Meditasi bisa menjadi opsi tepat di kala Anda stres. Caranya mudah pula!

Bermeditasi mungkin kelihatannya sulit. Namun, yang Anda butuhkan hanyalah 60 detik saja.
  • Kehidupan ada kalanya diwarnai dengan berbagai masalah. Tidak sedikit yang menjadi 'pusing tujuh keliling' karenanya. Haruskah hidup ini dijalani dengan ketegangan? Biasanya banyak orang membayangkan meditasi sebagai tindakan membakar dupa dan mengucapkan mantera yang aneh. Meditasi juga seringkali dibayangkan bagaimana tersiksanya seseorang duduk bersila selama berjam-jam dalam kesunyian. Sama sekali bukan seperti itu. Yang Anda butuhkan adalah beberapa saat dengan posisi yang nyaman. Bila dilakukan secara rutin meditasi dapat dirasakan manfaatnya seperti memberikan ketenangan, damai dan kesegaran.

  • Meditasi singkat dan sederhana

  • Pertama-tama carilah tempat nyaman, baik sedang duduk, berdiri atau berbaring telentang. Kemudian pejamkanlah mata Anda dan berfokus pada tarikan nafas lalu keluarkanlah secara perlahan-lahan. Biasanya pada permulaan agak sulit tapi bila Anda terbiasa melakukannya akan lebih mudah. Seorang doktor siropraktik Curtis Turchin, D.C.,M.A. dari Amerika Serikat menjelaskan waktu yang dibutuhkan hanya 60 detik. Dan Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja bila Anda merasa nyaman dan aman untuk sejenak bermeditasi.

  • Cara melakukannya

  • Kegiatan meditasi ini dilakukan dengan beragam cara juga dalam penggunaan waktu yang berbeda ada 30 detik saja, 60 detik, 15 menit dan bahkan 1 jam. Sewaktu Anda melakukan meditasi, harus Anda pertimbangkan berapa banyak waktu yang Anda punya. Untuk pemula mulailah dengan waktu yang pendek dulu kemudian perlahan-lahan ditingkatkan jumlah waktunya.

  • Meditasi di rumah

  • Pertama-tama carilah posisi yang Anda rasa nyaman misalnya di atas tempat tidur pada saat bangun pagi. Pejamkan mata Anda, tariklah napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Selain di pagi hari Anda bisa melakukannya pada saat tidur siang dan setelah beraktivitas sepanjang hari atau sebelum Anda tidur malam.

  • Meditasi di tempat kerja

  • Di saat kepenatan muncul, berhenti sejenak untuk meditasi niscaya ini akan memberikan kesegaran pikiran yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja. Meditasi secara khusus mesti dilakukan secara teratur bagi mereka yang bekerja sepanjang hari di depan monitor komputer. Kelelahan yang tidak dimanage dengan baik melalui meditasi dapat menjadi penghambat prestasi kerja Anda di kemudian hari.

  • Di mana saja dan kapan pun Anda mau

  • Rasa penat dan lelah dapat timbul dari berbagai sebab misalnya kemacetan. Dalam kondisi jalanan macet untuk waktu yang lama ditambah lagi bila Anda mempunyai janji atau tugas yang harus diselesaikan, bermeditasi dalam situasi seperti ini sangat diperlukan. Contoh lain yang sering kita temui adalah antri untuk melakukan transaksi di tellerbank. Bila Anda mengalaminya, gunakan sedikit waktu untuk bermeditasi. Sesungguhnya meditasi cocok untuk selingan di saat-saat Anda dalam kondisi apa pun, karena Anda hanya memerlukan waktu 60 detik saja.

  • Advertisement
  • Selamat mencoba!

Bagikan pada teman dan keluarga..

Meditasi bisa menjadi opsi tepat di kala Anda stres. Caranya mudah pula!

Bermeditasi mungkin kelihatannya sulit. Namun, yang Anda butuhkan hanyalah 60 detik saja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr