Hidup sesuai pemasukan dan kemampuan

Bila Anda terlalu banyak hutang, tentu itu akan merugikan diri Anda sendiri....Sebaliknya bila Anda mempunyai uang lebih dan teman Anda ingin berhutang, pikirkanlah baik-baik.

3,117 views   |   4 shares
  • Bila Anda terlalu banyak hutang, tentu itu akan merugikan diri Anda sendiri. Sebaliknya bila Anda mempunyai kelebihan uang dan seorang teman yang mengetahui hal itu berusaha memanfaatkannya, Anda pun harus memikirkannya baik-baik. Apakah hal itu akan merusak hubungan Anda dengan teman itu? Ataukah Anda sendiri harus memiliki tabungan untuk keadaan darurat yang selalu muncul tiba-tiba.

  • Meminjam

  • Sebaiknya pinjaman hanyalah dilakukan untuk hal-hal yang memang penting. Anda harus dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Meminjam untuk membeli hal-hal di bawah ini dapat dianggap kebutuhan:

  • Rumah

  • Menyicil rumah menurut kemampuan Anda lebih baik daripada menyewa. Dengan menyicil lambat laun rumah itu akan menjadi milik Anda sendiri. Berarti uang yang Anda keluarkan setiap bulan tidak cuma-cuma. Bila Anda menyewa, uang sewa tidak memberi keuntungan bagi Anda di masa depan. Janganlah menyewa hanya karena Anda tidak mampu menyicil rumah semewah itu. Lebih baik memiliki rumah sederhana di mana Anda dapat tidur nyenyak karena tidak diburu hutang.

  • Mobil

  • Jika Anda menganggap mobil sebagai barang keperluan, karena rumah tinggal Anda jauh dan Anda menghabiskan banyak waktu bila naik kendaraan umum, Anda mempunyai alasan kuat untuk membeli mobil. Tetapi sekali lagi janganlah membeli mobil yang harganya melebihi kemampuan Anda. Kalau perlu belilah mobil bekas yang masih bagus keadaannya. Sering kali harganya jauh berbeda dengan mobil baru gres.

  • Meminjamkan

  • Anda kebetulan mendapat warisan dari paman yang baru saja meninggal atau Anda menjual rumah dan memperoleh keuntungan agak lumayan.Teman Anda mendengar hal ini dan berpikir "Wah, kebetulan nih, kalau meminjam ke bank atau tempat lain bunganya tentu tinggi. Tapi kalau pinjam dari teman kan tidak pakai bunga." Sementara itu karena rengekan maut teman tadi, Anda berpikir "Kasihan yah, namanya teman kan harus ditolong, apalagi mereka dalam kesempitan sementara aku ada sedikit kelebihan." STOP Pikirkan dulu baik-baik akibatnya. Apakah Anda sendiri mempunyai hutang yang belum dilunasi? Tidak adil bila Anda masih harus membayar bunga untuk hutang Anda sedangkan teman yang Anda pinjami tidak mau membayar bunga. Apakah ada keperluan di masa datang yang sudah dapat Anda ramalkan sejak sekarang? Misalnya tahun depan anak Anda lulus SMA dan harus masuk ke perguruang tinggi, dari mana uang pangkalnya?

  • Selain hal-hal di atas, apakah Anda yakin bahwa teman Anda akan membayar hutang Anda atau menganggapnya pemberian dari Anda. Kebanyakan orang yang berhutang lebih galak daripada si pemilik uang pada saat hutangnya ditagih. Banyak alasan yang dikeluarkannya, seakan-akan dia memperolehnya dari buku "Seribu satu cara menolak membayar hutang." Anda yang tidak ingin hubungan rusak hanya karena uang terpaksa bersabar mengelus dada sendiri. Bila Anda meneleponnya sering-sering bisa diadukan ke polisi dengan alasan pelecehan. Bila Anda berdiam diri, dianggap Anda tidak memerlukan uang tersebut. Karena itu orang lebih suka berdalih untuk tidak meminjamkan uangnya. Itu jauh lebih mudah daripada menagih hutang.

  • Advertisement
  • Kesimpulannya berhutang maupun meminjamkan uang dapat berakibat sama buruknya. Sebaiknya keduanya dihindari. Yang pertama dapat mengacaukan anggaran, yang kedua dapat membuat hubungan Anda dengan teman atau kerabat putus. Hiduplah sesuai dengan pemasukan atau kemampuan Anda. (Baca Juga: http://keluarga.com/keuangan/belanja-makanan-sesuai-anggaran)

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Hidup sesuai pemasukan dan kemampuan

Bila Anda terlalu banyak hutang, tentu itu akan merugikan diri Anda sendiri....Sebaliknya bila Anda mempunyai uang lebih dan teman Anda ingin berhutang, pikirkanlah baik-baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr