Terhindar dari beban saat liburan

Berlibur adalah kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan. Tapi sudah siapkah kita untuk berlibur bersama balita? Sudah cukupkah persiapan yang dilakukan untuk mengajak mereka turut bersenang-senang?

1,107 views   |   shares
  • Musim liburan sudah hampir tiba. Bahkan kini, sudah banyak sarana transportasi seperti kereta api, maskapai penerbangan yang sudah membuka pre-sale tiket untuk bulan-bulan liburan ke depan. Kebanyakan dari kita pasti sudah merindukan kampung halaman, memimpikan matahari dan debur ombak di pantai, atau menikmati secangkir teh panas sambil menghirup dalam dinginnya udara pegunungan.

  • Tapi bagaimana dengan anak-anak kita, terutama yang masih berusia balita?

  • Bepergian dengan menggunakan moda transportasi apa pun, ada beberapa hal yang amat penting untuk diperhatikan selama bepergian dengan putra putri yang masih berusia di bawah 5 tahun.

  • 1. Rencana perjalanan

  • Siapkan liburan sejak jauh-jauh hari dari mulai tujuan liburan, dan berapa hari akan berlibur. Cari tahu dengan detail soal lokasi yang dipilih tersebut. Informasi, kini amat mudah didapatkan dari internet maupun buku-buku. Pilihlah penginapan yang ramah anak, lalu tempatkan tujuan wisata yang menyenangkan anak sebelum wisata yang menyenangkan orang tua. Ketahui detail cuaca dan kondisi lokasi yang dipilih, ini penting untuk membantu menyiapkan baju-baju yang dibawa. Jangan lupa juga rencana pengeluaran, agar nantinya tidak kehabisan uang. Segala hal hingga makanan setempat harus sudah dicatat, agar anak bisa tetap mengonsumsi makanan yang baik.

  • 2. Siapkan asuransi bepergian

  • Banyak perusahaan yang kini sudah menyediakan travelling insurance, dengan berbagai paket menarik untuk berlibur bersama keluarga. Hal ini penting, terutama untuk mencegah pengeluaran dana di luar bujet, karena anak.

  • 3. Siapkan mainan, buku dan baju kesayangan anak

  • Tidak semua anak mudah beradaptasi dengan tempat baru, karenanya, mainan, buku dan baju kesayangan bisa membantu dirinya menyesuaikan diri. Lagipula ini juga akan membantu anak menghilangkan kebosanan di tengah perjalanan yang panjang.

  • 4. Perhatikan kesehatan anak

  • Selama liburan, tidak jarang balita merasa kelelahan lalu jatuh sakit. Terutama karena dalam perjalanan atau keasyikan bermain hingga malas makan, atau kurang tidur. Karena itulah, penting sekali menyiapkan rencana yang matang hingga ke perhitungan waktu tidur dan tempat makan yang ramah anak. Selain itu, jangan lupa membawa vitamin, atau cemilan bergizi. Sediakan waktu untuk berbelanja buah dan sayur di lokasi liburan, sebagai bekal bepergian setiap hari, agar anak tetap terjaga staminanya.

  • 5. Siapkan peralatan perjalanan anak yang nyaman bagi Anda dan si kecil

  • Advertisement
  • Misalnya stroller ringan atau gendongan yang bisa membantu Anda membawa si kecil saat kelelahan. Ingat, Anda tidak bisa memaksakan tenaga balita untuk mengikuti rencana perjalanan yang terlalu melelahkan. Gendongan dan stroller bisa jadi tempat mereka tidur atau beristirahat sejenak, agar tidak jatuh sakit. Gunakan yang paling nyaman bagi mereka, juga yang paling mudah dibawa Anda.

  • 6. Tetap tenang, dan jangan panik

  • Orang tua yang tenang dan tidak mudah panik, akan membuat anak juga merasa lebih tenang dan nyaman. Penting diperhatikan dalam liburan, yakni utamakan kepentingan balita. Terima saja kenyataan bahwa kita kini sudah menjadi orangtua, maka tak bisa lagi sepenuhnya melakukan petualangan menyenangkan versi kita, namun melelahkan dan membosankan untuk anak. Dahulukan tujuan wisata yang membahagiakan mereka, agar tidak rewel, dan mudah terserang penyakit. Anak yang tenang dan senang, juga akan membuat kita senang.

  • Balita adalah masa-masa eksplorasi, maka, biarkanlah mereka bebas meneliti, dan belajar dari tempat liburannya. Jangan lupa juga melengkapi diri dengan alat-alat untuk mendokumentasikan liburan ini. suatu hari nanti, foto-foto maupun video tersebut, akan bisa dilihat kembali, dan kenangan bahagia liburan bersama keluarga, takkan terlupakan untuk Anda dan si kecil.

  • Selamat berlibur!

Bantu kami menyebarkan

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Terhindar dari beban saat liburan

Berlibur adalah kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan. Tapi sudah siapkah kita untuk berlibur bersama balita? Sudah cukupkah persiapan yang dilakukan untuk mengajak mereka turut bersenang-senang?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr