Apakah kehadiran adik dapat mengurangi sifat egois pada anak?

Kedatangan seorang adik bukanlah hal yang harus ditakutkan orang tua untuk anak pertama, karena anak akan dapat bersosialisasi dengan baik ketika ia mulai tidak mementingkan diri sendiri di dalam lingkup keluarganya.

1,632 views   |   0 shares
  • Kehadiran anak pertama selalu dinanti-nanti para calon ayah dan ibu, dan pasti seluruh kasih sayang akan tercurah seluruhnya kepada si sulung. Segala yang dibutuhkan si sulung akan dipenuhi tanpa terbagi. Tetapi jangan sampai kebiasaan ini terbawa sampai si sulung dewasa, karena akan berpengaruh terhadap kepribadiannya, terutama dalam hal mementingkan diri sendiri.

  • Untuk mengantisipasi agar anak tidak terlalu individualistis, ada baiknya memberinya seorang adik. Kedatangan seorang adik sangat berpengaruh terhadap perubahan sikap sang kakak kelak. Sikap apa saja yang akan muncul ketika si sulung mendapatkan seorang adik?

  • 1. Tanggung jawab

  • Rasa tanggung jawab terhadap adik akan muncul secara alamiah karena rasa sayang dan cinta terhadap saudaranya, dengan arahan dari orang tua, tentunya. Contoh, seorang kakak dapat menjaga adiknya yang masih bayi ketika ibunya sedang sibuk mengurus pekerjaan rumah. Hal ini menunjukkan adanya sikap tanggung jawab terhadap saudaranya.

  • 2. Peduli

  • Sifat ini sangat penting dalam kehidupannya kelak. Contoh, pada saat kakak dan adik sedang makan bersama ternyata si kakak melihat sendok yang dipakai si adik jatuh dan kotor. Si kakak segera mengambil sendok dan membersihkannya lalu memberikannya kepada si adik. Inilah yang disebut dengan peduli terhadap adik, dan sikap ini mungkin akan terus terbawa saat berinteraksi dengan orang lain ketika ia dewasa.

  • 3. Berbagi

  • Kehadiran seorang adik membuat anak bisa berbagi. Contoh, mungkin sebelum memiliki adik, si anak selalu menghabiskan kue sendiri, berapa pun banyaknya yang diberikan. Tetapi kini ia selalu membagi makanannya kepada adiknya bahkan mungkin akan memberikan makanan yang ia sukai kepada adiknya.

  • 4. Melindungi

  • Rasa cinta dan sayang terhadap seseorang sudah pasti akan menumbuhkan keinginan melindungi. Begitu juga seorang kakak tentu ingin melindungi adik dari hal-hal yang membahayakan. Contoh, adik sedang bermain di suatu ruangan bersama kakaknya, tanpa disadari adik memegang korek api lalu si kakak segera memperingati agar adik meletakkannya, dan si kakak menjauhkan korek api dari adiknya.

  • 5. Menghargai orang lain

  • Hal ini sangat sulit untuk dibentuk jika orang tua kurang sabar mendidiknya. Anak tidak secepat itu dapat menerima kenyataan bahwa dia harus menerima kenyataan yang ada, yang belum tentu sesuai yang dia harapkan. Kedatangan seorang adik membuatnya harus berusaha menerima perubahan itu. Untuk para orang tua, berusahalah selalu memberikan arahan, dan membesarkan hatinya. Beri tahu bahwa kakak harus memahami perasaan saudara kecilnya. Maka dari itu anak akan saling menghargai terhadap satu sama lain atas bantuan orang tuanya.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Apakah kehadiran adik dapat mengurangi sifat egois pada anak?

Kedatangan seorang adik bukanlah hal yang harus ditakutkan orang tua untuk anak pertama, karena anak akan dapat bersosialisasi dengan baik ketika ia mulai tidak mementingkan diri sendiri di dalam lingkup keluarganya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr