4 hal sepele yang justru mampu meracuni pernikahan

Banyak hal yang mungkin terlihat sepele tapi mampu menghancurkan pernikahan. Apa saja itu?

35,705 views   |   23 shares
  • Banyak hal yang mungkin terlihat sepele tapi ternyata mampu menghancurkan pernikahan. Contohnya, tanpa Anda sadari, kesalahan yang itu-itu saja dapat berakibat buruk bagi hubungan pernikahan Anda. Apa saja hal-hal kecil yang harus Anda perhatikan ketika membina pernikahan?

  • 1. Terlalu mengatur

  • Terkadang kita dihantui dengan rasa tanggung jawab yang besar untuk menjaga pasangan. Tanpa disadari, hal ini bisa memicu kita untuk mengatur pasangan sesuai yang kita mau. Saling memberi nasehat atau membawa pasangan ke arah yang positif sangat boleh dilakukan, namun jangan sampai berlebihan. Bisa-bisa pasangan menjadi tertekan. Boleh saja membuat peraturan dalam pernikahan, namun Anda perlu ingat bahwa pasangan juga memiliki pendapatnya sendiri. Untuk itu diskusikan peraturan dalam pernikahan Anda. Peraturan yang dibuat sepihak akan menjadi kendala dalam menjalani pernikahan.

  • 2. Mendominasi Hubungan

  • Ketika Anda lebih mendominasi hubungan dalam pernikahan, pasangan akan merasa terintimidasi. Jika ini berlangsung terus-menerus, hal ini dapat menjadi kerikil dalam pernikahan. Selain itu, jangan menyalahkan pasangan Anda setiap saat. Jangan pula Anda selalu merasa benar. Jika Anda memiliki pekerjaan yang lebih baik dengan penghasilan yang lebih besar dari, hindari kalimat-kalimat yang mengintimidasinya, seperti, "Saya yang memiliki penghasilan yang lebih baik, kenapa saya juga yang harus mengurus rumah?" Hal ini hanya akan membuat pasangan Anda tertekan dan tidak lagi merasa nyaman dengan Anda.

  • 3. Melupakan peristiwa penting

  • Melupakan peristiwa penting dalam pernikahan atau yang berhubungan dengan pasangan dapat berdampak buruk bagi hubungan pernikahan, seperti melupakan ulang tahun pasangan atau ulang tahun pernikahan. Mungkin hal ini terlihat sepele, namun justru yang sepele itulah yang dapat membangkitkan dan memberikan kenangan indah dalam sebuah pernikahan. Ketika Anda melupakan hal kecil ini, pasangan Anda dapat beranggapan bahwa dia tidak lagi spesial bagi Anda.

  • 4. Kurang melibatkan pasangan

  • Banyak pernikahan berakhir dengan perpisahan karena hal yang satu ini. Misalnya, seorang istri yang juga wanita karier terkadang mengambil keputusan sendiri tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan pasangan, karena merasa bisa menghidupi diri sendiri. Jika Anda tidak ingin menyusahkan pasangan Anda, itu dapat dimengerti. Tetapi bukan berarti Anda boleh bertindak seenaknya tanpa mendisukusikannya dengan pasangan. Lagi pula, jika Anda tidak pernah melibatkan pasangan, ini hanya akan membuat pasangan merasa tidak dibutuhkan. Padahal, dalam sebuah pernikahan, pasangan suami-istri harus selalu dapat saling membantu dan mendukung dalam segala hal.

  • Advertisement
  • Karena itu, perhatikanlah hal-hal sepele dalam pernikahan. Jangan sampai Anda tidak menyadari bahwa hal-hal kecil itulah yang selama ini menjadi kerikil dalam rumah tangga. Benahilah agar pernikahan Anda selalu terjaga dengan baik.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

4 hal sepele yang justru mampu meracuni pernikahan

Banyak hal yang mungkin terlihat sepele tapi mampu menghancurkan pernikahan. Apa saja itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr