Cara Membantu Anak Makan Sehat

Anak-anak dan pilihan makanan mereka bisa menyulitkan. Sebagai orang tua, bagaimana Anda tahu jika mereka cukup makan hidangan sehat? Bagaimana Anda mengajarkan mereka untuk makan sehat?

579 views   |   shares
  • Orang tua mana yang tidak ingin memiliki kunci ke konsentrasi, kinerja dalam mengerjakan ujian, masalah perilaku, dan keterlambatan anak mereka? Nutrisi memainkan peran penting dalam semua area ini, tetapi sewaktu seorang anak bertumbuh, sulit untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan. Seringkali orang tua bertanya-tanya bagaimana mereka dapat membantu anak mereka tetap sehat dan mendapatkan nutrisi tepat. Alih-alih membatasi jumlah kalori sebagai cara untuk menjadi sehat, berfokuslah pada pilihan nutrisi dan makanan yang utuh dan menyehatkan. Berfokus pada pilihan makanan ini ketika merencanakan hidangan dengan memilih gandum utuh, buah segar, dan sayuran. Pilihlah daging tanpa lemak. Rebus atau panggang daging alih-alih menggorengnya. Ingatlah bahwa telur dan kacang-kacangan juga merupakan sumber protein yang baik.

  • Pastikan Anda menghidangkan 5 porsi buah-buahan dan sayuran sepanjang hari. Berikan anak-anak air atau susu alih-alih minuman manis atau soda yang penuh gula tetapi tanpa kalori. Biarkan anak-anak memilih makanan, merencanakan hidangan, dan memasak. Anak-anak yang berpartisipasi dalam menyiapkan hidangan cenderung suka memakannya dan menikmatinya. Makan teratur adalah penting, dan hidangan yang dimakan bersama anggota keluarga cenderung lebih bergizi.

  • Terlepas dari upaya Anda, anak Anda mungkin masih tidak ingin makan sehat. Anak-anak mungkin perlu diperkenalkan ke suatu jenis makanan beberapa kali sebelum dia mau mencicipinya. Setelah dia mencicipinya, mungkin akan beberapa kali sebelum dia menyukainya. Namun, jangan memaksa anak Anda untuk mencoba makanan; teruslah menawarkan berbagai pilihan makanan. Hindari berebut makanan. Anak-anak cenderung tidak mau makan sehat jika mereka berebut makanan. Jangan gunakan makanan untuk sebagai hadiah atau hukuman kepada anak, dan pastikan anak Anda lapar.

  • Camilan juga memainkan peran dalam nutrisi anak. Camilan harus dibatasi agar tidak mengganggu hidangan bergizi. Ingatlah, jika itu tersedia anak akan memakannya. Jenis camilan sehat yang dapat dihidangkan adalah yogurt rendah lemak, buah segar, kacang-kacangan, keju rendah lemak, pretzel, sayuran segar, dan buah-buahan kering. Jika camilan anak mengganggu hidangannya, maka itu harus diganti atau dihilangkan. Ingatlah, anak akan makan hidangan bernutrisi jadi tidak apa-apa jika mereka tidak diberi camilan.

  • Sebagai orang tua, kita tidak hanya bertanggung jawab atas nutrisi tetapi untuk mengatasi masalah nutrisi bagi anak-anak kita. Berikut adalah beberapa tips.

  • Advertisement
    • Batasi makanan cepat saji atau instan; gunakan makanan segar atau yang dibuat dari nol.

    • Bawa bekal makan siang jika anak Anda tidak memilih makan sehat di sekolah.

    • Potong buah dan sayuran dan tempatkan dalam wadah.

    • Pastikan ada air dingin dalam kulkas.

  • Salah satu faktor terpenting dalam upaya kita untuk nutrisi baik adalah teladan. Anak Anda akan makan seperti Anda, jadi pastikan kebiasaan makan Anda mencerminkan pentingnya nutrisi dalam kehidupan Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "How to help your child eat healthy" karya Michelle Schultz.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

I am the mother of two children who are in high school and elementary school. I enjoy sports and outdoor activities. I enjoy traveling and sharing new adventures with my children and currently reside in Eagle Mountain, Utah.

Cara Membantu Anak Makan Sehat

Anak-anak dan pilihan makanan mereka bisa menyulitkan. Sebagai orang tua, bagaimana Anda tahu jika mereka cukup makan hidangan sehat? Bagaimana Anda mengajarkan mereka untuk makan sehat?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr