Beberapa penyebab mengapa orang mudah pikun

Sering lupa boleh saja terjadi pada diri Anda, akan tetapi jangan sampai berlebihan. Karena ternyata daya ingat yang terus menurun bisa mengakibatkan masalah bagi kesehatan Anda.

9,632 views   |   4 shares
  • Terkadang kita kesulitan mengingat sesuatu hal, misalnya sulit mengingat nama orang yang baru kita kenal, sulit mengingat nomor dalam jumlah yang panjang, sering lupa menaruh letak benda tertentu atau sering lupa mengingat tanggal atau hari yang penting. Sering lupa boleh saja terjadi pada diri Anda, akan tetapi jangan sampai berlebihan. Karena ternyata daya ingat yang terus menurun bisa mengakibatkan masalah bagi kesehatan Anda. Untuk itu, waspadalah sejak dini, agar Anda tidak menjadi pikun di usia yang masih muda. Dan untuk mengantisipasinya, Anda dapat membaca beberapa penyebabnya di bawah ini.

  • 1.Kurang Tidur

  • Tidur tentunya bukan sekedar untuk mengistirahatkan tubuh saja, tetapi saat juga diperlukan untuk mengisitirahatkan otak. Ketika seseorang kurang tidur, otaknya akan menjadi kurang baik, karena kurangnya istirahat. Ini dapat mengakibatkan seseorang cepat lupa dan pikun. Waktu tidur memiliki peran penting untuk kesehatan otak, peningkatan kemampuan kognitif dan pembentukan ingatan.

  • 2.Depresi

  • Ketika seseorang merasa depresi dan sulit untuk berkonsentrasi ini akan menyebabkan menurunnya kemampuan otak karena rendahnya konsentrasi. Depresi saling berkaitan dengan hilangnya kemampuan seseorang untuk berpikir dan mengingat sesuatu. Berdasarkan analisa dari beberapa ahli, depersi sangat memungkinkan seseorang menjadi pikun.

  • 3.Kekurangan Theamine

  • Thiamine merupakan nutrisi yang fungsinya adalah untuk metabolisme makanan dan mengubahnya menjadi energi pada tubuh manusia. Meskipun nutrisi tidak berkaitan dengan daya ingat, namun ternyata nutrisi dan daya ingat masih saling berpengaruh. Thiamine adalah bentuk dari vitamin B yang mampu memberikan energi bagi tubuh dan juga bekerja untuk menjaga fungsi dari sistem saraf pusat pada manusia.

  • Penelitian yang dilakukan Behavioral Brain Research mengatakan bahwa ketika seseorang kekurangan thiamine ini dapat menyebabkan seseorang itu sulit mengingat dan mempengaruhi kemampuan kognitif mereka. Jika Anda tidak ingin menjadi mudah pikun, sebaiknya komsumsilah thamine dan vitamin B dari sekarang.

  • 3.Obat-obatan

  • Mengunakan obat-obatan secara tidak benar sangat beresiko buruk bagi penggunanya. Tidak hanya dapat merusak fungsi organ pada tubuhnya, tetapi juga dapat menghancurkan syaraf-syaraf pada otak secara perlahan serta mempengaruhi bagian hippocampus otak yang berkaitan dengan kemampuan kognitif dan daya ingat pada seseorang.

  • 4.Komsumsi minuman keras

  • Advertisement
  • Minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol tidak hanya buruk untuk kesehatan hati dan jantung tetapi juga dapat berakibat buruk bagi daya ingat seseorang.

  • Jika Anda menginginkan daya ingat Anda tetap sehat hingga tua, sebaiknya mulai sekarang hindarilah beberapa penyebab di atas dan hiduplah secara sehat, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, olahraga secara teratur, tidur secara teratur dan Anda juga dianjurkan untuk banyak membaca.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Beberapa penyebab mengapa orang mudah pikun

Sering lupa boleh saja terjadi pada diri Anda, akan tetapi jangan sampai berlebihan. Karena ternyata daya ingat yang terus menurun bisa mengakibatkan masalah bagi kesehatan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr