Masih belum yakin untuk menikah?

Anda sudah lama berencana untuk segera melamar pujaan hati? Tetapi entah kenapa masih belum kunjung merasa yakin kapan waktu yang tepat. Ada apa sebenarnya?

9,565 views   |   4 shares
  • Anda sudah lama merencanakan akan melamar pujaan hati Anda tetapi Anda masih belum yakin kapan saat yang tepat. Anda masih ragu apakah Anda sudah siap untuk berumah tangga. Sebenarnya, apa saja faktor yang harus Anda pertimbangkan?

  • 1. Usia

  • Bila Anda dan pasangan belum berumur 20 tahun, sebaiknya Anda menunda lamaran. Bersabarlah dulu, dan manfaatkan waktu untuk lebih mengenal pribadi masing-masing. Di usia yang belia, Anda dan pasangan mungkin masih ingin menikmati banyak hal. Misal, Anda dapat menyelesaikan pendidikan di perguruan tingg atau meniti karier. Bersabarlah, karena kesabaran juga merupakan salah satu faktor yang menunjang keharmonisan rumah tangga. Persiapkan diri lebih baik lagi untuk meniti rumah tangga.

  • 2. Harta

  • Ini bukan alasan untuk menunda pernikahan, asalkan kedua pihak rela bekerja keras demi menunjang rumah tangga. Tetapi, jika Anda ingin berjuang lebih dulu untuk mendapatkan finansial yang lebih baik, tak ada salahnya juga. Misal, salah satu pihak sedang menyelesaikan studi dan sulit untuk bekerja sambil belajar. Tidak ada salahnya menunda pernikahan untuk belajar karena berpendidikan tinggi memungkinkan Anda berpenghasilan lebih besar, dan dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan lebih baik nantinya.

  • 3. Keberatan orang tua

  • Memang sekarang bukan lagi jaman Siti Nurbaya, tetapi pendapat orang tua adalah demi kebaikan anaknya. Bila orang tua memiliki alasan kuat dan bukan sekadar sentimen pribadi, ada baiknya menunda dulu pernikahan.Tetapi tentu saja penundaan ini juga harus mempunyai jangka waktu dan perlu dikomunikasikan untuk mencari jalan keluarnya.

  • 4. Ragu

  • Kadang kita mempunyai terlalu banyak pertimbangan sehingga ragu menentukan langkah. Bila rasa ragu ini memiliki dasar yang kuat dan bukan hanya karena rasa takut berumah tangga, sebaiknya kita mencari cara untuk mengatasinya. Apakah kita memerlukan waktu lebih banyak untuk saling mengenal agar yakin bahwa dia adalah pasangan hidup yang tepat, atau diperlukan doa untuk mencari bimbingan Yang Maha Kuasa.

  • 5. Sering bertikai

  • Orang mengatakan bahwa pertikaian membuat hubungan lebih kokoh. Tetapi sejauh mana Anda mau hidup bersama dengan pasangan yang selalu tidak sependapat? Bila tidak ada yang mau mengalah, berarti keduanya sama-sama keras kepala. Hal ini membuat hubungan rumah tangga kurang harmonis nantinya. Tetapi bila hanya ada satu pihak yang selalu mengalah, itu pun kurang sehat. Suatu waktu nanti pihak yang selalu mengalah akan merasa dijajah dan diinjak-injak. Jika tidak dicari jalan tengah, pihak yang merasa dijajah akan berontak dan mencari jalan keluar sendiri.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Masih belum yakin untuk menikah?

Anda sudah lama berencana untuk segera melamar pujaan hati? Tetapi entah kenapa masih belum kunjung merasa yakin kapan waktu yang tepat. Ada apa sebenarnya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr