Mengajari si kecil agar menjadi pribadi yang rendah hati

Orang yang rendah hati akan menerima pujian tanpa menjadi besar kepala. Anak-anak perlu dididik untuk memiliki sifat yang terpuji ini sejak dini.

5,006 views   |   5 shares
  • Seorang pemimpin yang rendah hati akan lebih dicintai oleh rakyatnya. Contohnya adalah presiden kita, Jokowi. Keluarga Gus Dur menyebutnya pemimpin yang rendah hati. Beliau mau mengunjungi keluarga mendiang presiden ke-4 R.I. untuk belajar apa saja yang diharapkan rakyat dari pemimpinnya. Rendah hati bukanlah kelemahan, sifat ini malah menunjukkan jiwa yang besar.

  • Orang yang rendah hati akan menerima pujian tanpa menjadi besar kepala. Sifat rendah hati membuat seseorang disegani oleh banyak orang. Sejak kecil, anak-anak perlu diajari untuk memiliki sifat yang terpuji ini. Bagaimana cara terbaik untuk mengajarkan budi pekerti yang luhur ini kepada anak-anak Anda?

  • Memuji anak dengan semestinya

  • Pujian akan menambah semangat anak. Bila Anda melihat anak melakukan sesuatu yang baik, pakailah kesempatan ini untuk memuji mereka. Misalnya, ketika bermain mereka menolong temannya yang jatuh atau mereka bersimpati kepada temannya yang menangis dan berusaha menghiburnya, berilah mereka pujian.

  • Pengarahan

  • Jika kita ingin memiliki anak yang baik dan berbudi luhur, kita harus mengarahkan mereka. Pengarahan ini dapat berupa dorongan dan menanamkan pengertian dalam diri mereka. Misalnya kita sedang sibuk bekerja, ajaklah anak-anak untuk membantu dan jangan meremehkan bantuan mereka. Misal, kita meminta anak-anak untuk mengembalikan mainannya ke kotak mainan. Mungkin mereka tidak mengerjakannya secepat kita, tetapi tetaplah berikan pujian dan ucapan terima kasih ketika mereka selesai. Berikanlah tugas sesuai usia mereka.

  • Teladan

  • Tentu saja cara paling ampuh untuk mendidik anak-anak ialah dengan memberikan teladan. Jika kita marah-marah kepada pengurus rumah karena suatu kesalahan kecil, kita memberi teladan yang buruk. Jangan biarkan anak-anak melihatnya, karena mereka pasti akan mencontohnya. Sebaliknya, tunjukkan sikap rendah hati dengan cara menghargai siapa pun, termasuk orang-orang yang bekerja untuk orang tuanya.

  • Teguran

  • Berilah pengertian kepada anak-anak jika mereka menunjukkan sikap yang kurang pantas. Misalnya mereka membentak-bentak teman sepermainannya, panggil mereka segera dan ajaklah berbicara. Jangan memarahi mereka di depan orang banyak. Sesudah memberi mereka pengertian, mereka harus meminta maaf kepada orang yang sudah disakitinya. Bila kita mendengar mereka menyombongkan diri atas suatu prestasi, beritahulah bahwa semua orang memiliki kelebihannya sendiri. Mereka seharusnya bersyukur mempunyai prestasi yang bisa dibanggakan tetapi ajarlah mereka untuk tidak memamerkannya. Berilah pengertian bahwa suatu kelebihan bukanlah untuk menindas atau membuat orang lain kecil hati, melainkan untuk membuat orang lain ikut menikmati kelebihan itu.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengajari si kecil agar menjadi pribadi yang rendah hati

Orang yang rendah hati akan menerima pujian tanpa menjadi besar kepala. Anak-anak perlu dididik untuk memiliki sifat yang terpuji ini sejak dini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr