Karena keseringan batuk pencuri pun takut masuk!

Pada ibu hamil bahaya rokok menjadi ganda, tidak hanya berbahaya bagi si ibu yang mengandung tetapi juga bagi bayi yang ada di dalam kandungan.

1,008 views   |   1 shares
  • Tanggal 31 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai hari anti rokok dunia. Hal ini diselenggarakan untuk memperingatkan setiap orang akan bahaya rokok bagi kesehatan. Menurut data yang dikeluarkan oleh WHO setiap tahunnya lebih dari 6 juta orang meninggal akibat rokok di negara berkembang. Hal ini semakin diperparah lagi dengan tingkat gizi yang rendah serta kurangnya pengetahuan akan kesehatan.

  • Kenalilah beberapa bahaya rokok berikut ini supaya Anda dapat segera berhenti merokok atau rokok akan membunuh Anda:

  • 1. Kanker paru-paru

  • Sebagai organ tubuh yang paling sering terkena imbas dari asap rokok yang dihisap, lama-kelamaan sel-sel paru akan mengalami mutasi dan berubah menjadi ganas. Hal inilah yang menjadi penyebab awal seseorang menderita kanker paru-paru.

  • __2. Impotensi

  • Menurut jurnal informasi kesehatan RSU. Saiful Anwar Malang setiap harinya banyak pria mengeluh karena gangguan ereksi. Hal ini disebabkan karena terjadinya penyempitan pembuluh darah yang mengalir ke seluruh tubuh terutama yang menuju ke arah alat reproduksi. Penyempitan pembuluh darah tersebut diakibatkan oleh zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam asap rokok yang dikonsumsi secara terus-menerus, sehingga lama kelamaan akan mengendap di dalam pembuluh darah perifer dan akhirnya menyumbat peredaran darah itu sendiri.

  • 3. Penyakit jantung

  • Seperti dijelaskan dalam laman Dokita, salah satu zat berbahaya yaitu nikotin yang terkandung di dalam rokok ternyata mampu menyebabkan serangan jantung. Hal ini dikarenakan nikotin mampu menurunkan kadar oksigen yang sangat dibutuhkan oleh jantung, nikotin dapat meningkatkan tekanan darah serta detak jantung, nikotin dapat meningkatkan pembekuan sel darah merah, dan nikotin dapat merusak sel-sel yang melapisi arteri koroner dan pembuluh darah lainnya.

  • __4. Gangguan kehamilan dan janin

  • Pada ibu hamil bahaya rokok menjadi ganda, tidak hanya berbahaya bagi si ibu yang mengandung tetapi juga bagi bayi yang ada di dalam kandungan. Tingkat keguguran pada ibu hamil yang merokok pun terbilang cukup tinggi. Hal ini terjadi karena zat-zat berbahaya yang dimiliki rokok mampu meracuni bayi yang masih ada di dalam kandungan. Kalaupun nantinya si bayi dapat lahir dengan selamat, penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan rata-rata dari bayi-bayi tersebut akan memiliki intelegensia yang rendah, mengalami cacat bawaan, memiliki berat badan rendah, dan sebagainya.

  • Advertisement
  • __5. Penyakit di sekitar daerah mulut

  • Bila Anda pernah berada sangat dekat dengan seorang perokok aktif, sewaktu berbicara dengannya Anda akan segera dibuat sangat tidak nyaman dengan bau mulut yang dikeluarkannya. Hal ini bisa terjadi karena rokok mampu merubah susunan kimia di dalam rongga mulut sehingga menjadi sangat tidak sedap, lidah menjadi kotor, gigi menguning, mengalami karies, hingga mengalami pembusukan. Yang lebih parah ternyata rokok juga dapat menyebabkan seseorang menderita kanker tenggorokan dan kanker lidah.

  • __6. Kecanduan

  • Sama halnya dengan zat psikotropika lainnya rokok ternyata mampu membuat seseorang mengalami kecanduan karena di dalam rokok terkandung zat adiktif yang hampir sama dijumpai dalam zat-zat berbahaya lainnya seperti narkoba. Mereka yang mengalami kecanduan berat pada rokok biasanya akan terus merasa ketagihan dan bila tidak dituruti, maka mereka akan mengalami sulit berkonsentrasi, jantung berdebar, mengeluarkan keringat dingin, mulut menjadi pahit, dan sebagainya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Karena keseringan batuk pencuri pun takut masuk!

Pada ibu hamil bahaya rokok menjadi ganda, tidak hanya berbahaya bagi si ibu yang mengandung tetapi juga bagi bayi yang ada di dalam kandungan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr