Menerima setiap cobaan hidup dengan tabah

Kehidupan tidaklah selalu mudah bagi setiap orang. Selalu ada pasang dan surut. Adakalanya berkah dapat diraih dan seringkali cobaan juga dialami. Tapi bila Anda tetap tekun maka semua itu akan berakhir dan dapat diambil hikmahnya.

12,893 views   |   42 shares
  • Kehidupan tidaklah selalu mudah bagi setiap orang dalam menjalaninya. Selalu ada pasang dan surut dalam arti adakalanya keberhasilan dapat diraih dan seringkali kegagalan yang dialami. Pahit getir kehidupan yang harus dijalani kadang kala membuat orang merasa putus asa dan tidak percaya diri. Kebanyakan orang beranggapan bahwa pencobaan atau tantangan kehidupan adalah suatu kemalangan. Tapi bila Anda tetap tekun dan terus bertahan dengan berusaha melakukan yang terbaik pada akhirnya akan berhasil juga. Berikut ini beberapa cara untuk menyikapi cobaan dalam kehidupan.

  • 1.Menanggapi cobaan dengan bersikap positif

  • Setiap Anda mendapatkan masalah atau cobaan, pada umumnya Anda menderita karena pikiran Anda sendiri. Kebanyakan orang menderita karena terfokus memikirkan kesulitan dari cobaan yang dihadapinya tetapi lupa menghitung berkah-berkah yang sudah dimilikinya saat ini. Ada baiknya Anda harus berpikir positif ketika cobaan itu datang dalam kehidupan. Karena pada dasarnya setiap cobaan yang menghampiri kehidupan seseorang memiliki hikmah yang terselubung. Sikap positif membuat Anda berpikir bahwa di luar sana masih banyak orang yang kurang beruntung dan menghadapi cobaan yang lebih berat daripada Anda. Dengan hal itu Anda akan bersyukur sewaktu cobaan hidup datang apa pun bentuknya. Dengan berpikir secara positif Anda akan merasa ikhlas dalam menjalaninya.

  • 2.Hadapi pencobaan dengan sabar dan tawakal

  • Cobaan hidup yang Anda alami harus disikapi dengan rendah hati dan tawakal agar lebih mudah dalam menghadapinya. Sikap sabar merupakan salah satu cara paling sederhana untuk menghadapi cobaan hidup. Karena dengan kesabaran yang Anda miliki hal itu akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengurai masalahnya. Pemikiran yang jernih dan tindakan bijaksana akan menolong Anda mengatasi masalah yang dihadapi.

  • 3.Jangan mudah putus asa

  • Adakalanya Anda mengeluhkan pencobaan-pencobaan yang ada. Anda tidak perlu melakukan hal itu. Cobaan hidup diperlukan untuk memurnikan Anda. Hal itu akan menolong Anda memahami sepenuhnya dalam dan kuatnya kesulitan dan pencobaan yang harus dihadapi manusia di dunia ini. Percayalah bahwa masalah yang ada pasti dapat diselesaikan sesuai dengan kemampuan Anda. Karena Yang Maha Kuasa tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan dari setiap manusia.

  • 4.Evaluasi diri dengan menyadari kekurangan dan kelemahan

  • Setiap cobaan dan tantangan kehidupan yang datang adakalanya karena kesalahan Anda. Oleh karenanya Anda perlu instropeksi diri dengan menyadari kekurangan yang pernah dilakukan dalam menjalani hidup. Terkadang Anda lalai dalam mengevaluasi diri dan tidak sadar akan kelemahan yang dimiliki dan dengan cepat menemukan kesalahan orang lain. Anda harus ingat bahwa sebagai manusia, Anda tidak pernah luput dari kesalahan. Kesadaran ini menolong Anda untuk tetap rendah hati dan mau belajar dari pengalaman sendiri maupun orang lain.

  • Advertisement
  • 5.Memiliki keyakinan di balik kesulitan pasti ada kemudahan

  • Dalam kehidupan ini selalu ada cobaan dan kebahagiaan yang datang silih berganti. Ada sebuah kata-kata bijak yang mengatakan bahwa setelah banyak pencobaan akan ada berkat dibaliknya. Kesulitan atau cobaan akan berbalik menjadi kemudahan bila Anda tetap bertahan untuk meraih masa depan yang gemilang.

  • 6.Memahami keadaan yang ada dan cari solusinya

  • Dalam menghadapi cobaan hidup dengan berbagai permasalahannya Anda harus ingat bahwa tidak ada satu pun masalah yang tidak ada solusinya seperti halnya tidak ada guru yang memberikan soal tanpa ada kunci jawabannya. Salah satu jalan utama untuk mendapatkan jawaban dari masalah Anda adalah dengan memahami dan menyadari kesalahan yang pernah Anda lakukan. Jangan sampai Anda menyalahkan orang lain. Kesadaran pribadi dari Anda diperlukan agar dapat mencari solusi yang baik.

  • 7.Menjadi lebih bijaksana dengan bersandar kepada Yang Maha Kuasa

  • Percayalah bahwa kehidupan ini memang ada yang mengatur. Semuanya akan berjalan baik dan pada akhirnya cobaan hidup ini diberikan untuk kebaikan Anda juga. Seandainya Anda harus mengalami penderitaan, Anda perlu mengatasinya dengan iman. Anda tidak sendiri dan harus percaya akan adanya kekuatan dan bantuan dari Yang Maha Kuasa.

  • Dalam setiap cobaan dan penderitaan Anda harus tabah. Karena hal itu merupakan bagian dari pemurnian diri serta untuk melihat seberapa besar iman Anda untuk mampu bertahan dalam cobaan. Jalani cobaan hidup sebagai ujian yang harus Anda hadapi dan bersukacitalah ketika Anda lulus ujian tersebut. Ingatlah cobaan yang diberikan kepada Anda tidak melebihi kemampuan Anda untuk menghadapinya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Menerima setiap cobaan hidup dengan tabah

Kehidupan tidaklah selalu mudah bagi setiap orang. Selalu ada pasang dan surut. Adakalanya berkah dapat diraih dan seringkali cobaan juga dialami. Tapi bila Anda tetap tekun maka semua itu akan berakhir dan dapat diambil hikmahnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr