Kebiasaan buruk yang sering dilakuan saat menonton televisi

Pada zaman yang sudah canggih dan modern seperti saat ini televisi adalah salah satu media yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari sebab televisi adalah media untuk mengetahui informasi tentang segala hal.

3,727 views   |   2 shares
  • Pada zaman yang sudah canggih dan modern seperti saat ini televisi adalah salah satu media yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari sebab televisi adalah media untuk mengetahui informasi tentang segala hal. Namun ada baiknya jika Anda juga memperhatikan agar televisi tersebut benar-benar bermanfaat bagi kehidupan Anda. Jangan sampai dengan adanya televisi justru akan berdampak negatif bagi kehidupan Anda. Apalagi sampai terlena sehingga dapat membuat Anda menjadi pemalas. Untuk itu pergunakan waktu Anda yang tepat saat menonton televisi. Berikut ini adalah beberapa contoh buruk yang sering di lakukan saat menonton televisi:

  • 1.Menonton televisi saat bekerja

  • Sebaiknya pada saat Anda dalam situasi bekerja jangan sambil menonton televisi, meskipun kenyataannya tidak sedikit kita melihat orang menonton televisi sambil bekerja. Suasana tersebut tentunya akan membuat tidak nyaman dan sangat mengganggu kerja dan pelayanan kita kepada tamu atau publik. Di sisi lain juga akan menjadikan suasana kantor menjadi tidak nyaman karena suara televisi. Kalaupun harus dipasang sebuah televisi sebaiknya jangan menghidupkannya pada waktu jam sibuk ataupun jam kerja. Hidupkan televisi pada saat jam istirahat atau pada waktu konsumen sedang sepi.

  • 2.Suara televisi terlalu keras

  • Jangan memutar volume televisi Anda dengan suara keras. Karena hal tersebut akan mengganggu orang di sekeliling Anda. Atur suara televisi dengan volume yang rendah dan sewajarnya, karena orang lain yang ada di sekitar Anda belum tentu menyukainya. Hal itu sekaligus untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam lingkungan kerja atau dalam rumah Anda.

  • 3.Menempatkan televisi tidak ideal

  • Sebaiknya menempatkan televisi pada tempat yang ideal dan juga nyaman, jika di kantor sebaiknya televisi ditempatkan pada posisi yang terbuka seperti ruang tunggu atau di teras, yang tidak bersinggungan langsung dengan pelayanan publik. Dan jika televisi tersebut berada di dalam rumah Anda, tempatkan pada ruang keluarga atau ruangan untuk bersantai. Jangan menempatkannya pada ruang tamu, ruang belajar ataupun di dalam kamar tidur. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah faktor pencahayaan. Tempatkan televisi pada ruangan yang terang dengan pencahayaan yang cukup, minimal sama terangnya dengan pencahayaaan yang keluar dari televisi. Jika pengaturan pencahayaan diremehkan, dengan melihat televisi di tempat yang cenderung gelap dampaknya langsung pada mata. Pupil mata Anda akan dipaksa untuk membesar dan akibatnya mata Anda akan menjadi cembung.

  • Advertisement
  • 4.Menonton televisi sambil tidur

  • Kebiasaan menonton televisi sambil tidur sering juga kita jumpai, mungkin hal itu dilakukan oleh anggota keluarga Anda, atau bahkan Anda sendiri. Jika kebiasaan ini dilakukan terus-menurus akan berakibat serius pada mata. Jika Anda sudah cukup untuk menonton televisi dan waktunya beristirahat matikanlah televisi Anda dan mulailah beranjak tidur.

  • 5.Meremehkan jarak pandang

  • Umumnya sebagian orang tidak mengatur jarak pandangnya saat menonton televisi, padahal akibat dari hal tersebut sangat buruk bagi kesehatan Anda, khususnya fungsi penglihatan. Jarak pandang saat menonton televisi yang baik adalah lima kali besarnya televisi Anda. Maksudnya adalah jika Anda memiliki televisi yang berukuran duapuluh satu inci maka jarak yang aman adalah lima kali duapuluh satu sama dengan seratus lima inci atau dua setengah meter. Jadi disarankan jika Anda memiliki televisi berukuran duapuluh satu inci sebaiknya menonton televisi dengan jarak dua setengah meter. Dengan demikian semakin besar televisi yang Anda miliki jadi semakin jauh pula jarak Anda menonton televisi. Jika Anda menghiraukan jarak pandang saat menonton televisi tersebut, maka mata Anda akan dipaksa bekerja lebih keras untuk menangkap gambar pada televisi. Akibat buruk yang lain adalah rusaknya bagian kornea mata. Lensa mata juga lama kelamaan dapat terpengaruh yang mengakibatkan Anda perlu memakai kacamata. Satu hal lain yang dapat Anda lakukan adalah kedipkan mata Anda sesering mungkin ketika menoton televisi tujuannya adalah untuk menguragi kelelahan pada mata.

Baca, hidupkan, bagikan!

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Kebiasaan buruk yang sering dilakuan saat menonton televisi

Pada zaman yang sudah canggih dan modern seperti saat ini televisi adalah salah satu media yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari sebab televisi adalah media untuk mengetahui informasi tentang segala hal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr