Pentingnya mengenali bakat anak

Setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda. Dalam satu keluarga pun, setiap anak mempunyai bakatnya sendiri yang dapat memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar.

356 views   |   0 shares
  • Setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda. Bahkan dalam satu keluarga pun, setiap anak memiliki bakatnya sendiri yang dapat memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar. Sebagai orang tua, hendaknya kita membantu memupuk dan menyalurkan bakat anak-anak kita, entah itu bakat musik, sastra, melukis atau lainnya. Tidak ada bakat yang tak berguna.

  • Ketika suami saya masih duduk di SMP, dia menunjukkan bakat menggambar yang diwarisi ayahnya. Dia gemar sekali membaca dan menggambar komik. Angka-angka rapornya agak menurun dan orang tuanya mengancam akan membuang semua buku dan gambar komiknya jika prestasinya di sekolah menurun.

  • Menghadapi tekanan itu, suami saya malah mengambil tekad bulat untuk membuktikan kepada orang tuanya bahwa suatu waktu dia akan mampu berdikari melalui coretan tangannya. Sambil berusaha menaikkan nilai-nilai rapornya, dia tetap sibuk menggambar. Sampai akhirnya sebelum lulus SMA, buku-buku komiknya berhasil diterbitkan. Seusai sekolah dia bekerja di sebuah perusahaan yang menerbitkan komik-komik Amerika.

  • Saat pra remaja, kegemaran saya dalam menulis dan membaca kerap membuat orang tua pusing. Walau sejak kecil ibu memupuk kegemaran membaca dengan membelikan buku-buku, tetapi beliau tidak berharap anaknya menjadi kutu buku. Ada perpustakaan di dekat rumah yang menyewakan buku-buku berbahasa Inggris. Setiap hari saya pergi ke sana dan meminjam buku yang langsung habis dibaca hari itu juga. Kegemaran membaca ini memperkaya kosa kata dan menambah bahasa Inggris saya, yang ternyata banyak membantu ketika saya bekerja sebagai penerjemah.

  • Tayangan TV Dancing with a Star baru-baru ini menampilkan seorang veteran angkatan darat AS yang kehilangan sebelah tangan dan kakinya sebagai salah seorang peserta kontes. Dengan kaki buatan dan satu tangan, tentu dibutuhkan tekad dan usaha keras untuk mengatur keseimbangan. Yang mencengangkan, tarian veteran tersebut tak kalah indahnya dengan peserta lain. Juri dan penonton pun terharu menghargai tekad bulat veteran itu untuk mengasah keterampilannya.

  • Setiap orang tua tentu berharap anak-anaknya sukses. Untuk itu, orang tua dapat menuntun dan mengarahkan bakat setiap anak, tetapi tidak dapat memaksa dan menekan anak itu untuk mengerjakan sesuatu bila mereka ingin anaknya berbahagia. (Baca: http://keluarga.com/pertumbuhan/gantungkan-cita-cita-anda-setinggi-bintang)

  • Advertisement
  • Bakat tidak selalu mendatangkan kekayaan tetapi mampu membuat pemiliknya merasa bahagia. Dunia ini akan membosankan bila setiap orang memiliki bakat yang sama. Seorang gadis yang menganggap dirinya mempunyai otak lumayan encer berharap menemukan pasangan hidup yang lebih pandai daripada dirinya. Namun apa daya nasib menentukan lain. Dia jatuh cinta kepada seorang pemuda yang berbakat seni dengan kecerdasan yang biasa-biasa saja. Dan ternyata, hal itu membuatnya menjadi pribadi yang rendah hati dan sadar bahwa setiap manusia dikaruniai kemampuan yang berbeda-beda.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pentingnya mengenali bakat anak

Setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda. Dalam satu keluarga pun, setiap anak mempunyai bakatnya sendiri yang dapat memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr