Tips menjadi keluarga yang kuat dan tangguh

Pendidikan yang baik bisa membuka wawasan berpikir seseorang dan dengan kesehatan seseorang akan mampu untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari mereka dengan lancar.

4,532 views   |   9 shares
  • Sebagai unit terkecil dalam sebuah negara, keluarga memiliki peran sangat penting untuk menciptakan manusia-manusia yang memiliki budi pekerti luhur serta dapat diandalkan. Segala bentuk tindak kejahatan akan bisa ditekan bila fungsi keluarga dapat berjalan sebagaimana mestinya. Karenanya, setiap suami dan istri bertanggung jawab untuk membentuk keluarga-keluarga yang tangguh dan kuat supaya mampu menghadapi setiap tantangan yang ada. Dan beberapa tips sederhana berikut ini kiranya dapat membantu Anda untuk mewujudkannya, mulailah dengan:

  • 1. Saling mengasihi satu sama lain

  • Rasa kasih serta sayang di antara anggota keluarga perlu ada dalam tiap rumah tangga. Suami dan istri diharapkan mampu mengemban tanggung jawab mulia ini untuk saling membantu dan memelihara satu sama lain dalam kasih dan kebenaran. Segala bentuk pengabaian terhadap tanggung jawab tersebut dapat mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat maupun bangsa.

  • 2. Melakukan kegiatan keluarga yang berkualitas

  • Kegiatan yang sehat dan berkualitas perlu dilakukan untuk memperkokoh keluarga menjadi. Lakukanlah beberapa kegiatan di akhir pekan secara rutin yang dapat membangun semangat kebersamaan seperti rekreasi keluarga, makan malam bersama atau malam keluarga. Kegiatan-kegiatan tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan semangat kekeluargaan dan memperkuat hubungan batin satu sama lain.

  • 3. Memperkuat kerohanian

  • Banyaknya orang yang melakukan tindak kejahatan ditengarai sebagai salah satu bentuk kegagalan fungsi keluarga dalam masyarakat. Oleh sebab itu, untuk menekan supaya angka kejahatan tidak semakin meningkat tiap harinya, maka setiap orang tua wajib bertanggung jawab untuk memperkuat kerohanian seluruh anggota keluarga mereka, terutama kerohanian anak-anak mereka.

  • 4. Revolusi mental

  • Sebuah revolusi mental bagi seluruh anggota keluarga Anda hendaknya bisa dimulai sedini mungkin. Maksudnya adalah lakukan beberapa kebiasaan kecil seperti rutin bangun di pagi hari, membuang sampah pada tempatnya, pulang tepat waktu, selalu berkata jujur, tidak mengucapkan kata-kata kasar, menghindari pertengkaran, saling tolong-menolong, dan sebagainya.

  • 5. Memberi teladan yang baik

  • Orang tua hendaknya memberikan teladan terbaik mereka kepada seluruh anggota keluarganya. Tunjukkan bagaimana seharusnya Anda memperlakukan pasangan Anda, bagaimana Anda seharusnya memperlakukan orang lain, dan bagimana seharusnya Anda berprilaku serta bertutur kata. Bila Anda mampu menerapkan hal ini dalam keseharian Anda, maka tanpa Anda sadari Anda telah mengajak seluruh anggota keluarga Anda untuk mau melakukan hal yang sama dan hal ini pasti akan memperkuat keluarga Anda.

  • Advertisement
  • 6. Ajarakan nilai-nilai moral

  • Di balik keluarga yang kuat selalu ada orang tua yang telah berhasil menanamkan nilai-nilai moral kepada seluruh anggota keluarganya. Mulailah dengan menerapkan nilai-nilai tersebut secara konsisten kepada diri Anda, kemudian mintalah setiap dari anggota keluarga Anda untuk bersedia menerapkan hal yang sama dalam kehidupan sehari-hari mereka.

  • 7. Jangan mengabaikan pendidikan dan kesehatan

  • Perlu diketahui bahwa keluarga yang kuat dan tangguh tidak bisa lepas dari peran pendidikan serta kesehatan. Pendidikan yang baik bisa membuka wawasan berpikir seseorang dan dengan kesehatan seseorang akan mampu untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari mereka dengan lancar. Jadikanlah pendidikan serta kesehatan prioritas utama bagi seluruh anggota keluarga Anda, dan percayalah keluarga Anda akan mampu untuk menghadapi setiap tantangan yang muncul karena mereka telah dipersiapkan untuk itu sejak dini.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Tips menjadi keluarga yang kuat dan tangguh

Pendidikan yang baik bisa membuka wawasan berpikir seseorang dan dengan kesehatan seseorang akan mampu untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari mereka dengan lancar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr