Seberapa penting anak mengunjungi perpustakaan atau toko buku?

Sering mengunjungi perpustakaan atau bahkan toko buku dapat memberikan banyak manfaat positif untuk perkembangan otak anak. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan wajib Anda dan si kecil.

1,900 views   |   1 shares
  • Dewasa ini anak-anak lebih suka bermain internet ketimbang disuruh membaca buku. Keberadaan internet banyak membuat anak-anak zaman sekarang menjadi kurang tanggap untuk belajar dengan mengunakan buku-buku. Mungkin banyak orang berpendapat segalanya begitu mudah diperoleh melalui internet. Apakah Anda penah berpikir manfaat positif bagi perkembangan anak jika anak sering membaca buku secara langsung? Sudahkah Anda memanfaatkan perpustakaan atau bahkan toko buku untuk menarik minat Anak membaca? Berikut penjelasannya.

  • Membantu meningkatkan imajinasi

  • Dalam pertumbuhan usia dini, anak memiliki imajinasi yang sangat luas. Dengan sering mengajak anak ke perpustakaan atau bahkan toko buku, akan sangat membantu si kecil meningkatkan imajinasinya. Di toko buku atau perpustakaan, anak akan menemukan berbagai macam buku dalam segala bentuk yang baru dilihatnya juga warna-warnanya. Undang anak untuk bertanya apa yang dilihatnya. Pastikan Anda menjawabnya semampu Anda.

  • Mendapatkan banyak ilmu

  • Banyak orang tua berpikir, belajar hanya bisa anak dapatkan ketika anak menerima pendidikan di sekolah. Sebenarnya pernyataan ini ada benarnya, namun tidak ada salahnya sebagai orang tua Anda juga memberikan anak kesempatan belajar di mana saja dan kapan saja, seperti di toko buku atau sebuah perpustakaan. Dengan memperkenalkan anak pada perpustakaan, secara tidak langsung kita memperkenalkan anak dengan ilmu. Jika anak Anda belum bersekolah, sangat dianjurkan bagi Anda untuk sering mengajak anak mengunjungi perpustakaan atau toko buku.

  • Memberikan banyak sumber inspirasi

  • Dengan mengajak anak berkunjung ke perpustakaan atau toko buku, anak akan menemukan banyak hal-hal baru yang dapat memberinya inspirasi. Misalnya ketika Anda meperlihatkan si kecil sebuah buku tentang macam-macam pekerjaan seperti dokter, guru, pemadam kebakaran, pengusaha, dan sebagainya, anak akan terinspirasi akan cita-citanya di masa depan. Atau ketika Anda memperlihatkan anak cerita-cerita yang mendidik seperti seorang anak kecil membantu ibunya membersihkan rumah, anak juga dapat terinspirasi melakukan hal yang sama. Anak perlu belajar tentang teladan atau moral di balik apa yang dibacanya.

  • Menjadi mandiri

  • Ketika anak sering mengunjungi perpustakaan atau toko buku, anak akan terbiasa terlepas dari orang tuanya dalam arti mereka lebih terdorong untuk mencari imajinasi, ilmu atau inspirasi dengan sendirinya tanpa perlu dorongan dari orang tua. Anak menjadi lebih mandiri dalam mencari pengetahuin untuk dirinya sendiri. Peran orang tua dalam hal ini hanyalah perlu mengawasi anak dari jauh, namun biarkanlah dia mengembangkan pengetahuannya sendiri. Ketika dia tidak tahu tentang sesuatu dan bertanya kepada Anda, barulah Anda menjawab dan menjelaskannya.

  • Advertisement
  • Sering mengunjungi perpustakaan atau bahkan toko buku dapat memberikan banyak manfaat positif untuk perkembangan otak anak. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan wajib Anda dan si kecil.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Seberapa penting anak mengunjungi perpustakaan atau toko buku?

Sering mengunjungi perpustakaan atau bahkan toko buku dapat memberikan banyak manfaat positif untuk perkembangan otak anak. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan wajib Anda dan si kecil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr