Cukupkah waktu tidur balita Anda?

Ciptakanlah waktu tidur rutin yang bermanfaat untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental anak Balita. Dengan pertumbuhan yang sehat anak Anda dapat menyongsong masa depannya.

2,323 views   |   shares
  • Seorang anak balita yaitu dari bayi sampai usia lima tahun akan tumbuh dan berkembang saat tidur. Keinginan mereka untuk bermain pada siang dan malam hari membuat orang tua harus putar otak agar anak dapat cukup istirahat. Karena kebiasaan balita yang kurang tidur sering membuatnya rewel. Tugas orang tua adalah membiasakan anak dengan waktu tidur yang rutin agar anak mudah diatur. Hal ini memberikan dampak positif yang membantu perkembangan jiwa dan jasmani seorang anak. Dengan menciptakan jumlah jam tidur yang berkualitas seorang anak Balita dapat tumbuh secara optimal.

  • 1. Suasana nyaman

  • Berikan kenyamanan di kamar tidurnya dengan menghindari suara radio atau televisi yang bisa membuatnya kaget dan terbangun dari tidur. Perhatikan sirkulasi udara karena anak balita membutuhkan udara yang sejuk. Bila terasa panas ada kalanya merasa terganggu kenyamanannya. Aturlah pencahayaan di kamar menjadi redup. Rapikan tempat tidurnya dan berikan mainan yang membuatnya tenang atau putarkan musik yang lembut.

  • 2. Kebiasaan sebelum tidur

  • Biasakanlah anak Anda untuk sikat gigi dan membersihkan tubuhnya. Kemudian baringkan di tempat tidur sambil memijat seluruh tubuhnya dengan lembut. Kebiasaan ini membangun kedekatan anak bersama Anda. Adakalanya Anda perlu memberikan segelas susu untuk menghangatkan tubuhnya agar mudah tidur.

  • 3. Kegiatan sebelum tidur

  • Sebelum anak tidur hindari kegiatan main game, nonton televisi, berlari-lari dan bercanda secara berlebihan agar kondisi anak siap untuk tidur. Lebih baik Anda mendongeng karena anak usia 3 tahun sudah mampu mengingat dengan kuat atau bisa juga menyanyi atau mengobrol dengan suara yang lembut. Kebiasaan Anda mendongeng ini akan diingat anak sepanjang masa.

  • 4. Ciptakan waktu tidur yang rutin

  • Sebagai orang tua Anda harus tetapkan waktu tidur anak Anda. Hindari mengajak anak Anda pergi pada saat atau sebelum jam tidurnya agar anak menjadi terbiasa dengan kegiatan tidur yang rutin ini. Setiap anak mempunyai jumlah jam tidur berbeda menurut usia. Ketika usia anak meningkat, maka makin sedikit waktu tidur yang dibutuhkannya. Balita memiliki jumlah tidur 11 jam pada saat malam dan 2-3 jam siang hari.

  • 5. Waktu tidur bayi

  • Bila Anda memiliki bayi 0-1 tahun jumlah tidur berbeda yaitu 8 jam tidur malam, dan 6-7 jam tidur saat siang hari. Anda perlu tahu saat bayi tidur terkadang matanya bergerak-gerak, itu karena bayi memiliki dua tahapan tidur. Tahap pertama saat matanya bergerak –gerak sedang dalam tahap tidur aktif dan kedua dikenal sebagai tahap tidur tenang. Bayi Anda yang baru lahir, biasanya tidur dan bangun berkali-kali dalam sehari. Kebiasaan ini akan berlangsung sampai mereka berumur 3 bulan.

  • Advertisement
  • 6. Anak kurang tidur

  • Bila jumlah tidur anak Anda tidak mencapai jumlah di atas, dapat dikatakan kualitas tidur anak akan menurun. Kebiasaan anak yang kurang tidurnya, akan terlihat saat bepergian naik kendaraan selalu tidur. Dan saat pagi hari harus selalu dibangunkan dari tidur acapkali juga anak Anda sering rewel pada siang hari.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Cukupkah waktu tidur balita Anda?

Ciptakanlah waktu tidur rutin yang bermanfaat untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental anak Balita. Dengan pertumbuhan yang sehat anak Anda dapat menyongsong masa depannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr