Mengapa Kita Perlu Mengajar Anak-anak Kita Berdoa

Mengapa kita perlu mengajar anak-anak kita berdoa

4,707 views   |   3 shares
  • Ada banyak hal yang menakutkan terjadi di dunia ini yang dapat menjadikan anak takut. Kita dapat melindungi mereka dari warta berita yang kita tonton di rumah, tetapi kita tidak dapat melindungi mereka untuk mengetahui setidak-tidaknya beberapa hal menakutkan yang sedang terjadi. Beberapa dari hal tersebut terjadi di sekolah-sekolah. Beberapa tidak jauh dari rumah kita atau malah di sebelah rumah kita.

  • Bagi para orang tua yang percaya kepada Tuhan, doa dapat merupakan pertolongan yang besar bagi anak-anak selama waktu-waktu yang menakutkan. Anak-anak yang diajar tentang seorang Tuhan yang Pengasih yang peduli kepada mereka mendapatkan penghiburan yang besar dengan berdoa kepada Dia.

  • Stephen R. Covey mengajarkan, “Sebagai orang tua kita yakin bahwa tidak ada satu kegiatan apa pun yang memiliki pengaruh yang menentukan pada seluruh kehidupan sebagaimana halnya dengan doa yang efektif.”

  • Doa tidak perlu bermuluk-muluk. Richard G. Scott berkata, “Jangan kuatir akan ungkapan perasaan yang tidak indah. Bicaralah kepada Tuhan yang berbelaskasihan serta penuh pengertian. Anda adalah umat-Nya yang berharga yang dikasihi-Nya dengan sempurna serta ingin membantu Anda. Sewaktu Anda berdoa, ketahui bahwa Tuhan itu dekat dan Dia sedang mendengarkan.”

  • Hal-Hal yang Didoakan

  • Perlindungan

  • Ketika sesuatu yang buruk terjadi kepada orang lain, anak-anak menjadi takut hal tersebut mungkin terjadi kepada mereka. Doa sebelum tidur dapat memberi anak-anak penghiburan. Apa yag perlu mereka katakan adalah, “Mohon lindungi saya.” Mereka bisa dapat lebih terperinci jika mereka kuatir akan suatu kejadian tertentu yang belum lama terjadi, seperti angin topan atau penembakan. Berdoa untuk keselamatan mereka bahkan akan memberikan kekuatan yang lebih jika mereka mendengar Anda berdoa untuk perlindungan mereka dalam doa keluarga setiap harinya. Betapa melegakan untuk mendengar orang tua mereka berdoa untuk mereka setiap pagi sebelum mereka berangkat ke sekolah.

  • Orang lain yang membutuhkan

  • Sewaktu anak seseorang sedang menderita, berdoa kepada Tuhan untuk menyertai serta menghibur mereka dapat membawa kedamaian kepada anak tersebut. Hal ini mengajar mereka bahwa kuasa surga dapat dipanggil datang bagi teman-teman mereka serta orang-orang yang mereka kasihi.

  • Memerangi godaan

  • Berdoa untuk memerangi godaan akan membantu anak tersebut untuk berpikir lebih jelas dalam membuat pilihan-pilihan yang benar. Ini dapat sesederhana seperti, “Bantu saya untuk mengatakan yang benar.” Atau, “Bantu saya untuk tidak menyakiti siapa pun di sekolah atau di mana pun.” Jika mereka mulai melakukan hal ini pada saat mereka kecil, besar kemungkinan mereka akan melanjutkannya ketika mereka menjadi remaja sewaktu pilihan-pilihan mereka memiliki konsekuensi yang lebih serius.

  • Advertisement
  • Menyatakan rasa syukur

  • Sewaktu anak-anak berterima kasih kepada Tuhan untuk hal-hal yang baik dalam kehidupan mereka, hal ini membuat mereka lebih menyadari akan berkat-berkat yang telah mereka miliki. Anak-anak yang tumbuh mensyukuri keluarga dan teman mereka, rumah mereka, makanan yang disediakan orang tua mereka, guru mereka, dan sebagainya cenderung untuk hidup lebih bahagia serta hidup lebih produktif.

  • Kita semua membutuhkan bantuan yang ada di luar jangkauan diri kita. Siapa pun dapat memperoleh kekuatan Ilahi ini serta mengajar anak-anak mereka untuk melakukan hal yang sama. Doa merupakan tindakan yang sederhana dan doa adalah caranya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Afat Xiao dari nashak asli "Why we need to teach our children to pray" oleh Gary and Joy Lundberg.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Gary adalah terapis keluarga dan pernikahan berlisensi sementara Joy adalah penulis dan penyair. Mereka sering mengadakan seminar dan menulis buku tentang hubungan, salah satunya "I Don't Have to Make Everything All Better".

Situs: http://garyjoylundberg.com

Mengapa Kita Perlu Mengajar Anak-anak Kita Berdoa

Mengapa kita perlu mengajar anak-anak kita berdoa
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr