Cara Bertobat dan Mengubah Sikap Anda

Dibesarkan di Kota Dosa, yang juga dikenal sebagai Las Vegas, saya telah belajar sedikit mengenai cara bertobat.

38,765 views   |   76 shares
  • Dibesarkan di Kota Dosa, yang juga dikenal sebagai Las Vegas, saya telah belajar sedikit mengenai cara bertobat. Definisi standar dari kamus untuk kata bertobat adalah: berpaling dari dosa dan mendedikasikan diri untuk berubah, untuk merasa menyesal atau mengubah pola pikir.

  • Tujuan dari bertobat adalah untuk mengubah perilaku dan merasakan kedamaian yang datang dari diampuni. Melakukan tindakan yang Anda tahu salah dapat membuat Anda merasa malu, dan bingung. Perasaan sedih dan bahkan depresi dapat menyebabkan Anda menarik diri dari keluarga dalam usaha untuk menghindari atau menutupi dosa Anda.

  • Ketika kita bertobat, kita mencari pengampunan dari Allah, dari tetangga kita yang tersinggung dan bahkan anggota keluarga kita. Menerima semua perlakuan baik dari pertobatan, saya merasa selamanya bersyukur kepada orang-orang yang mengulurkan pengampunannya kepada saya atas segala ketidaksempurnaan saya, khususnya keluarga saya sendiri.

  • Dukungan keluarga adalah penting dalam proses pertobatan yang berhasil. Pengingat yang terus-menerus kepada putra atau putri kita, saudara, suami atau istri akan kesalahan masa lalu dapat menggugah kemampuan untuk bertobat dan merasakan pembaruan dari pengampunan. Izinkan anggota keluarga Anda untuk bertobat dengan menawarkan lengan pengampunan. Saya menemukan setidaknya ada tiga langkah dasar yang perlu diambil agar dapat sepenuhnya bertobat: akui kesalahan, mengubah perilaku dan jalani hidup saat ini.

  • Akui kesalahan

  • Setiap agama memiliki perintah dasar, hukum dan tata cara yang harus diikuti agar dapat disebut pengikut kepercayaan itu. Beberapa hukum telah menjadi hukum adat seperti tidak mengambil sesuatu yang bukan milik Anda dan menjadi jujur terhadap sesama.

  • Gunakan waktu bersama keluarga mempelajari kitab suci. Sewaktu Anda belajar mengenai agama, dan berkomitmen untuk mengikuti ajarannya sebagai keluarga. Orang-orang yang Anda kasihi akan mendukung Anda. Berbicaralah dengan jujur dan terbuka kepada orang yang Anda kasihi mengenai kesulitan dan masalah Anda.

  • Terlepas dari kepercayaan atau pandangan politik Anda, satu hal yang kita miliki yang sama adalah dosa terhadap Allah dan manusia. Kita semua membuat kesalahan yang kita berharap dapat kembali dan mengubahnya. Kita semua pernah mengatakan bahwa kita berharap dapat menghapus kesalahan kita.

  • Agar dapat diperbarui dan mengalami kedamaian dari pertobatan akanlah dilalui dengan urutan. Dimulai dengan mengakui kepada diri Anda sendiri kesalahan Anda. Anda mungking ingin membahas kesalahan Anda bersama pemimpin agama Anda. Mereka tidak akan menghakimi Anda. Mereka siap dan bersedia membantu Anda mengatasi tantangan kehidupan. Mereka hanya berkeinginan untuk membantu Anda berdiri bersama Allah. Jangan takut untuk mengakui dan meninggalkan dosa Anda.

  • Advertisement
  • Mengubah perilaku

  • Kita semua telah mendengar "manusia tidak dapat berubah". Sayangnya, kutipan itu terus didengungkan dari generasi ke generasi dan sebernarnya itu salah. Kita semua dapat mengalami perubahan hati. Kita semua dapat diperbarui secara rohani dan menjadi pribadi yang baru. Untuk menyatakan bahwa seseorang tidak dapat berubah sama dengan menyatakan bahwa pertobatan itu tidak mungkin. Saya bersaksi akan hal ini, karena saya telah mengalami suatu perubahan hati yang besar dan petunjuk dalam hidup saya.

  • Saya mengingat masa sekolah dulu, ketika saya berpikir, "sepertiya akan hidup di bawah jembatan" dan "sepertinya akan bekerja di penjaja makanan". Satu kritik yang membangun dari guru sekolah segera setelah lulus SMA adalah "Anda terlihat tepat seperti yang saya harapkan dari Anda". Saat itu saya mengenakan celana pendek, sandal jepit, dan kaos oblong. Rambut saya panjang dan bertato. Melihat ke belakang, saya mungkin seperti orang dari masa 60-an. Perkataan guru saya seperti menampar saya. Apa yang sesungguhnya saya dengar adalah, "Ya! Saya pikir kamu tak berguna dan membuang-buang oksigen saya. Mengapa kamu tidak melakukan sesuatu dengan kehidupan hippiemu."

  • Saya perlahan memulai proses mengubah perilaku saya. Saya ingin berubah. Saya mulai menghadiri pertemuan gereja setempat dan menggunakan waktu saya untuk belajar dan menghafalkan tulisan suci dan tulisan-tulisan rohani lainnya. Setahun setelah menjadi anggota yang aktif, saya dipanggil untuk melayani sebagai misionaris Gereja, dan setelah itu saya memotong rambut saya.

  • Jalani hidup saat ini

  • Tidak peduli apa yang terjadi di masa lalu Anda, ketahuilah bahwa Anda tidak tersesat terlalu jauh. Allah mengasihi Anda dan lengan-Nya akan selamanya terulur, dijulurkan untuk membawa Anda kembali. Pikirkan bahwa setiap kali matahari terbit adalah dimulainya hidup yang baru. Jalanilah hidup saat ini, jangan memikirkan masa lalu dan apa yang telah terjadi. Lakukan segala yang dapat Anda lakukan saat ini untuk menjalani hidup yang Anda inginkan dengan bahagia. Jangan khawatir terhadapat masa depan yang tidak pasti. Bertobatlah sekarang, katakan kepada keluarga Anda bahwa Anda mengasihi mereka, matikan TV, komputer dan habiskan waktu bersama mereka.

  • Ketika matahari terbenam, rebahkan kepala Anda di atas bantal, pikirkan akhir dari kehidupan lama Anda. Pikirkan tentang jika Anda bertemu Pencipta Anda sebelum tidur. Apakah Anda memiliki penyesalan? Selesaikan dengan bangun dengan tekad yang diperbarui untuk menjalani hidup saat ini.

  • Advertisement
  • Jangan biarkan ketakutan menghalangi Anda dari berubah. Jika Anda merasa tidak cukup kuat untuk melakukannya sendirian, pilihlah figur teladan yang dapat Anda ikuti sampai Anda dapat berdiri sendiri. Saya berjanji bahwa sewaktu Anda mengakui kesalahan dan mengubah perilaku dan menjalani hidup saat ini, rasa percaya diri Anda akan meningkat, kehidupan keluarga Anda akan diperkaya dan Anda akan merasa kedamaian yang melimpah dan sukacita di dalam kehidupan dan rumah Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "How to repent and change your behavior" karya Dustin A. Wiggins.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Dustin Wiggins is an optimist and entrepreneur. He owns Camistin Publishing, loves to learn and will often write about life lessons on his blog at www.LessonsOfWisdom.com. Follow him on twitter @_DustinWiggins or email him at wigginsda@camistin.com.

Cara Bertobat dan Mengubah Sikap Anda

Dibesarkan di Kota Dosa, yang juga dikenal sebagai Las Vegas, saya telah belajar sedikit mengenai cara bertobat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr