Saya juga ingin menikah, tapi ...

Ada kalanya seseorang begitu peduli dengan masa depannya, sehingga menganggap menikah muda bukanlah suatu keharusan.

3,260 views   |   7 shares
  • Terkadang mereka yang memutuskan untuk hidup membujang "dihakimi" secara tidak adil oleh teman, tetangga, bahkan oleh kerabat dekatnya sekalipun. Berbagai macam komentar dan tudingan bernada satir tak jarang mereka terima akibat dari keputusan yang dipilihnya. Padahal keputusan untuk hidup membujang tidak selalu menjadi keinginan utamanya, ada beberapa kasus di mana keputusan membujang terpaksa harus diambil karena yang bersangkutan tidak terlalu beruntung dalam urusan asmara atau dengan kata lain yang bersangkutan, hingga usia tertentu, belum berhasil menemukan jodoh sesuai dengan yang diharapkannya.

  • Jika sudah demikian, apakah sebutan terlalu pemilih pantas disematkan kepada mereka yang memutuskan untuk menunda pernikahannya? Pernahkah Anda berpikir jika mereka belum mendapatkan jodohnya karena beberapa alasan seperti:

  • 1. Pernah patah hati

  • Pengalaman putus cinta yang pernah dialami seseorang di masa lalu mungkin saja hingga kini masih membekas di dalam benaknya, sehingga yang bersangkutan memutuskan untuk membujang supaya tidak lagi merasakan rasa sakit hati akibat rasa kecewa yang dulu pernah dialami. Hargailah perasaan mereka, dan daripada terus berpikir negatif mengapa mereka tidak menikah, lebih baik bantulah mereka supaya bisa menemukan kembali keberanian serta rasa percaya dirinya.

  • 2. Sedang menempuh pendidikan yang lebih tinggi

  • Zaman sekarang memiliki pendidikan tinggi adalah sangat penting. Melalui pendidikan yang dimiliki seseorang akan memiliki nilai jual lebih daripada mereka yang tidak berpendidikan. Oleh karena itu, sebelum Anda "mempermalukan" diri Anda sendiri, lebih baik tanyakan secara langsung kepada yang bersangkutan, apa alasanya hingga sampai sekarang memilih untuk hidup membujang.

  • 3. Ingin membantu keluarga

  • Jangan menjadi orang yang serba ingin tahu, siapa tahu orang yang selama ini sering Anda sindir karena memilih membujang ternyata memiliki tujuan mulia, yaitu ingin membantu perekonomian keluarga atau membantu menyekolahkan saudara-saudaranya. Bila ternyata demikian, tanyakan kembali pada diri Anda, apa yang telah Anda lakukan selama ini untuk membantu keluarga atau saudara-saudara Anda.

  • 4. Sedang mengumpulkan modal demi masa depan

  • Ada kalanya seseorang begitu peduli dengan masa depannya, sehingga menganggap menikah muda bukanlah suatu keharusan. Sebelum menikah mereka ingin memastikan sudah bisa memiliki rumah terlebih dahulu, di mana istri dan anak-anaknya kelak dapat berlindung dengan aman dan tumbuh dengan sehat.

  • Advertisement
  • 5. Sedang mengejar karier

  • Ada memang beberapa jenis pekerjaan tertentu yang melarang para karyawannya untuk menikah di usia muda. Pekerjaan-pekerjaan tersebut tentunya menjanjikan karier dan masa depan yang bagus, sehingga bila ingin mencapai posisi tertentu seseorang harus bersedia mematuhi dan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

  • 6. Ingin mendapatkan pasangan yang terbaik

  • Kendati tidak ada seorangpun di dunia ini yang sempurna, tetapi tidak ada salahnya bila seseorang menjadi "sedikit pemilih", mengingat tujuan dari pernikahan adalah hanya sekali dan itu untuk seumur hidup. Oleh sebab itu, pahamilah bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan rekan yang terbaik bagi dirinya supaya di kemudian hari tidak menyesalinya. Jadi ada di antara keluarga, saudara, teman atau tetangga Anda yang saat ini sedang menerapkan hal ini dalam kehidupan mereka, maka dukunglah mereka dan jangan malah dikritik habis-habisan.

  • Mengutip kata-kata dari seorang penulis besar, "Janganlah kamu menghukum aku karena ketidaksempurnaanku, juga jangan ayahku karena ketidaksempurnaannya, juga jangan mereka yang telah menulis sebelum dia, tetapi lebih baik mengucap syukurlah kepada Tuhan bahwa ia telah menyatakan kepadamu ketidaksempurnaan kami, supaya kamu dapat belajar menjadi lebih bijaksana daripada kami."

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Saya juga ingin menikah, tapi ...

Ada kalanya seseorang begitu peduli dengan masa depannya, sehingga menganggap menikah muda bukanlah suatu keharusan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr