Senantiasalah waspada, karena keluarga selalu menanti kepulangan kita ke rumah

Berhati-hati dan waspadalah di mana pun kita berada. Karena begitu banyak motif kejahatan yang mengancam kita di luar rumah, maka adalah mutlak untuk selalu punya kiat dalam mengantisipasinya. Supaya kita tenang, keluarga di rumah pun tenang.

1,763 views   |   1 shares
  • Akhir-akhir ini semakin marak diberitakan kasus kejahatan di jalanan dan di tempat-tempat umum. Parahnya, pelaku tidak segan-segan melukai korban, bahkan sampai mengancam nyawa seseorang. Tidak sedikit pelaku kejahatan sudah ditangkap oleh pihak berwajib, namun semakin hari jumlah pelakunya tidak menurun juga. Mereka merajalela dan modusnya juga beraneka ragam. Padahal Undang-Undang dan sanksinya sudah jelas dan sangat tegas, namun hal tersebut tidak membuat para pelaku takut dan jera. Ikuti beberapa tips di bawah ini untuk menghindari diri dari tindak kejahatan.

  • 1. Memberikan Alarm pada sepeda motor

  • Banyak kasus pencurian sepeda motor terjadi di kantor, di kos-kosan sampai di rumah sendiri. Jangan sampai hal tersebut terjadi kepada Anda. Untuk itu, pasanglah alarm pada sepeda motor untuk mengantisipasi tindak kejahatan.

  • 2.Memasang alat pengaman ganda pada kendaraan bermotor

  • Para pelaku kriminal semakin cerdik dalam melakukan tindak kejahatan. Walaupun para korban sudah mengunci setir sepeda motornya, pelaku dapat dengan mudah membukanya. Triknya bermacam-macam, seperti merusak kunci dengan memakai kunci letter T (alat tersebut biasanya digunakan oleh para pelaku pencurian motor). Jika Anda sayang dengan kendaraan Anda, sebaiknya memasang gembok dan tempatkan pada cakram sepeda motor Anda. Cara ini akan sedikit mempersulit para pelaku kejahatan.

  • 3. Menyalakan lampu dan klakson jika melewati jalan yang sepi

  • Banyak kasus kejahatan yang terjadi di jalanan sepi dan umumnya aksi kejahatan dilakukan pada malam hari. Bagi Anda yang bekerja menggunakan kendaraan bermotor yang sering melewati jalanan yang sepi saat pulang larut malam, jangan melaju terlalu pelan. Usahakan sedikit mempercepat laju kendaraan Anda. Dan jangan berkendara sendirian, sebaiknya berboncengan atau beriring-iringan dengan pengendara yang lain. Nyalakan lampu kendaraan dengan maksimal dan juga bunyikan klakson pada saat tertentu.

  • 4. Jangan menggunakan perhiasan yang mencolok saat berkendara

  • Para pelaku kejahatan tidak segan-segan merampas perhiasaan yang mencolok dengan paksa, bahkan mereka tidak segan melukai para korbannya. Maka, ketika berkendara, sebaiknya tidak mengenakan perhiasan secara berlebihan dan mencolok. Pakailah perhiasan sewajarnya agar tidak mengundang tindak kejahatan di jalan.

  • 5. Memarkir kendaraan bermotor di tempat yang resmi dan aman

  • Sekarang ini banyak tempat parkir liar di mana-mana, bahkan bahu jalan pun dijadikan tempat parkir. Berhati-hatilah, karena tindakan kriminal sering terjadi di tempat-tempat ilegal seperti ini. Jika kendaraan bermotor diparkir di tempat parkir liar, sudah bisa dipastikan para juru parkir tidak akan bertanggung jawab dan tidak mau memberikan ganti rugi jika ada kehilangan karena Anda tidak memiliki karcis yang sah. Berbeda cerita jika Anda memarkir kendaraan di tempat yang legal, kendaraan akan lebih aman.

  • Advertisement
  • Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah cara menyimpan helm. Jangan meletakkannya di atas sepeda motor tanpa tali pengait. Sebaiknya, kaitkan helm Anda pada jok sepeda motor. Lebih amannya lagi, titipkan helm pada pos satpam atau tempat penitipan helm yang tersedia.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Senantiasalah waspada, karena keluarga selalu menanti kepulangan kita ke rumah

Berhati-hati dan waspadalah di mana pun kita berada. Karena begitu banyak motif kejahatan yang mengancam kita di luar rumah, maka adalah mutlak untuk selalu punya kiat dalam mengantisipasinya. Supaya kita tenang, keluarga di rumah pun tenang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr