Cara mudah untuk menghindari stres

Stres dapat dipicu oleh banyak hal, di antaranya pekerjaan yang tidak tuntas atau yang membosankan. Bisa juga karena hubungan keluarga yang tidak harmonis.

4,767 views   |   shares
  • Umumnya setiap orang membutuhkan waktu dan tempat untuk menenangkan pikiran, tidak ada suara bising, gaduh dan keramaian di sekitarnya. Keadaan yang kacau dan hiruk pikuk akan memicu Anda semakin tertekan yang berujung pada stres. Stres dapat dipicu oleh banyak hal, di antaranya pekerjaan yang tidak tuntas atau yang membosankan. Bisa juga karena hubungan keluarga yang tidak harmonis, dan lainnya. Berikut beberapa tips agar Anda terhindar dari pikiran tertekan dan stres.

  • 1. Jadwal pola hidup yang teratur

  • Bangun tidur lebih pagi dan teratur. Hal itu akan memberikan banyak ruang dan waktu bagi Anda dalam mengatur aktivitas Anda pada hari itu. Jika Anda bangun terlambat bisa jadi beberapa hal yang penting yang eharusnya Anda kerjakan jadi terlupakan.

  • 2. Ciptakan rumah tangga dan lingkungan Anda yang bersih dan rapi

  • Aturlah peralatan rumah tangga Anda dengan rapi dan benar. Jangan membiasakan menaruh barang–barang yang tidak berguna dan tidak penting berserakan di beberapa tempat. Jangan membiarkan peralatan dapur Anda menumpuk dan berantakan di dapur setelah selesai Anda pergunakan. Bersihkan rumah Anda dengan teratur termasuk menyapu dan mengepel lantai. Keadaan rumah yang semrawut dapat menjadi pemicu emosional seseorang meningkat, dan jika keadaan seperti ini dibiarkan berlarut-larut hanya akan membuat pikiran Anda menjadi stres.

  • 3.Ciptakan suasana damai serta nyaman

  • Ciptakan suasana damai serta nyaman di manapun Anda berada. Segera kurangi aktivitas Anda jika memang beban pekerjaan menumpuk meskipun Anda tidak keberatan untuk melakukan semua pekerjaan tersebut karena Anda beranggapan Anda memiliki cukup energi dan merasa mampu. Namun, cobalah Anda ingat sebentar, kapan Anda pernah duduk santai tanpa ada beban tugas atau pekerjaan. Setiap orang membutuhkan ruang untuk bernafas sesaat, untuk melupakan hal-hal kecil yang bisa mengarah ke permasalahan yang besar.

  • 4.Pergi untuk berlibur

  • Jika keadaan sudah sedemikian membebani Anda, sudah saatnya Anda memutuskan untuk pergi ke tempat wisata yang nyaman. Lupakan segala kepenatan yang menjadi beban pikiran Anda. Pilihlah tempat wisata yang tepat seperti pantai, atau tempat wisata air, karena tempat seperti itu akan menjadi sarana terapi yang ideal dalam menghilangkan kegalauan juga keresahan. Cobalah Anda duduk di tepi pantai dengan memandang ombak lautan serta rasakan desiran angin laut yang sejuk dan segar, atau menikmati air terjun di pegunungan sebab suara air juga dapat merupakan sarana untuk menghalau pikiran yang sedang tertekan.

  • Advertisement
Bagikan hasil Anda kepada teman..

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Cara mudah untuk menghindari stres

Stres dapat dipicu oleh banyak hal, di antaranya pekerjaan yang tidak tuntas atau yang membosankan. Bisa juga karena hubungan keluarga yang tidak harmonis.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr