Meluapkan emosi secara positif

Cobalah fokus pada solusi positif untuk menghindar dari rasa marah atau emosi.

5,685 views   |   3 shares
  • Manusia tidak bisa terhindar dari hal yang satu ini. Walaupun sudah berusaha untuk sabar namun selalu saja ada hal yang memancing emosi Anda untuk naik serta rasa marah yang kadang-kadang lepas kendali. Akhirnya, hanya penyesalan yang ada. Berikut adalah cara melampiaskan emosi dengan sehat:

  • 1.Tenang dan berpikir positif

  • Cobalah cari tempat yang paling tenang yang Anda sukai, kemudian diamlah sejenak, berpikir tenang, kemudian tariklah nafas dalam-dalam beberapa saat dan berusahalah berpikir secara positif mencari solusi dengan nyaman. Ini dapat membantu Anda untuk bertindak bijaksana tanpa harus menyakiti perasaan diri sendiri atau orang lain. Berpikir yang positif akan memancarkan energi yang positif juga. Jika suatu saat Anda sedang marah, coba berpikir sejenak dan katakan ke pada diri Anda sendiri, mengapa dan untuk apa Anda harus marah? Adakah manfaatnya?

  • 2.Menulis

  • Bagi Anda yang senang atau hobi menulis, cara ini paling mudah membantu Anda untuk meluapkan emosi Anda. Tuangkan semua rasa kekesalan dan kemarahan Anda yang tak terhankan itu pada sebuah tulisan. Anda bisa menulis dan menuangkannya secara detail pada diari atau buku kesayangan Anda atau blog khusus yang Anda buat untuk privasi Anda sendiri. Banyak orang dewasa ini, ketika sedang dilanda emosi, mereka akan mem-posting-nya ke akun sosial media yang mereka punya. Mereka mungkin akan merasa sedikit lega karenanya. Namun, hal tersebut bisa memperburuk keadaan. Semua orang akan mengetahui keadaan Anda sebenarnya, yang seharusnya orang lain tidak perlu tahu. Posting-an yang negatif akan menimbulkan pemikiran yang negatif juga bagi orang lain.

  • 3.Curhat

  • Anda bisa mencoba untuk berkeluh kesah kepada orang terdekat Anda atau orang yang dapat Anda percayai. Bisa orang tua, saudara, pasangan atau teman dekat Anda. Cobalah bijaksana untuk memilih orang yang mau mendengarkan curahan hati Anda. Mungkin saja Anda membutuhkan arahan atau nasihat dari orang tersebut untuk memberikan jalan keluar agar rasa emosi Anda bisa berubah jadi rasa damai. Walaupun mungkin tidak secara langsung menyelesaikan masalah Anda, tetapi setidaknya komunikasi dua arah tersebut bisa meredakan emosi Anda.

  • 4.Tidur

  • Pergilah tidur! Ketika Anda mencoba untuk menutup mata dan tidur, secara tidak langsung emosi atau perasaan marah yang Anda rasakan akan hilang. Dengan tidur Anda membiarkan tubuh dan perasaan Anda untuk beristirahat. Biarkan rasa emosi itu pergi bersama mimpi dan ketika Anda bangun pikiran Anda akan jauh lebih tenang dan jernih.

  • Advertisement
  • 5.Berdoa

  • Apapun kepercayaan dan keyakinan Anda, berdoa merupakan cara paling mudah dan ampuh yang dapat Anda lakukan untuk meredakan emosi. Berdoa akan melegakan hati, pikiran dan jiwa Anda. Efeknya akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi teduh dan damai. Secara tidak sadar energi emosi seperti terlepas dari Anda.

  • Cobalah fokus pada solusi positif untuk menghindar dari rasa marah atau emosi.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Meluapkan emosi secara positif

Cobalah fokus pada solusi positif untuk menghindar dari rasa marah atau emosi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr