Mengintip ponsel pasangan. Boleh atau tidak?

Rasa curiga biasanya mudah menguasai pikiran seseorang dan membawa seseorang itu kepada beberapa tindakan yang berisiko. Diam-diam menyelidiki isi ponsel pasangan adalah salah satunya. Sesungguhnya, berhak kah kita menembus area privasi pasangan?

122,703 views   |   400 shares
  • Kita pasti pernah punya rasa curiga yang begitu tinggi terhadap pasangan. Apalagi kalau pasangan kita menunjukkan gelagat-gelagat aneh atau tidak seperti biasanya. Telepon genggam-nya yang biasanya dibiarkan tergeletak di sembarang tempat, sekarang selalu saja terjaga rapi di saku atau di tas-nya.

  • Kalau perasaan sudah tidak enak, pasti kita akan mencari-cari sesuatu untuk dikonfirmasi. Hal yang paling mudah adalah diam-diam melihat-lihat apa sih isi pesan singkatnya? Siapa sih yang baru saja ditelepon-nya? Atau bahkan kita ingin sekali melihat isi foto-foto di dalamnya. Ya, mungkin sekedar ingin memastikan bahwa di dalamnya tidak ada hal-hal janggal.

  • Tapi pertanyaannya, boleh atau tidak sih kita 'menembus' area privasi pasangan secara diam-diam?

  • "Saya dan istri sepakat bahwa sejak menikah, tidak ada area privasi diantara kami berdua. Milik saya adalah miliknya, begitupun sebaliknya. Termasuk soal ponsel, istri saya berhak untuk membuka apa saja isi di dalamnya, tapi tidak dengan cara diam-diam." -Rifky, ayah dari satu putri.

  • Jadi menurut Rifky, kalau ada kecurigaan diantara pasangan, sebaiknya istri atau suami langsung berkomunikasi satu sama lain. Toh pertanyaan apapun bebas diajukan, dan pertanyaan apapun juga harus dijawab dengan baik. "Saya rasa, komunikasi-lah cara yang paling tepat untuk setiap masalah yang ada dalam rumah tangga," imbuhnya.

  • Sejak memutuskan untuk menikah dan berkomitmen, pasangan suami istri memang sebaiknya membangun kepercayaan kepada satu sama lain. Selain itu juga harus tetap saling menghormati. Ketika rasa saling percaya antara pasangan tetap terjaga, rasa curiga apapun yang muncul tidak akan langsung mengalahkan keadaan baik yang selama ini terjalin.

  • Tentu, tindakan yang berdasarkan atas rasa curiga, tentu harus dihindari karena itu hanya akan membawa masalah yang baru.

  • "Sudah pasti saya akan marah besar jika menemukan suami sedang diam-diam mengintip isi ponsel saya. Bukan lantaran ada hal yang saya tutup-tutupi dari dia, tetapi lebih kepada kesimpulan bahwa suami saya tidak mempercayai saya. Tentu saja saya tersinggung." -Natasha, ibu dari tiga putra dan putri.

  • Melihat dari respons Natasha, tentu saja tindakan suaminya akan menimbulkan masalah yang baru. Sang istri yang sedianya tidak menyembunyikan apapun di dalam ponsel-nya justru emosi karena menilai suaminya tidak lagi mempercayai dirinya.

  • Oleh karena itu, komunikasi-lah jalan yang terbaik untuk setiap hubungan. Dengan komunikasi pula, kita bisa mengutarakan apa yang menjadi kegelisahan terhadap pasangan dan menyelesaikannya bersama-sama. Lega, 'kan?

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Lulus sebagai Sarjana Sastra dan menjabat sebagai Content Manager www.keluarga.com. Wiwin mengawali kariernya di media cetak harian nasional tertua di Indonesia, mengasah kemampuannya sebagai jurnalis mulai dari reporter junior hingga editor senior di beberapa majalah gaya hidup asing dan lokal Indonesia.

Situs: http://wiwinwiw.wordpress.com

Mengintip ponsel pasangan. Boleh atau tidak?

Rasa curiga biasanya mudah menguasai pikiran seseorang dan membawa seseorang itu kepada beberapa tindakan yang berisiko. Diam-diam menyelidiki isi ponsel pasangan adalah salah satunya. Sesungguhnya, berhak kah kita menembus area privasi pasangan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr