Menjadi ibu yang menyenangkan

Selain itu, dengan sikap dan perilaku mereka. Kita menjadi tahu bahwa yang mereka butuhkan hanya kita orang tuanya. Dan mereka tahu bahwa hanya kita jugalah yang dapat membuat mereka merasa nyaman.

10,592 views   |   1 shares
  • Topik pembicaraan para ibu-ibu biasanya tidak terlepas dari masalah anak. Entah itu soal makanan, perilaku, prestasi, sampai pada point di mana ibu akan merasa hari ini anak saya luar biasa.

  • Luar biasa yang dimaksud adalah ketika si ibu dibuat "SNAP" oleh perilaku anak dalam satu hari penuh. Misalnya saja keaktifan anak, kerewelan anak, dan banyak hal lainnya yang membuat seorang Ibu terkadang hanya bisa berkata "Nak, berhentilah. Mama capek"

  • "Hari ini anak saya energinya banyak banget. Baru lancar jalan ke sana ke mari. Bolak-balik jatuh dan terbentur kepalanya. Saya beritahu berulang kali agar hati-hati. Gak digubris, malah dicuekin. Gak lama malah dia yang ngoceh-ngoceh balik pakai bahasa bayi" (Chacha, 26 tahun).

  • Keaktifan anak terkadang menjadi kendala jika si Ibu harus beraktivitas mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya. Anak yang mengikuti ke mana pun ibu pergi, atau anak yang membongkar isi lemari es dan lemari logistik. Terkadang menjadi sangat menggemaskan ketika Ibu sudah dilanda kelelahan.

  • "Akhirnya bisa santai, setelah seharian anak saya rewel. Begini salah, begitu salah. Makan gak mau, dibeliin ini itu juga gak mau. Dipakein baju malah ngabur. Belum lagi bapaknya hari ini gak bisa diajak bekerja sama"(Febri, 25 tahun).

  • Apa yang dilakukan anak sebenarnya masih sangat wajar, mereka belajar mengeksplorasi semua rangsangan yang ada di sekitarnya. Atau jika kondisi anak rewel sepanjang hari, bisa jadi karena anak merasakan sesuatu yang tidak enak dalam tubuhnya.

  • Jika kondisi anak aktif atau rewel, memang sangat dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran orang tua khususnya ibu yang bersama mereka setiap harinya. Tapi tidak menutup kemungkinan jika bapak juga turut serta membantu. Setidaknya untuk mem-back up ketika kondisi ibu juga tidak fit karena lelah.

  • Yang bisa dilakukan adalah kita tetap bisa memberikan rasa aman, kenyamanan dan tetap menyenangkan bagi anak. Menyenangkan dalam artian :

    1. Tidak mengatakan hal negatif atau mengeluhkan perilaku mereka, saat kita bersama mereka. Khususnya ketika anak aktif atau anak rewel. Ingatlah anak mempunyai ingatan sangat baik dengan apa yang ia lihat dan ia dengar.

    2. Tidak melakukan kekerasan fisik ketika anak terus menangis. Cukup dengan memeluk dan mengusap punggung anak ketika mereka terus menangis, tanpa berbicara sepatah kata pun. Dan ini sangat efektik daripada saya harus ngomel-ngomel menyuruh dia berhenti sepanjang hari.

    3. Berusaha memahami apa yang dirasakan anak. Jika kita sendiri tidak suka diperlakukan kasar oleh orang lain. Maka anak juga tidak suka ketika kita orang tuanya berlaku kasar ketika mereka membutuhkan perhatian.

    4. Jika kita tidak mampu melakukan ketiga hal di atas, maka untuk beberapa menit menjauhlah dulu dari anak. Minta bantuan pasangan untuk meng-handle kondisi anak sementara waktu. Penting bagi kita untuk menenangkan diri, meredakan emosi agar tidak melakukan hal buruk pada anak.

  • Advertisement
  • Apa yang mereka lakukan tentu saja tidak terlepas dari bentuk cinta kasihnya kepada kita orang tuanya. Dengan kondisi anak yang beraneka ragam, sebenarnya menjadikan kita ibu yang lebih baik lagi setiap waktu.

  • Selain itu, dengan sikap dan perilaku mereka. Kita menjadi tahu bahwa yang mereka butuhkan hanya kita orang tuanya. Dan mereka tahu bahwa hanya kita jugalah yang dapat membuat mereka merasa nyaman.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Menjadi ibu yang menyenangkan

Selain itu, dengan sikap dan perilaku mereka. Kita menjadi tahu bahwa yang mereka butuhkan hanya kita orang tuanya. Dan mereka tahu bahwa hanya kita jugalah yang dapat membuat mereka merasa nyaman.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr