Apakah kebersamaan saja cukup untuk terciptanya keharmonisan?

Kehidupan keluarga yang bahagia dan harmonis akan membuat anggota keluarga tidak berkeinginan untuk mencari kesenangan di luar. Dan hidup terasa menjadi sempurna bila ada kasih dalam keluarga.

4,203 views   |   1 shares
  • Sungguh indah suasana dalam keluarga. Bila kasih bersemi dalam keluarga, ada damai sentosa, senyum di mana-mana. Waktu terasa berlalu dengan cepat bila ada kasih dan perhatian dari orang tua. Kehidupan keluarga yang bahagia dan harmonis akan membuat anggota keluarga tidak berkeinginan untuk mencari kesenangan di luar. Dan hidup terasa menjadi sempurna bila ada kasih dalam keluarga. Kebahagiaan dalam keluarga adalah idaman setiap orang tapi perjuangan untuk menjadi bahagia adalah pilihan yang harus dilalui bersama di dalam keluarga agar menjadi harmonis.

  • 1.Milikilah malam keluarga

  • Hari-hari akan terasa indah dan berkesan dalam hati setiap orang dalam keluarga dengan adanya kebersamaan dan hubungan baik yang terjalin di antara anggota keluarga. Orang tua dan anak-anak menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam menciptakan keharmonisan yang didambakan. Pengalaman seorang wanita Rini saat dia berumur 7 tahun ayah dan ibunya sering mengadakan malam keluarga pada setiap hari Senin malam. Dia ingat ayahnya sering memberikan kesempatan padanya untuk bernyanyi bagi keluarganya. Suasananya begitu akrab, saling membagi perhatian dan penuh kasih sayang yang terjadi antara mereka. Sekarang saat dia sudah tumbuh dewasa pengalaman tersebut tetap membekas dalam jiwanya betapa bahagianya saat itu. Dia bertekad dan mempunyai impian bahwa suatu saat bila sudah berkeluarga dia ingin menikmati malam keluarga sendiri bersama suami dan anak-anaknya.

  • 2.Menghilangkan rasa jenuh

  • Kehidupan yang penuh dengan rutinitas tentunya akan menimbulkan kejenuhan dan seringkali menggangu suasana hati yang tenteram. Sebelum ini terjadi Anda harus bisa mengantisipasi dan menyiasatinya dengan baik. Dengan menyediakan waktu di akhir pekan untuk bercengkerama dengan anggota keluarga merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan rasa jenuh dan rasa lelah yang timbul karena bekerja.

  • 3.Memberikan kesegaran jiwa

  • Dengan kebiasaan menghabiskan waktu luang yang ada untuk berkumpul bersama keluarga bukan hanya akan memberikan kesegaran pada hati dan pikiran tetapi juga dapat menimbulkan rasa peduli dan bertambahnya rasa kasih sayang di antara anggota keluarga.

  • 4.Membangun keakraban

  • Menciptakan rasa kebersamaan sewaktu liburan bersama. Kebersamaan dapat menciptakan keharmonisan dalam keluarga. Karena untuk memperoleh rasa bahagia sebenarnya tidak terlalu sulit asal Anda mau menyediakan waktu dan membaginya dengan anggota keluarga di berbagai kesempatan.

  • Advertisement
  • 5.Menciptakan keluarga harmonis

  • Di masa-masa pacaran, kedua insan yang sedang mabuk asmara biasanya hanya terbayang kehidupan yang harmonis setelah mereka memasuki mahligai rumah tangga. Karena hanya ada satu harapan yaitu "pasti" harmonis, para pasangan baru tidak siap ketika kenyataan adalah sebaliknya. Merupakan anggapan yang salah bahwa keharmonisan rumah tangga adalah sesuatu yang alami yang akan terjadi di dalam sebuah pernikahan. Bagi mereka yang sudah menjalani biduk rumah tangga selama beberapa waktu tahu keharmonisan adalah sebuah perjuangan untuk menyatukan pribadi-pribadi yang berbeda. Dengan saling pengertian, memahami dan mau berjuang untuk suatu perubahan, niscaya keharmonisan dapat dicapai dalam hubungan keluarga.

  • Jadi perlu diketahui selain kebersamaan dalam keluarga perlu diimbangi juga dengan sikap-sikap bajik dari setiap anggota keluarga yang akan menunjang terciptanya suatu keluarga yang harmonis.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Apakah kebersamaan saja cukup untuk terciptanya keharmonisan?

Kehidupan keluarga yang bahagia dan harmonis akan membuat anggota keluarga tidak berkeinginan untuk mencari kesenangan di luar. Dan hidup terasa menjadi sempurna bila ada kasih dalam keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr