Sikapi pertanyaan klise di ajang reuni tanpa harus ling-lung

Menjalin silaturahmi dengan orang lain selalu memberi banyak manfaat buat diri kita. Mungkin tidak hari ini, tetapi suatu hari nanti.

2,346 views   |   shares
  • Bertahun-tahun meninggalkan bangku sekolah, dan kini telah menjalani kehidupan sebagai orang dewasa. Tentu banyak sekali yang berubah dalam hidup kita. Bahkan saat-saat reuni selalu menjadi ajang paling ditunggu. Karena di sana ada kenangan masa sekolah yang mungkin lucu dan enggan untuk dilupakan.

  • Diakui atau tidak, setiap pribadi dari kita pasti ingin menjalin lagi komunikasi antara teman-teman sekolah. Menyambung tali silaturahmi yang sempat menghilang dan siapa tahu justru ada kemungkinan-kemungkinan baik di balik networking yang terjalin.

  • Jika sudah begini, maka ada beberapa hal yang biasanya ingin kita ketahui dari teman lama yang sudah lama sekali tidak berjumpa. Entah itu sekedar basa-basi atau serius. Yang pasti tujuannya untuk menyambung tali silaturahmi. Lalu apa saja yang umumnya ditanyakan oleh teman kepada kita, atau kita kepada teman kita setelah bertahun-tahun tidak bertemu?

  • 1. Apa kabar?

  • Pertanyaan ini nampaknya sederhana, tetapi sebenarnya mengandung banyak arti. Yang mana pertanyaan "apa kabar" adalah bentuk atensi positif dari seorang kawan yang ingin mengetahui keadaan dan kondisi kita selama bertahun-tahun tidak bertemu. Selain itu pertanyaan apa kabar, juga berfungsi sebagai tanda akan dimulainya sebuah percakapan lanjutan, yang nantinya akan saling bertukar informasi satu sama lain.

  • 2. Kerja di mana sekarang?

  • Pertanyaan ini berfungsi untuk membangun relasi bisnis antara teman lama, yang mana nantinya mungkin kita akan saling membutuhkan satu sama lain terkait profesi pekerjaan masing-masing. Jangan sungkan untuk memberikan informasi yang memang dibutuhkan teman. Jangan malu atau merasa rendah diri dengan pekerjaan kita.

  • 3. Sudah berkeluarga? Anak berapa?

  • Nah, pertanyaan ini sebenarnya cukup sensitif. Tapi sering kali kita sendiri menanyakan hal tersebut pada teman kita. Yah, karena bertahun-tahun tidak berjumpa. Kita memiliki asumsi bahwa teman-teman yang seusia kita sudah menikah dan memiliki anak. Jika memang belum menikah dan ternyata kita juga belum menikah bisa jadi mungkin jodoh kita adalah teman lama. Siapa tahu kan.

  • 4. Tinggal di mana?

  • Menanyakan tempat tinggal berarti teman kita mempunyai harapan bahwa suatu hari akan bersilaturahmi mengunjungi kita. Selain menanyakan alamat, biasanya juga menunjukkan atensi kepada keluarga kita, misal orang tua. Karena bisa saja dahulu, hubungan antara orang tua kita dan teman-teman kita cukup baik, sehingga ada memori tersendiri jika ternyata rumah kita saat ini adalah rumah orang tua kita dulu.

  • Advertisement
  • 5. Berapa nomer HP, pin BB, FB dan akun sosial media lainnya?

  • Nah, pertanyaan terakhir ini menjadi sangat penting. Kenapa? karena kita hidup di era serba teknologi dan media sosial. Sehingga kata orang sekarang, belum gaul kalau belum punya facebook, atau belum keren kalau belum menggunakan fasilitas sosial media yang beraneka ragam di dunia maya. Tetapi semua itu sebenarnya mempunyai tujuan yang sama, yaitu mempermudah komunikasi, agar yang jauh terasa lebih dekat. Nah, tinggal bagaimana kita mampu menggunakan fasilitas media sosial menjadi lebih baik.

  • Jadi, sudah tidak bingung lagi 'kan kalau sewaktu-waktu ada undangan reuni, atau menghindar apabila ketemu teman lama di jalan atau sebuah tempat. Gunakan 5 pertanyaan ini untuk menjalin komunikasi lagi dengan kawan lama. Saya yakin, menjalin silaturahmi dengan orang lain selalu memberi banyak manfaat buat diri kita. Mungkin tidak hari ini, tetapi suatu hari nanti.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Sikapi pertanyaan klise di ajang reuni tanpa harus ling-lung

Menjalin silaturahmi dengan orang lain selalu memberi banyak manfaat buat diri kita. Mungkin tidak hari ini, tetapi suatu hari nanti.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr