Pentingnya istirahat demi kesehatan tubuh

Banyak orang yang "gila kerja" lupa waktu, lupa makan, dan lupa tidur karena pekerjaan. Mereka yang seperti ini biasanya yang masih berusia muda. Karena dampaknya belum terasa dan badan masih kuat, mereka menganggap semua itu biasa saja.

4,194 views   |   4 shares
  • Banyak orang yang "gila kerja" lupa waktu, lupa makan, dan lupa tidur karena bekerja terus-menerus. Mereka yang seperti ini biasanya yang masih berusia muda. Karena dampaknya belum terasa dan badan masih kuat, mereka menganggap kurang tidur, kurang makan, dan kurang istirahat tidak akan mengganggu kesehatan. Padahal seperti tanaman yang kurang air dan kurang matahari, sel-sel tubuh akan cepat menua dan akhirnya mati bila tidak diperhatikan nutrisinya. Karena itu istirahat sangat penting untuk kesehatan kita. Apa saja manfaatnya?

  • Menghilangkan jenuh

  • Bayangkan kalau kita mengerjakan sesuatu yang sama terus-menerus tanpa istirahat, kita pasti merasa jenuh. Istirahat akan sangat membantu menghilangkan jenuh dan menyegarkan energi. Otomatis, kita akan lebih produktif dan dapat menjadi lebih kreatif.

  • Menghilangkan kantuk

  • Konon di beberapa perusahaan di Jepang, China, dan Korea, pegawainya diizinkan tidur siang supaya dapat melanjutkan pekerjaan dengan otak yang lebih segar. Pegawai di Jepang rata-rata tidur hanya 6 jam 22 menit setiap malam di hari, paling sedikit bila dibandingkan para pegawai lain di dunia. Di sebuah perusahaan renovasi rumah dekat Tokyo, pemimpinnya menganjurkan para pegawainya untuk tidur siang 20 menit sesudah makan siang. Praktek ini ternyata sangat meningkatkan produktivitas. Di beberapa tempat umum malah disewakan tempat tidur siang yang bersekat-sekat. Orang dapat membayar 160 Yen setiap 10 menit, sewa piyama 100 Yen dan kebanyakan orang menyewa untuk tidur selama satu jam. Menteri kesehatan Jepang malah menganjurkan para pegawai untuk inemuri atau tidur siang.

  • Menghilangkan lelah

  • Bagi orang yang pekerjaannya banyak menguras tenaga dan keringat, istirahat merupakan keharusan. Otot-otot yang lelah dan tegang perlu dikendurkan supaya dapat bekerja lebih lama. Kelelahan dapat membuat badan sakit-sakit karena itu diperlukan istirahat supaya tubuh tetap sehat.

  • Anak-anak sekolah

  • Di sekolah, istirahat digunakan untuk melepaskan ketegangan otak selama pelajaran. Terutama anak-anak sekolah dasar menikmati sekali jam bermain yang dapat membuat mereka gembira dan aktif sebelum duduk kembali di kelas. Kegembiraan ini selain menghilangkan kantuk juga mengembalikan semangat mereka untuk belajar.

  • Istirahat panjang

  • Selain istirahat sekitar 15 menit, orang juga membutuhkan jeda panjang alias liburan untuk menghilangkan jenuh. Bagi yang tinggal di kota, pemandangan asri serta kesejukan udara dapat melepaskan kepenatan. Deburan ombak di pantai juga mampu menghilangkan stres. Sebaliknya, orang yang tinggal di kota kecil mungkin dapat menyegarkan pikiran dengan bertandang ke kota besar untuk menikmati berjalan-jalan di mal.

  • Advertisement
  • Menunjang kesehatan mental dan tubuh

  • Istirahat membuat pikiran dan tubuh terasa segar, seperti memperoleh suntikan semangat baru. Jangan menyepelekan istirahat bila kita ingin tetap sehat. Tidak saja olah raga, istirahat juga bagian penting dari kesehatan tubuh kita. Hidup harus selalu seimbang, bukan?

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pentingnya istirahat demi kesehatan tubuh

Banyak orang yang "gila kerja" lupa waktu, lupa makan, dan lupa tidur karena pekerjaan. Mereka yang seperti ini biasanya yang masih berusia muda. Karena dampaknya belum terasa dan badan masih kuat, mereka menganggap semua itu biasa saja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr