Ayah juga bisa membantu putra-putranya mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Ketika Anda berhasil mendidik anak Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga ini, yakinlah suatu saat nanti dia pasti akan menjadi suami dan ayah yang baik bagi keluarganya nanti.

1,654 views   |   0 shares
  • Siapa bilang dalam rumah tangga hanya istri yang wajib mengerjakan pekerjaan rumah tangga? Itu tidak benar. Dalam rumah tangga, suami istri seharusnya bekerja sama. Meskipun para suami memiliki tanggung jawab untuk mencari nafkah, namun mereka juga tetap dapat mengambil bagian dalam membantu istri mengurus rumah. Banyak pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukan pria. Dan sebagai seorang Ayah, Anda perlu mendidik anak Anda sejak dini untuk mulai mengambil bagian mengerjakan pekerjaan rumah tangga secara bersama-sama agar kelak sang anak ketika menikah telah mengetahui perannya dalam bekerja sama atau membantu istrinya untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga bersama-sama. Apa sajakah yang dapat Anda lalukan untuk membantu putra-putra Anda agar dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga? Berikut tipsnya.

  • 1.Didik putra Anda agar dapat mencuci piring

  • Siapa bilang hanya wanita atau anak perempuan saja yang dapat mencuci piring? Pria juga dapat melakukan hal ini. Didiklah putra Anda untuk tidak malu dan mau untuk mencuci piring setelah makan atau ketika sedang ada acara. Dengan mendidik dia mencuci piring, secara tidak langsung Anda telah membantunya untuk melakukan salah satu pekerjaan rumah tangga.

  • 2.Didik putra Anda agar dapat menyapu atau mengepel

  • Selain mencuci piring Anda juga dapat mengajarkan putra Anda untuk mau menyapu atau mengepel rumah. Menyapu dan mengepel merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang memakan banyak tenaga. Mudah-mudahan dia semakin menghargai ibu atau saudara perempuannya karena biasanya mereka yang mengerjakannya.

  • 3.Didik putra Anda agar selalu membersihkan kamar mandi

  • Mencuci kamar mandi merupakan pekerjaan rumah tangga yang sebenarnya dilakukan pria. Bukan berarti wanita tidak bisa melakukan ini, tapi sebaiknya ajarkan putra Anda untuk mengambil tugas ini. Ajarkanlah putra Anda untuk membersihkan kamar mandi seminggu sekali secara rutin sejak dini. Kalau putra Anda masih kecil, Anda dapat mengajaknya untuk membantu Anda bersama-sama melakukan pekerjaan ini.

  • 4.Sesekali ajak putra Anda berbelanja di pasar

  • Ketika ibu bertugas menyiapkan makanan, tidak ada salahnya para pria membantu wanita untuk berbelanja bahan makanan di pasar. Ajaklah sesekali putra Anda untuk bersama-sama Anda membeli kebutuhan dapur sambil mengajar dia nama-nama bumbu dapur, nama-nama sayuran dan lain sebagainya.

  • 5. Ajar putra Anda memasak

  • Tidak ada salahnya seorang pria bisa memasak, bahkan wanita dapat memberi nilai lebih bagi pria yang bisa memasak. Alangkah istimewanya bila ayah bisa sesekali memasak untuk keluarganya sementara putranya membantunya di dapur!

  • Advertisement
  • Cara lain untuk membantu para putra Anda agar dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga ini adalah dengan cara membagi tugas bagi setiap anggota keluarga, agar putra Anda juga mendapatkan bagian merasakan bagaimana melakukan pekerjaan rumah tangga ini. Ajarkanlah para putra Anda sedini mungkin, jelaskan pada mereka bahwa mengerjakan pekerjaan rumah tangga bukan hanya tugas istri atau anak perempuan, tetapi tugas seluruh anggota keluarga. Ketika Anda berhasil mendidik anak Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga ini, yakinlah suatu saat nanti dia pasti akan menjadi suami dan ayah yang baik bagi keluarganya nanti.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Ayah juga bisa membantu putra-putranya mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Ketika Anda berhasil mendidik anak Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga ini, yakinlah suatu saat nanti dia pasti akan menjadi suami dan ayah yang baik bagi keluarganya nanti.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr