk berbelanja dan acapkali tidak pernah memikirkan masak-masak barang yang dibeli hingga menyebabkan pengeluaran membengkak dan tidak terkendali. Bila memiliki kebiasaan seperti itu ada baiknya berbelanja bersama pasangan agar ada 'rem' saat belanja. Biasakanlah saling mengingatkan jika sedang berbelanja.

  • 5. Hindari hutang dengan sering berbelanja di pasar tradisional

  • Salah satu solusi yang baik untuk melarikan diri dari berhutang adalah berbelanja di pasar tradisional karena pembayaran belanja Anda harus secara tunai. Ini tentu berbeda sekali dengan di mal atau pusat perbelanjaan di mana Anda dapat membayar dengan "uang plastik".

  • Advertisement
  • 6. "Lenyapkan" kartu kredit Anda

  • Salah satu cara yang terbaik untuk menghindari hutang adalah menggunting kartu kredit Anda agar tidak tergoda untuk berhutang. Bila Anda tidak bijaksana dalam penggunaanya, maka kesalahan yang sama akan terulang lagi. Sebaiknya jauhkan keinginan untuk memiliki kartu kredit bila Anda tidak mempunyai cukup uang untuk membayar tagihannya di bulan berikutnya atau cicilan bulanannya.

  • Dalam era gaya hidup konsumtif, para pengusaha melakukan teknik-teknik pemasaran yang menggoda sehingga sesuatu yang sebenarnya bukan kebutuhan menjadi kelihatan penting. Berpikirlah dua kali sebelum Anda mengikatkan diri pada hutang karena gaya hidup yang 'ngetren' dan juga 'gengsi' sering memicu Anda terjerat hutang yang tidak perlu .

Bagikan kepada teman-teman Anda!

My motto in life is to "Never give up, and life must go on".

Bagaimana caranya melarikan diri darinya?

Kehidupan sosialita saat ini penuh dengan intrik-intrik yang menjerumuskan karena gaya hidup seseorang yang melebihi kemampuannya. Lakukan pola hidup sederhana yang sesuai dengan kemampuan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr