Seberapa siapkah kita menghadapi keadaan darurat dalam rumah-tangga?

Apa sajakah yang perlu kita persiapkan untuk hal-hal darurat yang mungkin terjadi dalam rumah tangga?

3,000 views   |   1 shares
  • Suka duka dalam kehidupan memberikan inspirasi untuk selalu siap dalam menghadapi tantangan yang ada. Tidak terkecuali untuk senantiasa menjaga gaya hidup yang menunjang bagi keberhasilan dalam keluarga. Seringkali ada banyak kebutuhan mendadak yang tidak disadari sebelumnya yang membuat kita panik, pusing dan stres memikirkan masalah tersebut. Peribahasa di atas merupakan ajakan dalam menjalani kehidupan untuk selalu siap sedia sebelum masalah datang. Inilah hal-hal yang perlu dipikirkan dan diwaspadai dalam hidup berumah tangga.

  • Tabungan

  • Kondisi keuangan yang tidak menentu dalam keluarga harus dicermati dengan bijak khususnya dalam pengeluaran. Karena Anda merasa memiliki uang, timbul keinginan membelanjakannya tanpa sadar bahwa hal yang diinginkan tidak merupakan suatu kebutuhan yang penting. Pengendalian diri yang baik akan menolong dalam menghemat pengeluaran pribadi untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. Kebiasaan inilah yang dapat membantu Anda berpikir panjang dalam pengeluaran guna memiliki uang untuk disisihkan sebagai dana tabungan untuk keluarga.

  • Kesehatan

  • Kebutuhan lain yang sering muncul adalah biaya untuk pembelian obat dan dokter bila ada anggota keluarga yang sakit. Ketika Anda bijaksana dalam mengatur pengelolaan keuangan keluarga maka Anda juga dapat menyisihkan sedikit dana untuk kesehatan keluarga Anda. Sekarang ini banyak orang mengikuti program asuransi kesehatan pemerintah yang dilaksanakan oleh Badan Pengelolaan Jaminan Kesehatan (BPJS). Ada baiknya keluarga Anda mengikuti jaminan kesehatan ini yang dapat menolong biaya selama sakit dirawat ataupun berobat jalan.

  • Pendidikan

  • Saat ini biaya pendidikan untuk anak SD, SMP dan SMA negeri diberikan secara gratis oleh pemerintah. Kebijakan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak yang kurang mampu hingga mereka dapat juga bersekolah dan bersaing secara sehat dengan teman-temannya dalam hal kepandaian. Tapi setelah tamat SMA seringkali orang tua harus putar otak untuk kebutuhan pendidikan selanjutnya. Bila hal itu terjadi perlu persiapan dana cadangan untuk masa depan anak. Dana itu dapat Anda kumpulkan terpisah dengan pengeluaran lain, hitung-hitung biaya sekolah gratis itu sebagai dana tabungan anak dan tabunglah sejak dini untuk dana pendidikan anak di masa depan.

  • Keterampilan

  • Sebagai seorang karyawan suatu perusahaan Anda harus terus belajar untuk menambah nilai performance Anda dalam bekerja. Seorang pemimpin akan menilai keampuan Anda ketika dapat memecahkan masalah yang timbul dalam lingkungan kerja. Jika Anda harus berganti pekerjaan maka kemampuan Anda disertai penampilan dan wawasan Anda yang luas akan menjadi nilai tambah dalam mencari pekerjaan baru. Memiliki ketrampilan yang banyak merupakan sarana penunjang dalam bekerja.

  • Advertisement
  • Musibah

  • Masa berduka atau musibah apapun bisa menghampiri siapa saja. 'Sedia payung sebelum hujan' perlu Anda lakukan bagi keluarga. Keselamatan dan kebutuhan hidup keluarga pada masa-masa itu harus diperhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karenanya, bijaksanalah dalam mengatur lalu lintas keuangan Anda untuk masa depan yang lebih baik.

Baca, hidupkan, bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Seberapa siapkah kita menghadapi keadaan darurat dalam rumah-tangga?

Apa sajakah yang perlu kita persiapkan untuk hal-hal darurat yang mungkin terjadi dalam rumah tangga?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr