Fakta! Curhat bisa membawa seseorang ke penjara

Dunia teknologi yang semakin canggih tapi bila tidak ditunjang dengan kearifan para penggunanya, dapat mencederai kehidupan sosial Anda. Usahakan setiap tutur kata dan komentar Anda membuat orang lain merasa lebih baik.

6,030 views   |   3 shares
  • Gara-gara celotehan, curhat atau pun percakapan yang menimbulkan sakit hati apalagi penghinaan, seseorang bisa saja terseret ke dalam jeruji besi. Sangsi ini tercatat dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

  • Di bawah ini ada pengalaman nyata yang menjadi kasus hukum yang bergulir. Dengan dakwaan atas pencemaran nama baik dan penghinaan. Sebagai akibat dari komentar-komentar orang yang berisi ungkapaketidakpuasan atau kritikan lewat Facebook, Line dan banyak media lainnya.

  • Curhat dengan 'kepala dingin'

  • Kesulitan hidup saat ini yang penuh dengan tantangan harus disikapi secara bijak. Bila Anda ingin curhat di dunia maya haruslah dengan 'kepala dingin' dalam arti tidak emosional. Kejadian ini pernah dialami seorang wanita yang 'curhat' di media sosial yang berujung dia harus masuk penjara. Hal ini tidak pernah terbayang dalam kehidupan sebelumnya bahwa dia harus menginap di 'hotel prodeo' selama beberapa bulan. Dimulai dengan kekecewaan atas keputusan perusahaan tempat suaminya mencari nafkah, yang telah memutasikannya ke luar kota. Ketika wanita tersebut melakukan curhatnya, suaminya tidak tahu sama sekali dan merasa kaget ketika istrinya harus datang ke kantor polisi. Semua terjadi karena beberapa orang dari perusahaan tersebut merasa tersinggung dengan 'curhat' di media sosial wanita itu.

  • Akibat berkelahi di 'status' Facebook

  • Seorang mahasiswi harus menelan pil pahit akibat statusnya di Facebook. Dia dilaporkan oleh seorang ibu. Ibu ini merasa bahwa si mahasiswi berhubungan gelap dengan suaminya. Di status Facebooknya sang Ibu sering mengingatkannya untuk menjauhi sang suami. Setelah banyak perdebatan, ia lalu memperkarakannya ke pengadilan. Mahasiswi tersebut mendapat dakwaan pencemaran nama baik dan divonis penjara 3 bulan.

  • Kata-kata penghinaan

  • Pengalaman dari seorang guru harus mendekam 1 bulan di penjara. Akhirnya dibebaskan oleh Pengadilan Tinggi dan kembali dihukum oleh Mahkamah Agung. Hal ini terjadi karena dia menuliskan komentarnya di Facebook yang bernada penghinaan kepada seseorang. Kasus ini dilaporkan orang tersebut ke polisi yang berlanjut ke pengadilan dan dipenjara selama 2 bulan. Belajar dari pengalaman ini Anda perlu mengungkapkan ketidaksenangan Anda tanpa harus menghina seseorang.

  • Hati-hati berbicara meskipun grup chat kecil

  • Hal ini terjadi pada seorang pemuda lulusan dari suatu SMA. Seperti yang diceritakan oleh ibunya pada acara di televisi beberapa waktu lalu, anaknya sedang diskusi dengan grup Line yang beranggotakan 7 teman di SMA-nya. Dalam diskusi, pemuda itu mengkritik pejabat setempat. Tanpa diduga, salah satu anggota group ini melaporkan kepada sang pejabat. Alhasil ia harus disidang atas tuntutan sang pejabat.

  • Advertisement
  • Waspada kata-kata yang menyinggung ras dan agama

  • Seorang mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi swasta membuat status di media sosial dan menyatakan merasa terganggu kumandang takbir pada saat menyambut Idul Adha beberapa waktu yang lalu. Tidak disangka status tersebut tersebar luas di masyarakat, dan dilaporkan warga ke polisi. Mahasiswa ini kemudian ditangkap dan selanjutnya ditetapkan sebagai tersangka karena didukung bukti yang kuat.

  • Dari kasus-kasus hukum tersebut di atas dapat menjadi pembelajaran hidup bagi Anda. Sebagai pedoman umum, usahakanlah setiap tutur kata dan komentar Anda membuat orang lain bersemangat dan ingin mencapai yang lebih baik dari sebelumnya.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Fakta! Curhat bisa membawa seseorang ke penjara

Dunia teknologi yang semakin canggih tapi bila tidak ditunjang dengan kearifan para penggunanya, dapat mencederai kehidupan sosial Anda. Usahakan setiap tutur kata dan komentar Anda membuat orang lain merasa lebih baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr