Di tengah tentangan orang tua

Banyak kisah terkenal yang menggambarkan tragisnya kegagalan cinta gara-gara orang tua tidak setuju. Salah satunya yang dikenang orang sepanjang masa adalah karya Shakespeare Romeo dan Juliet.

4,336 views   |   0 shares
  • Banyak kisah terkenal yang menggambarkan tragisnya kegagalan cinta gara-gara orang tua tidak setuju. Salah satunya yang dikenang orang sepanjang masa adalah karya Shakespeare Romeo dan Juliet. Kisah tragis ini tentunya tidak hanya terjadi dalam buku atau film saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Walau tidak semuanya berakhir dengan kematian salah satu atau kedua tokohnya, tidak jarang perjuangan penuh derita menjadi jalan keluar dari tentangan orang tua. Mengapa masih saja ada orang tua yang tega melarang anaknya menempuh bahtera perkawinan dengan orang yang dikasihinya?

  • Harta

  • Biasanya inilah yang menjadi alasan utama keberatan orang tua. Bila salah satu pihak kaya raya dan pihak yang lain kekurangan, maka orang tua yang kaya akan mencoba mencegah anaknya menikah dengan pilihan anaknya. Ada banyak alasan untuk ini, salah satunya karena malu dengan kedudukan besan yang tidak setara.

  • Kedudukan

  • Ada kisah tua di negeri China yang serupa. Sam Pek Eng Tai menggambarkan dua orang muda mudi yang menjalin kasih. Si gadis menyaru menjadi lelaki untuk dapat pergi bersekolah di luar rumah. Di sekolah dia jatuh cinta dengan seorang pemuda ganteng yang pandai tetapi melarat. Sesudah mengetahui bahwa teman sekolahnya ternyata gadis rupawan yang menyaru, Sam Pek membalas cinta itu. Tetapi kedudukan yang berbeda di masyarakat membuat mustahil bagi mereka untuk menikah. Si pemuda begitu sedih gara-gara patah hati sehingga dia meninggal. Si gadis dipaksa menikah oleh orang tuanya. Ketika arak-arakan yang membawanya ke rumah mempelainya melewati kuburan kekasihnya dia melihat bahwa tanah kuburan itu terbelah. Dia nekat melompat ke dalam celah itu dan keduanya berubah menjadi kupu-kupu yang terbang bersama. (Baca juga: http://keluarga.com/pernikahan/pria-bisa-patah-hati)

  • Permusuhan

  • Dalam cerita Shakespeare tidak ada perbedaan status atau kedudukan. Romeo mau pun Juliet adalah anak bangsawan. Celakanya kedua keluarga mereka bermusuhan turun temurun. Tanpa mempedulikan kenyataan itu, kedua anak manusia itu jatuh cinta. Untuk mengatasi persoalan mereka Juliet berbuat seolah-olah dia bunuh diri dengan racun. Sayangnya Romeo yang tidak mengetahui sandiwara itu, bunuh diri dengan pisaunya. Tentu saja sesudah sadar Juliet menangis dan bunuh diri dengan pisau Romeo, kali ini sungguh-sungguh.

  • Bagi pemuda-pemudi yang sempat dihalangi kisah cintanya oleh orang tua sebaiknya menunjukkan bahwa mereka sudah benar-benar dewasa dan mampu bertanggung jawab atas keputusan mereka. Dengan demikian orang tua akan terkesan dan memberi respek. Lambat laun perasaan keberatan akan sirna diganti dengan pengertian.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Di tengah tentangan orang tua

Banyak kisah terkenal yang menggambarkan tragisnya kegagalan cinta gara-gara orang tua tidak setuju. Salah satunya yang dikenang orang sepanjang masa adalah karya Shakespeare Romeo dan Juliet.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr