Tips meredakan kecemasan saat hamil

Tidak semua calon ibu menikmati masa kehamilan mereka dengan gembira. Banyak dari mereka mengatakan bahwa masa kehamilan merupakan masa yang membuat mereka stres dan tertekan.

5,741 views   |   9 shares
  • Menjadi seorang ibu menjadi dambaan setiap wanita yang telah berumah tangga. Hadirnya sang buah hati akan menambah suasana yang baru dalam keluarga. Namun, untuk menjadi seorang ibu ada prosesnya, yaitu kehamilan. Ada yang memulai masa kehamilannya dengan rasa mual, pusing, perasaan dan tubuh yang tidak enak, cepat lelah dan ketidaknyaman lainnya. Bila Anda bahagia saat hamil, sang janin akan memperoleh aura positif dari Anda. Sebaliknya bila perasaan Anda diliputi ketakutan dan kecemasan, sang bayi pun memperoleh aura negatif dari ibunya. Berikut adalah tips meredakan kecemasan saat hamil:

  • 1. Istirahat yang cukup

  • Ibu hamil akan lebih mudah mengalami kelelahan serta stres. Jika Anda sudah merasa lelah, segeralah untuk pergi beristirahat dan tidur. Dengan tidur, ibu akan mengistirahatkan pikiran sehingga dapat mengurangi rasa stres yang sebelumnya mengganggu. Selain itu tubuh ibu akan lebih segar ketika bangun. Dampak positifnya akan tertransfer pada janin dalam kandungan.

  • 2.Curhat

  • Mengobrol dan berbagi rasa yang menghantui pikiran saat hamil akan sangat membantu mengurangi beban pikiran yang gelisah dan cemas. Anda bisa berbagi rasa itu kepada suami, orang tua, saudara atau teman terdekat Anda. Ada baiknya Anda berbagi cerita kepada sesama ibu hamil atau ibu yang sudah pernah melewati masa kehamilan. Karena mereka akan lebih memahami dan tahu rasanya menjadi ibu hamil, mereka bisa memberikan solusi atau sekedar berbagi pengalaman ketika mereka hamil sampai pengalaman ketika melewati proses persalinan.

  • 3.Olahraga ringan

  • Renang, senam hamil, yoga dan lari-lari kecil bisa menjadi contoh olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil. Olahraga-olahraga tersebut sangat baik dilakukan secara rutin (fleksibel dengan kondisi ibu). Manfaatnya sangat banyak, selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, ternyata dapat menghilangkan kecemasan dan stres yang berlebihan. Olahraga ringan ini juga dapat menguatkan otot-otot pada tubuh ibu yang diperlukan pada saat proses persalinan, sehingga ibu lebih siap dan kuat melewati proses persalinan tersebut.

  • 4.Refresing

  • Pada masa kehamilan ibu hamil akan banyak menghabiskan waktu di rumah atau di kantor. Kepenatan tentu mempengaruhi kecemasan ibu. Tidak ada salahnya, jika ibu hamil meluangkan waktu sesekali untuk pergi ke tempat-tempat hiburan bersama suami, keluarga atau teman-teman terdekatnya. Tetapi ingat, jangan lupa waktu karena akan membuat Anda kelelahan.

  • 5.Relaksasi dan terapi

  • Advertisement
  • Hormon stres yang dirasakan ibu hamil seperti cemas yang berlebihan dapat masuk ke dalam plasenta. Bayi bisa merasakannya. Ketenangan hati dan pikiran ibu yang positif dapat membantu tumbuh kembang janin yang sehat. Cobalah relaksasi sejenak untuk mendapatkan pikiran yang rileks. Anda bisa melakukannya dengan cara menarik nafas panjang secara perlahan-lahan, tahan sebentar kemudian hembuskan kembali perlahan. Anda juga bisa mencoba terapi pemijatan untuk ibu hamil.

  • 6.Berdoa

  • Berdoalah meminta kekuatan dan kemampuan dalam melewati masa kehamilan tanpa harus diliputi rasa cemas dan khawatir.

  • Buang semua kecemasan yang Anda alami, gantikan rasa cemas tersebut dengan berpikir akan hadirnya bayi Anda yang sehat, sempurna dan lucu. Selamat menikmati kehamilan!

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Tips meredakan kecemasan saat hamil

Tidak semua calon ibu menikmati masa kehamilan mereka dengan gembira. Banyak dari mereka mengatakan bahwa masa kehamilan merupakan masa yang membuat mereka stres dan tertekan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr