Tips bertetangga yang baik

Pada hakekatnya manusia diciptakan sebagai makluk sosial, yang dalam kehidupannya saling membutuhkan, dan harus saling tolong-menolong

1,881 views   |   6 shares
  • Pada hakekatnya manusia diciptakan sebagai makluk sosial yang saling membutuhkan dan juga harus saling tolong-menolong. Seorang manusia tidak akan bisa hidup normal tanpa bantuan orang lain. Selain keluarga, orang yang paling dekat untuk membantu kita adalah tetangga. Untuk itu, dimanapun Anda berada, hendaknya selalu berperilaku yang baik dengan tetangga. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam bertetangga yang baik. Berikut ini beberapa tipsnya.

  • 1. Berlaku ramah sesama tetangga

  • Hal ini sebetulnya mudah dilakukan, namun sering dilupakan. Bahkan tak jarang bermacam-macam penilaian juga persepsi negatif dari lingkungan sekitar muncul akibat kita kurang ramah. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari sikap yang menyebabkan tetangga jadi sakit hati seperti mencela, memfitnah, atau membeberkan aib tetangga. Perbuatan yang seperti ini dapat menyebabkan keributan serta menjadi putusnya hubungan bertetangga.

  • 2. Selalu ringan tangan (tolong-menolong)

  • Salah satu hal yang lain untuk memelihara hubungan bertetangga adalah suka membantu atau ringan tangan ketika tetangga tertimpa masalah atau musibah. Bantuan tidak harus materi, tapi bisa juga berupa tenaga dan pikiran. Jadi apabila Anda tidak mampu membantu secara materi, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk meringankan beban tetangga yang sedang mengalami musibah. Jangan berdiam diri seolah tidak mau tahu dengan musibah yang dihadapi oleh tetangga.

  • 3. Jadikan sebagai pengganti saudara

  • Tetangga adalah orang yang paling dekat dengan Anda. Ketika Anda sedang menghadapi kesulitan dan membutuhkan bantuan, sebelum saudara Anda tiba, orang yang paling dahulu datang dan membantu adalah tetangga. Dengan demikian walaupun Anda jauh dari saudara, namun jika Anda berhubungan baik dengan tetangga, Anda akan memiliki pengganti saudara. Dan jika hubungan bertetangga bisa terus berlangsung harmonis, bisa dipastikan tidak akan terjadi keributan dalam lingkungan Anda. Yang ada hanyalah ketentraman serta kedamaian.

  • 4. Memenuhi undangan tetangga

  • Jika tetangga mengadakan syukuran dalam rangka apapun dan Anda diundang, sebaiknya Anda menghadirinya dengan tulus ikhlas. Prioritaskan kepentingan tetangga daripada urusan Anda pribadi, kecuali jika Anda memiliki alasan yang mendesak, tentunya. Jika berhalangan hadir, sebaiknya Anda mohon maaf terlebih dahulu dan kemudian menyampaikan pesan dengan baik. Dengan demikian tidak akan muncul persepsi yang negatif dari tetangga juga dari lingkungan sekitar Anda.

  • Advertisement
  • 5. Berprasangka yang baik

  • Pada umumnya penyakit yang berat dan sulit dihilangkan dalam bermasyarakat dan bertetangga adalah perasaan iri hati, dengki, cemburu dan selalu buruk sangka bilamana tetangga mendapat kenikmatan atau kesuksesan. Terkadang Anda tidak siap melihat kemajuan dan kesuksesan orang lain. Sebaiknya yang harus Anda lakukan jika melihat tetangga mendapatkan kesuksesan dan kebahagiaan, Anda ikut merasakan senang kemudian mendatangi dan memberikan ucapan selamat, serta selalu berprasangka yang baik kepadanya. Jika Anda mempunyai perasaan dan lapang dada seperti ini, bisa dipastikan dalam keluarga Anda akan selalu tentram dan damai.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Tips bertetangga yang baik

Pada hakekatnya manusia diciptakan sebagai makluk sosial, yang dalam kehidupannya saling membutuhkan, dan harus saling tolong-menolong
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr