Dunia seperti apakah yang kau inginkan, Nak?

Sebagai ibu yang ingin membantu anaknya berkembang menjadi anak yang baik, tentu ibu harus tahu bagaimana menciptakan dunia yang ramah ini bagi sang anak.

935 views   |   1 shares
  • Setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya menerima pengetahuan yang negatif yang dapat merusak pertumbuhannya. Dalam proses tumbuh kembang inilah, peran orang tua, terutama peran seorang ibu sangat penting. Seorang ibu dituntut untuk dapat mengawasi setiap perkembangan sang anak dan mendidik anak agar dapat tubuh menjadi anak yang baik dan pintar. Bagi para ibu terutama para ibu muda yang belum berpengalaman atau baru memiliki anak, tantangan terbesar yang akan dihadapi adalah ketika anak masih dalam masa perkembangan. Berikut adalah bagaimana seorang ibu dapat menciptakan dunia yang ramah bagi anak-anaknya:

  • 1. Memberikan teladan yang baik

  • Ada pepatah yang mengatakan, buah tidak pernah jatuh jauh dari pohonnya, yang artinya kepribadian sang anak tidak berbeda jauh dengan orang tuanya. Orang tua memberikan teladan yang tidak baik bagi sang anak misalnya, sering mengucapkan kata-kata kasar, sering marah-marah di depan anak dan contoh buruk lainnya. Jika Anda melakukan hal-hal negatif seperti ini lambat laun anak Anda akan mengikuti contoh yang kurang terpuji ini dan dapat dipastikan sang anak akan tubuh dengan mental atau kepribadian yang tidak baik.

  • 2. Selalu mengawasi perkembangan anak

  • Dengan selalu mengawasi tingkah laku serta tutur kata si kecil, secara tidak langsung Anda telah berhasil menciptakan dunia yang ramah bagi anak Anda. Mengapa demikian? Karena ketika dalam pengawasan Anda dan si kecil melakukan hal yang salah maka Anda dapat langsung menegur dan mengajarinya untuk memperbaiki kesalahannya, sehingga tumbuh kembang si kecil dapat selalu Anda arahkan ke arah yang positif.

  • 3.Biasakan anak bermain di tempat yang aman

  • Memilih teman dan tempat yang aman bagi si kecil sangat penting dalam menciptakan dunia yang ramah baginya. Mengapa demikian? Ketika si kecil bermain di tempat yang tidak aman, ada kemungkinan si kecil mendapat celaka karena tempat bermainnya tidak sesuai dengan usianya. Atau jika si kecil bermain dengan anak-anak yang nakal yang selalu mengajaknya untuk melakukan hal-hal negatif, ini juga akan memberikan pengaruh negatif bagi kejiwaan dan tumbuh kembangnya.

  • 5.Ajarkan anak tentang agama sejak dini

  • Mengajarkan anak didikan tentang agama sejak dini sangat baik bagi tumbuh kembangnya. Ketika Anda berhasil mengajarkan asas-asas atau ajaran-ajaran penting dalam agama, anak dapat memiliki fondasi untuk hidupnya. Kerena anak dibiasakan untuk memilih yang benar dan melakukan hal-hal positif, baik tentang kasih atau tentang perilaku yang baik yang dianjurkan agama.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Dunia seperti apakah yang kau inginkan, Nak?

Sebagai ibu yang ingin membantu anaknya berkembang menjadi anak yang baik, tentu ibu harus tahu bagaimana menciptakan dunia yang ramah ini bagi sang anak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr