Minum air mineral secara berlebihan malah berakibat buruk bagi kesehatan tubuh?

Demi mendapatkan tubuh yang segar dan bugar, sering-seringlah mengonsumsi air mineral. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, apakah akan memberi dampak buruk?

84,916 views   |   113 shares
  • Manusia memiliki kandungan air sebanyak 80% di dalam tubuh, dan membutuhkan delapan gelas atau 1,5 sampai 2 liter air setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Tetapi penelitian menemukan ada beberapa dampak buruk bagi tubuh jika Anda mengonsumsi air mineral secara berlebihan, salah satunya adalah kematian.

  • 1. Minum air putih yang berlebihan menyebabkan hiponataermia

  • Hiponataermia adalah kekurangan kadar garam (natrium) dalam darah yang dapat merusak komposisi darah, sehingga mempengaruhi peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan masalah fungi potensial, fungsi otak dan ginjal.

  • Lebih parah lagi, hiponatraemia ialah intoksikasi air, yaitu ketika keseimbangan elektrolit yang sebelumnya normal menjadi tersebar tanpa kendali, yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan sel-sel tubuh terutama otak. Otak dilindungi tulang tengkorak yang sudah pasti tidak dapat mengembang seperti organ lain, maka apabila otak menerima kadar air dengan volume yang terlalu banyak, sel-sel otak akan rusak. Tak hanya itu, hal ini dapat mengakibatkan kejang dan sakit kepala yang luar biasa. Ini sama saja dengan gegar otak yang dapat berakibat kematian.

  • 2. Menyebabkan kinerja organ ginjal tidak optimal

  • Ginjal akan bekerja sangat keras dalam proses penyaringan. Organ ginjal memiliki batas untuk menyaring air dan mengirimkannya ke seluruh organ tubuh. Jika ginjal menerima air di luar kapasitasnya, proses filtrasi tidak akan normal, sehingga organ tubuh lain akan terganggu dengan kandungan air yang bukan porsinya.

  • Bagaimana aturan mengonsumsi air minum yang sehat?

    1. Janganlah mengonsumsi air mineral secara berlebihan. Aturan dari para peneliti adalah minum sebanyak 0,03 ltr/kg berat badan, sekitar 1,5 ltr jika berat badan Anda 50 kg.

    2. Mengonsumsi 2 ltr air per hari bukan berarti harus menenggak air sebanyak itu. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, seperti buah, sayuran, ataupun minuman seperti susu dan lain sebagainya.

    3. Minumlah air mineral secara berkala seperti 1 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas sebelum makan, dan 1 gelas sebelum tidur.

    4. Penderita penyakit ginjal harus lebih membatasi konsumsi air mineral, karena dapat memperberat kinerja ginjal. Jika tidak diperhatikan, kondisi ginjal bisa semakin parah.

    5. Jumlah air yang harus dikonsumsi juga dipengaruhi oleh banyak hal, seperti aktivitas fisik, kondisi cuaca, diet, ataupun jenis kelamin. Maka minumlah sesuai kebutuhan atau pada saat Anda merasa haus, karena itu adalah indikator terbaik dalam mengatur kebutuhan air Anda. Indikator lain adalah air seni Anda. Apabila airnya bening, maka Anda sudah cukup memenuhi kebutuhan minum dalam sehari, sedangkan air yang berwarna kuning atau keruh berarti Anda masih belum memenuhi kebutuhan air pada hari itu.

  • Advertisement
  • Jadi, Anda tidak harus minum secara berlebihan demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, karena dampaknya bisa saja tidak seperti yang Anda bayangkan. Demi mendapatkan tubuh yang segar dan bugar, minumlah secara cukup dan perhatikan indikator kebutuhan minum setiap harinya. Pola makan dan minum yang sehat dan teratur juga menentukan kesehatan tubuh.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Minum air mineral secara berlebihan malah berakibat buruk bagi kesehatan tubuh?

Demi mendapatkan tubuh yang segar dan bugar, sering-seringlah mengonsumsi air mineral. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, apakah akan memberi dampak buruk?
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr