Anda dipercaya sebagai Ketua RT? Ini tips untuk menjalani tugas dengan ikhlas

Bagaimana jika Anda terpilih sebagai Ketua RT atau pengurus yang bertanggung jawab atas urusan sosial di tempat Anda tinggal? Berikut tipsnya.

31,755 views   |   138 shares
  • Jika kebetulan Anda terpilih untuk menjadi ketua RT (Rukun tetangga) atau pengurus yang bertanggung jawab atas urusan sosial di tempat Anda tinggal, sebaiknya Anda menerima kehendak warga dengan lapang dada dan melaksanakan dengan ketulusan hati. Jangan Anda menolak keputusan warga tersebut dengan alasan yang tidak mendasar. Berikut ini beberapa tips menjalani tugas menjadi ketua RT yang bijaksana serta amanah.

  • 1. Bermusyawarah dalam mengambil keputusan

  • Sebagai Ketua RT, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menghadapi suatu permasalahan atau menentukan kegiatan dengan cara bermusyawarah yang melibatkan semua warga. Laksanakanlah dengan cara yang bijaksana dan demokrasi. Jangan Anda semena-mena dalam mengambil keputusan.

  • 2. Memberi contoh yang baik terhadap warga sekitar

  • Anda harus bisa memberi contoh yang baik bagi warga sekitar, sebelum Anda memberikan himbauan atau perintah kepada warga. Lakukan hal ini dalam kehidupan rumah tangga Anda sendiri. Maksudnya, jangan sampai Anda hanya bisa bicara tapi tidak bisa melakukannya. Atau bahkan lebih buruk lagi, tidak mampu mengindahkan keputusan Anda sendiri.

  • 3. Melindungi warga tanpa pandang bulu

  • Dalam berinteraksi dengan masyarakat pasti ada dinamikanya. Sebagai orang yang dituakan, Anda harus mampu melindungi terhadap semua pihak. Jangan sampai melakukan tindakan yang tidak adil, contohnya seperti selalu membela warga yang Anda anggap baik, dan memojokkan yang lain. Hal tersebut tentu akan memicu permusuhan antar sesama warga, dan akhirnya lingkungan Anda menjadi tidak nyaman.

  • 4. Melayani warga masyarakat dengan baik dan ramah

  • Ketua RT adalah tumpuan masyarakat. Jika ada warga yang akan mengurus surat pengantar atau urusan yang lain, Anda harus melayani dengan hati yang tulus. Jangan menolak kedatangan warga karena sesuatu alasan, seperti "Saya sedang sibuk" atau alasan lainnya. Hal tersebut tentu akan membuat warga kecewa. Utamakanlah kepentingan warga, setelah itu baru menyelesaikan urusan pribadi. Memang tidak mudah, tapi jika Anda memiliki jiwa sosial yang tinggi, hal ini akan terasa ringan. Berikan pelayanan yang baik, sehingga bisa membuat warga menjadi senang dan puas.

  • 5. Menjaga kebersihan serta keamanan lingkungan

  • Kesuksesan memimpin masyarakat terlihat dari lingkungan yang bersih dan aman. Hal ini dikarenakan setiap orang tentu ingin tinggal di tempat yang aman, damai, bersih, dan tentram. Maka dari itu, Anda selaku ketua RT wajib memberi peraturan kepada warga demi terciptanya lingkungan yang baik. Anda bisa menghimbau warga untuk mengadakan kerja bakti atau menjaga lingkungan dengan cara siskamling (sistem keamanan lingkungan). Yang penting, jika Anda bisa melaksanakan tugas sebagai ketua RT (rukun tetangga) dengan tulus, hal yang sulit pasti ada solusinya.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Anda dipercaya sebagai Ketua RT? Ini tips untuk menjalani tugas dengan ikhlas

Bagaimana jika Anda terpilih sebagai Ketua RT atau pengurus yang bertanggung jawab atas urusan sosial di tempat Anda tinggal? Berikut tipsnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr